Assalamualaikum anak sholeh sholehah 2b🤗
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Hari ini kita akan belajar tentang kalimat perintah, gambar imajinatif dan penjumlahan.
Semangat belajar🤗
Udin dan teman-temannya selalu menjaga kerukunan.
Contohnya bersama-sama melakukan tugas piket kelas.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah ini.
Apa yang dilakukan oleh para siswa?
Para siswa sedang membersihkan ruang kelas.
Apa manfaat kebersamaan dalam melakukan tugas?
Manfaat kebersamaan dalam melakukan tugas adalah untuk menjaga kerukunan dan pekerjaan menjadi lebih ringan. Jika tugas dilakukan sendirian akan membutuhkan waktu yang lama.
Ceritakan pendapatmu itu kepada teman di sebelahmu!
Saya pernah melaksanakan tugas bersama dengan teman-teman. Kami saling membantu satu dengan yang lainnya. Dengan bekerja sama tugas cepat selesai dan kerukunan diantara kami tetap terjaga.
Ayo Membaca
Udin menjadi Ketua kelas.
Ia bertanggung jawab mengatur dan mengawasi kegiatan piket kelas.
Bacalah percakapan di bawah ini dengan nyaring!
Udin | : | Teman-teman, bersihkanlah kelas sesuai pembagian tugas! | |
Siti | : | Siap, Din. Aku akan menyapu. | |
Edo | : | Aku akan menghapus papan tulis sampai bersih. | |
Beni | : | Aku akan membereskan lemari buku. | |
Udin | : | Terima kasih teman-teman. Ayo, kita bersihkan kelas sebaik-baiknya |
Jelaskan maksud kalimat perintah yang diucapkan Udin!
Udin selaku ketua kelas memerintahkan saya untuk membersihkan kelas sesuai pembagian tugas.
Ayo Menulis
Pikirkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang ada!
Tuliskan kalimat itu dengan menggunakan huruf tegak bersambung dengan rapi!
Beni bertugas membereskan lemari kelas.
Di lemari terdapat kotak kapur tulis.
Mula-mula ada 242 kapur tulis.
Kapur tersebut digunakan 38 buah.
Sisa kapur dihitung dengan pengurangan.
Jadi, sisa kapur ada 204
Pengurangan dapat dilakukan dengan cara panjang atau pendek.
Ayo Berlatih
Tentukan hasil pengurangan berikut dengan cara panjang!
Tentukan hasil pengurangan dengan cara pendek!
Ayo BerkreasiSelain dibersihkan, kelas Udin juga dihias agar lebih indah.
Para siswa menghias kelas dengan gambar.
Hiasan berupa gambar benda-benda atau makhluk hidup yang ada di sekitar sekolah.
Mula-mula dibuat sketsa gambar pada kertas gambar menggunakan pensil.
Gambar imajinatif adalah gambar yang dibuat berdasarkan imajinasi atau khayalan pelukisnya sendiri. Jadi gambar imajinatif mencerminkan apa yang sedang dirasakan atau sedang dipikir oleh pelukis. Gambar imajinatif satu orang dengan orang lain berbeda-beda.
Buatlah gambar imajinatif dengan membuat sketsa terlebih dahulu. Gambar imajinatif yang akan dibuat adalah gambar bunga dan daun. Sketsa yang dibuat nantinya akan diberi warna dengan alat warna yang sudah dipilih.
Kalian bisa lihat video penjelasan bu guru tentang gambar imajinatif di bawah ini ya
Kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
1. Di perpustakaan sekolah terdapat 181 buku pelajaran dan 126 buku cerita anak. Berapa jumlah buku seluruhnya?
2. Di koperasi sekolah terdapat stok 2 kotak buku tulis. Setiap kotak terdiri atas 180 buku. Berapa jumlah buku seluruhnya?
3. Di lemari kelas terdapat 259 lembar kertas HVS. Selain itu terdapat kertas folio dengan jumlah 60 lembar lebih banyak. Berapa banyak kertas folio di dalam lemari?
4. Banyak kapur berwarna ada 117 batang. Kapur putih lebih banyak 43 batang. Berapa jumlah kapur seluruhnya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar