Hari/ Tanggal : Jumat, 18Agustus 2023
Tema 1 : HidupRukun
Subtema 2 : Hidup Rukun di Masyarakat
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kahNak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3 . Dimana, pada Tujuan pembelajaran hari ini Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun di masyarakat, siswa dapat menemukan percakapan yang berisi penolakan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
Dengan diberikan gambar teks percakapan tentang hidup rukun, siswa dapat melatih kalimat penolakan pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara lisan dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikan tiga buah bilangan, siswa dapat menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari berkaitan penjumlahan dengan benar.
Dengan diberikan contoh karya hiasan dari benda alami, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya hiasan dengan benar.
Dengan diberikan contoh karya hiasan dari bahan alami, siswa dapat membuat karya hiasan dari bahan alami dengan benar
Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut ini!
Gambar mana yang menunjukkan sikap hidup
rukun di masyarakat?
Gambar manakah yang menunjukkan penolakan? Pernahkah kamumenolak pemberian orang lain?
Tuliskanlah kata-kata penolakan tersebut pada tempat dibawah ini.
Buatlah percakapan pengalamanmu melakukan penolakanterhadap pemberian orang lain!
Kalimat penolakan biasa ditandai dengan kata“tidak”.
Selain kata tidak, dapat ditambahkan kata maaf,terima kasih, lain kali ya, dan lain-lain.
Sekarang bermain peranlah di depan kelasdengan teman-temanmu.
Peragakan percakapanmu.
Tentukan pemeran dalam percakapan tersebut.
Kegiatan gotong royong di perumahan Udinterlaksana dengan baik.
Ibu-ibu menyiapkan banyak makanan untukpeserta gotong royong.
Ada 95 kue bolu dan 120 kue lemper. Kue itudisajikan dan dimakan 158 buah. Berapa sisa kuesekarang?
Ingatlah penjumlahan dan pengurangan yang sudahdipelajari sebelumnya.
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut!
Tentukan hasil penjumlahan dan pengurangan berikut!
Adakah jawaban yang sama?
Apakah urutan penjumlahan dan penguranganberpengaruh terhadap hasil operasi hitung?
Diskusikan kesimpulan dari kedua soal di atas.
Ayo Berkreasi
Ibu-ibu menyiapkan kue-kue untuk peserta kerja bakti.Ada kue lemper yang terbuat dari beras ketan. Berasketan dapat dipakai untuk membuat hiasan. Begitu jugadengan biji-bijian yang lain.
Bahan dan Alat yang Digunakan
Kertas gambar
Lem kertas atau lem kayu
Berbagai biji-bijian, misalnya kacang hijau, kedelai, jagung, danlain-lain
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikumWr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar