Hari/ Tanggal : Selasa, 08 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 3 : Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 3 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan mempelajari tentang menemukan makna perintah yang terdapat dalam teks percakapan, melatih menuliskan kalimat perintah yang sesuai dengan bahasa yang santun, menyatakan kalimat matematika, melakukan pengurangan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan pendek, menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan pengurangan, mengidentifkasi langkah-langkah menggambar imajinatif, dan menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang ada di sekitar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Udin dan teman-temannya selalu menjaga kerukunan.
Contohnya bersama-sama melakukan tugas piket kelas.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.
Apa yang dilakukan oleh para siswa?
Para siswa sedang membersihkan ruang kelas.
Apa manfaat kebersamaan dalam melakukan tugas?
Manfaat kebersamaan dalam melakukan tugas adalah untuk menjaga kerukunan dan pekerjaan menjadi lebih ringan. Jika tugas dilakukan sendirian akan membutuhkan waktu yang lama.
Ceritakan pendapatmu itu kepada teman di sebelahmu!
Saya pernah melaksanakan tugas bersama dengan teman-teman. Kami saling membantu satu dengan yang lainnya. Dengan bekerja sama tugas cepat selesai dan kerukunan diantara kami tetap terjaga.
Ayo Membaca
Udin menjadi Ketua kelas.
Ia bertanggung jawab mengatur dan mengawasi kegiatan piket kelas.
Bacalah percakapan di bawah ini dengan nyaring!
Udin | : | Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas! |
|
Siti | : | Siap, Din. Aku akan menyapu. |
|
Edo | : | Aku akan menghapus papan tulis sampai bersih. |
|
Beni | : | Aku akan membereskan lemari buku. |
|
Udin | : | Terima kasih teman-teman. Ayo, kita bersihkan kelas sebaik-baiknya |
|
Jelaskan maksud kalimat perintah yang diucapkan Udin!
Udin selaku ketua kelas memerintahkan saya untuk membersihkan kelas sesuai pembagian tugas.
Ayo Menulis
Pikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang ada!
Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi!
Beni bertugas membereskan lemari kelas.
Di lemari terdapat kotak kapur tulis.
Mula-mula ada 242 kapur tulis.
Kapur tersebut digunakan 38 buah.
Sisa kapur dihitung dengan pengurangan.
Jadi, sisa kapur ada 204
Pengurangan dapat dilakukan dengan cara panjang atau pendek.
Ayo Berlatih
Tentukan hasil pengurangan berikut dengan cara panjang!
Tentukan hasil pengurangan dengan cara pendek!
Ayo Berkreasi
Selain dibersihkan, kelas Udin juga dihias agar lebih indah.
Para siswa menghias kelas dengan gambar.
Hiasan berupa gambar benda-benda atau makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah.
Mula-mula dibuat sketsa gambar pada kertas gambar menggunakan pensil.
Gambar imajinatif adalah gambar yang dibuat berdasarkan imajinasi atau khayalan pelukisnya sendiri. Jadi gambar imajinatif mencerminkan apa yang sedang dirasakan atau sedang dipikir oleh pelukis. Gambar imajinatif satu orang dengan orang lain berbeda-beda.
Buatlah gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun. Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang sudah dipilih.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar