Hari/ Tanggal : Selasa, 1 Agustus 2023
Tema 1 : Hidup Rukun
Subtema 2 : Hidup Rukun di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 1 mengenai Hidup Rukun.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3 . Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala, melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan, membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan, memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara, membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan, dan membubuhkan tanda <, = , atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Pentas seni diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.
Dalam acara pentas seni, Siti dan teman-teman akan menari.
Mereka bersemangat mempersiapkan tarian.
Inilah tarian yang akan ditampilkan Siti
Lakukanlah gerakan-gerakan tarian tersebut secara berurutan sesuai hitungan!
Perhatikan koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala.
Lakukan gerakan bersama-sama dengan temanmu.
Gerakan juga dapat dikembangkan sendiri.
Lani memperhatikan Siti berlatih menari.
Ia juga ingin ikut menari.
Apa yang sebaiknya dilakukan Siti?
Menurutku, sebaiknya Siti :
Menurutku, sebaiknya Siti mengajak Lani berlatih menari bersama.
Ayo Bermain Peran
Buatlah percakapan antara Siti dan Lani!
Percakapan mereka berisi tentang ajakan Siti kepada Lani.
Siti mengajak Lani untuk ikut menari.
Siti mengatakan agar Lani mau menari di depan teman-teman.
Peragakan percakapan tersebut di depan kelas!
Percakapan Siti dan Lani:
Siti | : | "Lani, ayo ikut aku berlatih menari" |
Lani | : | "Tapi aku belum bisa menari, Siti" |
Siti | : | "Tidak apa-apa, aku akan membantumu berlatih" |
Lani | : | "Baiklah Siti, terimakasih sudah membantuku" |
Ayo Mengamati
Tidak hanya anak-anak yang sibuk.
Ibu-ibu pun sibuk mempersiapkan konsumsi.
Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol. Manakah yang lebih banyak?
Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 225 dan 252
Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 200.
Nilai angka pada tempat puluhannya tidak sama, yaitu 20 dan 50.
Karena 20 kurang dari 50, maka 225 kurangdari 252.
Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.
Simbol “ < “ menunjukkan bilangan kurang dari.
Simbol “ > “ menunjukkan bilangan lebih dari.
Simbol “ = “ menunjukkan bilangan sama dengan.
Jadi, dapat ditulis 225 < 252
Ayo Berkreasi
Membuat Kartu Bilangan
Bahan dan Alat:
· Kertas karton bekas bungkus pasta gig
· Spidol
· Gunting
Cara Membuat:
· Buatlah pola seukuran kartu.
· Jiplakkan pada kertas karton kosong.
· Tuliskan angka 1 sampai 9 pada pola.
Gunakan kartu bilangan buatanmu untuk bermain dengan teman sebangkumu.
Simpan semua bilangan di atas meja dengan posisi tertutup.
Masing-masing mengambil tiga kartu.
Kartu disusun menjadi bilangan tiga angka.Bandingkan kedua bilangan yang diperoleh
Perhatikan contoh berikut ini
Ambillah 3 kartu secara acak.
Tulislah tiga angka tersebut menjadi bilangan ratusan.
Misalkan kartu 3 kartu yang kita ambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 365
Kembalikan kartu ke meja.
Ambil lagi 3 kartu secara acak. Lalu tulis lagi menjadi bilangan ratusan.
Misalkan 3 kartu yang diambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 347
Bandingkan kedua bilangan tersebut dengan simbol < atau >
1. Pada nilai tempat ratusan kedua bilangan memiliki ratusan yang sama.
2. Selanjutnya ke nilai tempat satuan 6 lebih besar dari 4
3. Sehingga 365 > 347
Berikut ini beberapa contoh yang lain
Bilangan 1 | Simbol | Bilangan 2 |
965 | > | 867 |
574 | < | 678 |
754 | > | 253 |
198 | > | 145 |
546 | < | 657 |
Ayo Berlatih
Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
349 = | 300 | + | 40 | + | .9 | 325 | 300 | + | 20 | + | 5 |
394= | 300 | + | 90 | + | 4 | 352 | 300 | + | 50 | + | 2 |
Bilangan 349 kurang dari 394 | Bilangan 325 kurang dari 352 | ||||||||||
Jadi, 349 < 394 | Jadi, 325 < 352 |
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
668 = | 600 | + | 60 | + | .8 | 512 | 500 | + | 10 | + | 2 |
662= | 600 | + | 60 | + | 2 | 521 | 500 | + | 20 | + | 1 |
Bilangan 668 lebih dari 662 | Bilangan 512 kurang dari 521 | ||||||||||
Jadi, 668 > 662 | Jadi, 512 < 521 |
Lengkapi titik-titik dengan tanda “< , = , atau > “!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar