Kamis, 24 Agustus 2023

Materi Ajar: Kamis, 24 Agustus 2023

 Hari/ Tanggal                   :   Kamis, 24 Agustus 2023

Tema 2                               :  Bermain di Lingkungan

Subtema 1                         :  Bermain di Lingkungan Rumah

Pembelajaran                   :  3

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan  siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar. Siswa dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan benar. siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat. Serta, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.

 

 

Ayo Mengamati

Amati gambar di bawah dengan cermat!



Kira-kira, apa cerita yang cocok untuk gambar di atas?

Menurutku diatas sedang diadakan lomba tenis meja cilik antar kelas.

 

 

Ayo Membaca

Bacalah teks berikut ini dengan cermat! 

 

Lomba Tenis Meja Cilik

Lomba tenis meja cilik kembali digelar.

Lomba dilakukan antarkelas dua SD sekecamatan.

Beni mewakili sekolahnya.

Lomba dilaksanakan di sekolah Beni.

Ia mendapatkan dukungan dari teman dan gurunya.

Beberapa teman Beni seperti Udin, Edo, Lani,

Siti, Dayu, dan Mey memberikan dukungan kepada Beni dari tribun.

Teman Beni didampingi oleh guru kelasnya.

Beni menangkis serangan dari lawan mainnya.

Bola pingpong hampir saja mendarat di bet Beni.

 

Sementara ini, lawan mainnya sedang bersiap-siap menangkis balik serangan dari Beni.

Ketika Beni melepaskan serangan balik, langsung ditangkis balik oleh lawannya dengan gagah.

Namun, bola pingpong menyangkut di net.

Poin untuk Beni, ia menang.

 

Apa isi teks bacaan di atas?

Perlombaan Tenis Meja Cilik antar kelas 2 SD sekecamatan.

 

Bagaimana hasil terkaanmu tadi?

Ternyata tepat

 

Apakah sesuai dengan yang kamu baca?

Ya, sesuai dengan yang aku baca.

 

 

Ayo Berdiskusi

Adakah kata yang belum kamu pahami?

Ada beberapa kata yang belum saya pahami misalnya poin dan cilik.

 

Jika ada, tuliskan di bawah kata-kata berikut!

 

Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!

No.

Kata

Maknanya

1.

tribun

Kawasan duduk

2.

bet

Raket tenis

3.

net

Pembatas meja tenis di tengah

4.

cilik

Kecil

5.

poin

Skor berupa angka yang diperoleh pemenang

 

Buatlah kalimat dengan kata-kata di atas!

1.       Teman-teman memberikan dukungan kepada Beni dari tribun

2.       Beni memukul bola pingpong menggunakan bet

3.       Bola pingpong yang dipukul lawan menyangkut di net

4.       Lomba tenis meja cilik dilaksanakan di sekolah

5.       Poin untuk Beni bertambah.

 

Ayo Mencoba

Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!

 

Alat dalam Bermain Tenis Meja

Alat dan bahan: bet, net, meja, dan bola pingpong.

 

Petunjuk:

1. Sediakan alat dan bahan!

2. Amatilah bahan satu per satu!

3. Isilah titik-titik di bawah!

 

Hasil pengamatan:

1. Nama benda : Bet

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, permukaannya datar dan halus di bagian daun bet, bet juga memiliki gagang untuk pegangan.

 

2. Nama benda : Net

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat, terbuat dari benang yang di jalin menyerupai jaring

 

3. Nama benda : Meja

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat terbuat dari kayu memiliki dan memiliki permukaan datar dan halus

 

4. Nama benda : Bola Pingpong

Ciri-ciri benda : Berwujud benda padat terbuat dari plastik berbentuk bulat dan memiliki permukaan yang halus

 

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa:

Bet, net meja dan bola pingong merupakan peralatan yang dibutuhkan dalam permainan tenis meja. Peralatan tersebut termasuk benda pasat.

 

 

Ayo Berlatih

Perhatikan teks percakapan berikut!

Banyak skor yang diperoleh Beni sejak babak penyisihan sampai akhir permainannya adalah 45 poin. Jika Beni melalui babak penyisihan, semifinal, dan final, berapakah skor yang diperoleh Beni setiap babak?

 

Beni memiliki 45 poin.

Dia melewati 3 babak.

Artinya, 45 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 – 3 = 0

45 : 3 = 15.

Jadi, skor yang diperoleh Beni setiap babak ada 15 poin.

 

Selesaikan soal berikut dengan teliti!

 

1. Perusahaan mengirim net 4 kali berturut=turut ke sekolah yang berbeda sebanyak 44. Berapakah banyak net yang dibeli tiap sekolah apabila banyaknya net untuk tiap sekolah sama? Jawaban :

44 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0

44 : 4 = 11

Banyaknya net yang dibeli tiap sekolah adalah 11 buah

 

2. Usai perlombaan, 36 bet dimasukkan ke dalam keranjang. Bet muat dalam 9 keranjang sama banyak. Berapakah banyak bet dalam setiap keranjang? Jawaban :

36 – 9 –  9  – 9 – 9 = 0

36 : 9 = 4

Jadi jumlah bet pada tiap keranjang adalah 4

 

3. Perusahaan meja tenis memiliki stok meja tenis sebanyak 35 meja yang dibuat selama seminggu penuh. Berapakah banyak meja tenis yang dibuat dalam sehari? Jawaban :

Seminggu = 7 hari

35 – 7 – 7 – 7 – 7 – 7 = 5

35 : 7 = 5

Jadi jumlah meja yang dibuat sehari adalah 5 buah

 

4. Persediaan bola pingpong untuk lomba sebanyak 48 bola pingpong. Bola pingpong dimasukkan ke dalam 6 kotak. Berapa banyak bola pingpong dalam tiap kotak? Jawaban :

48 – 6 – 6 -6 – 6 – 6 – 6 – 6 – 6 = 0

48 : 6 = 8

Jadi Jumlah bola pingpong pada tiap kotak adalah 8

 

5. Tribun barat terdiri atas 32 tempat duduk. Tiap baris terdiri atas 8 tempat duduk. Berapakah banyak baris di tribun barat? Jawaban :

32 – 8 – 8 – 8 – 8 = 4

32 : 8 = 4

jadi jumlah baris di tribun barat adalah 4

 

 

Ayo Berlatih

Kepala Sekolah punya banyak tiket. Bantulah Kepala Sekolah membagi tiket lomba tenis ke beberapa siswa! 

 

Berikut datanya.

1.         25 : 5 = (25 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 5

2.         27 : 9 = ( 27 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 3

3.         28 : 4 = (28 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 7

4.         30 : 5 = (30 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 − 5 = 0 ) = 6

5.         42 : 6 = (42 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7

6.         36 : 4 = (36 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 9

7.         45 : 9 = ( 45 − 9 − 9 − 9 − 9 − 9 = 0 ) = 5

8.         49 : 7 = ( 49 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 − 7 = 0 ) = 7

9.         52 : 4 = (52 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 − 4 = 0 ) = 13

10.     54 : 6 = (54 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 − 6 = 0 ) = 7

 

 

Ayo Berlatih

Isilah titik-titik berikut dengan bilangan yang tepat!

1.

2

2.

4

:

:

12

6

28

7

14

7

32

8

16

8

36

9

18

9

40

10

3.

5

4.

6

:

:

30

6

24

4

35

7

30

5

40

8

36

6

45

9

42

7

5.

7

6.

8

:

:

42

6

48

6

49

7

56

7

56

8

64

8

63

9

72

9

 

 

 

Ayo Berkreasi

Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar?

No.

Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar

Cara Menggunakan Alat dan Bahan Menggambar

1.

Buku gambar

Tempat membuat gambar imajinatif

2.

Pensil

Alat yang digunakan untuk membuat pola gambar imajinatif

3.

Pensil warna

Alat tulis yang digunakan mewarnai gambar imajinatif

4.

Penggaris

Menggaris pinggir buku gambar dan digunakan untuk membuat pola jika dibutuhkan garis lurus

5.

Penghapus

Untuk menghapus pola yang salah

 

Perhatikan gambar berikut!

Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!



 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar