Selasa, 01 Agustus 2023

Materi Ajar: Selasa, 1 Agustus 2023

 Hari/ Tanggal                :  Selasa, 1 Agustus 2023

Tema 1                            :  Hidup Rukun

Subtema 2                      Hidup Rukun di Tempat Bermain

Pembelajaran                :  3

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema pertama di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 1 mengenai Hidup Rukun.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3 . Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan mengidentifikasi koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala, melakukan gerak koordinasi kepala, tangan, dan kaki sesuai hitungan, membuat teks percakapan yang mengandung kalimat ajakan, memperagakan kalimat ajakan yang terdapat pada teks percakapan yang berkaitan dengan sikap hidup rukun secara, membandingkan bilangan tiga angka dengan menggunakan kartu bilangan, dan membubuhkan tanda <, = , atau > di antara dua bilangan tiga angka dengan tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

Ayo Mengamati

Pentas seni diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.

Dalam acara pentas seni, Siti dan teman-teman akan menari.

Mereka bersemangat mempersiapkan tarian.

Inilah tarian yang akan ditampilkan Siti

Lakukanlah gerakan-gerakan tarian tersebut secara berurutan sesuai hitungan!

Perhatikan koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala.

Lakukan gerakan bersama-sama dengan temanmu.

Gerakan juga dapat dikembangkan sendiri.

Lani memperhatikan Siti berlatih menari.

Ia juga ingin ikut menari.

Apa yang sebaiknya dilakukan Siti?

Menurutku, sebaiknya Siti :

Menurutku, sebaiknya Siti mengajak Lani berlatih menari bersama.

 

 

Ayo Bermain Peran

Buatlah percakapan antara Siti dan Lani!

Percakapan mereka berisi tentang ajakan Siti kepada Lani.

Siti mengajak Lani untuk ikut menari.

Siti mengatakan agar Lani mau menari di depan teman-teman.

Peragakan percakapan tersebut di depan kelas!

Percakapan Siti dan Lani:

Siti

:

"Lani, ayo ikut aku berlatih menari"

Lani

:

"Tapi aku belum bisa menari, Siti"

Siti

:

"Tidak apa-apa, aku akan membantumu berlatih"

Lani

:

"Baiklah Siti, terimakasih sudah membantuku"

 

 

Ayo Mengamati

Tidak hanya anak-anak yang sibuk.

Ibu-ibu pun sibuk mempersiapkan konsumsi.

Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol. Manakah yang lebih banyak? 

Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.

Perhatikan bilangan 225 dan 252


Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 200.

Nilai angka pada tempat puluhannya tidak sama, yaitu 20 dan 50.

Karena 20 kurang dari 50, maka 225 kurangdari 252.

 

Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.

Simbol “ < “ menunjukkan bilangan kurang dari.

Simbol “ > “ menunjukkan bilangan lebih dari.

Simbol “ = “ menunjukkan bilangan sama dengan.

Jadi, dapat ditulis 225 < 252

 

 

Ayo Berkreasi

Membuat Kartu Bilangan

Bahan dan Alat:

·    Kertas karton bekas bungkus pasta gig

·    Spidol

·    Gunting

Cara Membuat:

·    Buatlah pola seukuran kartu.

·    Jiplakkan pada kertas karton kosong.

·    Tuliskan angka 1 sampai 9 pada pola.

 

Gunakan kartu bilangan buatanmu untuk bermain dengan teman sebangkumu.

Simpan semua bilangan di atas meja dengan posisi tertutup.

Masing-masing mengambil tiga kartu.

Kartu disusun menjadi bilangan tiga angka.Bandingkan kedua bilangan yang diperoleh

 

Perhatikan contoh berikut ini

Ambillah 3 kartu secara acak.

Tulislah tiga angka tersebut menjadi bilangan ratusan.

Misalkan kartu 3 kartu yang kita ambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 365

 

Kembalikan kartu ke meja.

Ambil lagi 3 kartu secara acak. Lalu tulis lagi menjadi bilangan ratusan.

Misalkan 3 kartu yang diambil seperti gambar di atas, maka kita tulis 347


Bandingkan kedua bilangan tersebut dengan simbol < atau >

1.  Pada nilai tempat ratusan kedua bilangan memiliki ratusan yang sama.

2.  Selanjutnya ke nilai tempat satuan 6 lebih besar dari 4

3.  Sehingga 365 > 347

 

Berikut ini beberapa contoh yang lain

Bilangan 1

Simbol

Bilangan 2

965

> 

867

574

< 

678

754

> 

253

198

> 

145

546

< 

657

 

 

Ayo Berlatih

Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!

Bilangan

Ratusan

Puluhan

Satuan

Bilangan

Ratusan

Puluhan

Satuan

349 =

300

+

40

+

.9

325

300

+

20

+

5

394=

300

+

90

+

4

352

300

+

50

+

2

Bilangan 349 kurang dari 394

Bilangan 325 kurang dari 352

Jadi, 349 < 394

Jadi, 325 < 352

 

Bilangan

Ratusan

Puluhan

Satuan

Bilangan

Ratusan

Puluhan

Satuan

668 =

600

+

60

+

.8

512

500

+

10

+

2

662=

600

+

60

+

2

521

500

+

20

+

1

Bilangan 668 lebih dari 662

Bilangan 512 kurang dari 521

Jadi, 668 > 662

Jadi, 512 < 521

 

Lengkapi titik-titik dengan tanda “< , = , atau > “!


Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar