Hari/ Tanggal : Senin, 07 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 3 : Hidup Rukun di Sekolah
Pembelajaran : 1 dan 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 1 Tema 1 Subtema 3 Hidup Rukun di Sekolah akan mempelajari tentang isi teks yang berisi perintah, melengkapi kalimat perintah, ciri-ciri karya gambar imajinatif, alat dan bahan menggambar imajinatif, cara menggunakan alat dan bahan menggambar imajinatif, langkah-langkah menggambar imajinatif, menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman, kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang penjumlahan, melakukan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan dengan cara panjang dan pendek, menyebutkan isi teks cerita atau lagu, menyebutkan kembali perintah dalam teks cerita, menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai sila pertama Pancasila, menceritakan tentang pengalaman menerapkan sila pertama dan kedua Pancasila di sekolah.
Bekal makanan yang dibawa Udin disiapkan oleh ibu.
Ibu menyuruh Udin untuk berbagi dengan teman di sekolah.
Ayo Berlatih
Sebutkan kalimat perintah pada percakapan Udin dan ibu tersebut!
Kalimat perintah isinya menyuruh untuk melakukan sesuatu.
Tuliskan kalimat perintah yang kamu dengar hari ini!
Kalimat perintah :
Bagilah bekalmu dengan teman-teman, ya Din!
Peragakan kalimat itu di depan kelas dengan. percaya diri!
Kalimat perintah diakhiri dengan tanda seru (!).
Kalimat perintah diucapkan dengan sopan.
Bacalah kalimat perintah di bawah ini!
Lengkapilah kalimat berikut menjadi kalimat perintah!
1. Kembalilah ke kelas setelah bel berbunyi!
2. Jagalah kebersihan kelas!
3. Tutuplah pintu setelah masuk ke dalam ruangan!
4. Aturlah buku-buku di rak agar terlihat rapi!
5. Buanglah sampah pada tempatnya!
Kalimat perintah adalah ujaran yang bermaksud menyuruh seseorang untuk melakukan sesuatu.
Kalimat perintah memiliki beberapa ciri-ciri seperti dibawah ini :
1. Jika diucapkan berintonasi tinggi di awal dan rendah di akhir.
2. Menggunakan imbuhan –kan atau -lah.
3. Jika ditulis, terdapat tanda seru (!) pada akhir kalimat.
4. Biasanya menggunakan kata perintah seperti, jangan, tolong, atau mohon.
Ayo Mengamati
Di kelas, para siswa sedang belajar menggambar.
Udin, Edo, dan Siti, menggambar dengan alat yang berbeda.
Pasangkan siswa dengan hasil gambarnya yang sesuai!
Tuliskan perbedaan hasil mewarnai menggunakan krayon, pensil warna, dan spidol!
Krayon :
Crayon atau krayon menghasilkan warna yang tebal, kertas lebih murah kotor, kalau ingin menghapus coretan crayon bakal susah. Hasil goresan dari crayon juga kasar.
Spidol
Hasil goresan dari spidol halus dan warnanya tebal. Kertas yang digunakan untuk mewarnai juga tidak mudah kotor.
Pinsil Warna :
Pensil warna memberikan hasil goresan halus. Warna yang dihasilkan ketika kamu menggoreskan pensil kurang tebal. Kertas yang kamu gunakan untuk mewarnai juga tidak mudah kotor, tapi kertas jadi gampang rusak.
Ayo Berkreasi
Amatilah salah satu kegiatan di sekolah.
Buatlah gambar peralatan yang digunakan untuk melakukan kegiatan itu!
Warnai menggunakan salah satu alat gambar.
Siswa di sekolah Udin cukup banyak.
Ada 125 siswa laki-laki dan 117 siswa perempuan.
Jumlah siswa di sekolah Udin seluruhnya adalah
200 + 40 + 2 = 242
Penjumlahan dapat dilakukan dengan cara panjang atau pendek.
Simak video Penjumlahan dan Pengurangan bentuk pajang dan pendek berikut ini !
Ayo Berlatih
Tentukan hasil penjumlahan berikut!
Udin dan teman-teman belajar di sekolah dengan senang.
Suasana di sekolah menyenangkan karena mereka saling menjaga kerukunan.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar Udin dan teman-temannya senang bermain lari berpasangan
Ayo Berlatih
Ayo bergerak bersama temanmu!
Setelah melakukan gerakan-gerakan di atas, mari lakukan permainan berlari berpasangan berikut.
Sebelum berlari, lakukan pemanasan terlebih dahulu
Ayo Membaca
Bacalah teks di bawah ini dengan intonasi dan lafal yang tepat dengan percaya diri!
Berolahraga Bersama
Hari ini Udin dan teman-teman berolahraga.
Pak Guru meminta siswa untuk berlari berpasangan.
Udin berpasangan dengan Edo.
Tiba-tiba mereka terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Kaki Edo terluka dan berdarah.
Udin membantu Edo berdiri.
Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Pak Guru pun mengingatkan siswa lainnya.
Berhati-hatilah ketika berlari!
Samakan langkah kalian terlebih dahulu!
Garis bawahi kalimat yang menunjukan perintah pada teks bacaan di atas.
Ayo Berlatih
Buatlah pertanyaan dan jawaban tentang pengalaman Udin ketika berolahraga bersama!
Tuliskan pertanyaan itu pada kartu tanya jawab.
Tukarkan kartumu dengan teman sebangkumu.
Kemudian, tuliskan jawaban yang benar sesuai dengan pertanyaan temanmu.
Pertanyaan dan jawaban :
Kapan Udin dan teman-teman berolahraga?
Jawaban : Udin dan teman-teman berolahraga pada hari ini.
Siapa yang meminta siswa untuk berlari berpasangan?
Jawaban : Pak Guru meminta siswa berlari berpasangan.
Siapa yang berlari berpasangan dengan Edo?
Jawaban : Udin berlari berpasangan dengan Edo.
Mengapa Udin dan Edo terjatuh?
Jawaban : Udin dan Edo terjatuh karena gerakan kakinya tidak kompak.
Siapa yang membantu Edo berdiri?
Jawaban : Udin membantu Edo berdiri.
Siapa yang mengantarkan Edo ke ruang UKS?
Jawaban : Pak Guru mengantarkan Edo ke UKS.
Apa yang diingatkan Pak Guru kepada siswa lainnya?
Jawaban : Pak Guru mengingatkan siswa lainnya untuk berhati-hatilah ketika berlari dan menyamakan langkah terlebih dahulu.
Ayo Menulis
Pembelajaran hari ini sudah selesai.
Apa yang dilakukan Udin dan teman-teman sebelum pulang?
Tuliskan pada kotak berikut!
Udin dan teman-teman berdoa sebelum pulang. Mereka berdoa sesuai dengan agama masing-masing.
Sikap Udin di sekolah sesuai dengan pengamalan sila pertama dan kedua Pancasila.
Sikap manakah yang dimaksud?
Tuliskan pada tabel berikut
Sila Pertama | Sila Kedua |
Udin dan teman-teman berdoa sebelum pulang sekolah. | Walaupun berbeda agama, mereka belajar dan bermain bersama. |
Beri tanda √ pada gambar yang sesuai pengamalan sila pertama atau sila kedua Pancasila di sekolah.
Tuliskan sila yang sesuai di bawah gambar.
Ayo Berlatih
Ceritakan tentang kegiatanmu di sekolah!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama Pancasila!
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua Pancasila!
Ceritakan secara lisan dengan percaya diri!
Kegiatanku di sekolah dimulai saat bel sekolah berbunyi. Setelah murid dan guru masuk ke ruang kelas, kami berdoa terlebih dahulu. Kami juga berdoa saat pelajaran selesai dan akan pulang. Walaupun agama kami berbeda-beda, kami tetap belajar dan bermain bersama-sama.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila pertama Pancasila!
Jawaban: Murid dan guru berdoa sebelum dan sesudah melaksanakan pembelajaran.
Ceritakan kegiatan yang sesuai sila kedua Pancasila!
Jawaban: Mereka bermain dan belajat bersama meski berbeda agama.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar