Assalamualaikum sholeh sholehah 2b🤗
Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan bahagia ya aamiin🤲🏼
Hari ini kita akan mulai belajar Tema 2 Subtema 1 Pembelajaran 1. Pada hari ini kita akan mempelajari tentang membedakan dan menyanyikan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol. Menyebutkan isi teks pendek “Bermain Perahu Kertas” yang dibacakan dengan tepat. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dan menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang Menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Setelah belajar jangan lupa hari ini kita juga ada jadwal Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 ya😉
Ayo Mengamati
Hari ini hari Minggu.
Setelah membantu ibu dan ayah, Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain perahu kertas.
Apa yang dilakukan Beni dan Kak Tiur?
Beni dan Kak Tiur sedang bermain perahu kertas.
Pernahkah kamu melakukan kegiatan tersebut?
Saya pernah bermain perahu kertas.
Ayo Mengamati
Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang.
Nyanyikanlah lagu berikut bersama temanmu!
Simak panjang pendek nada Lagu Berdayung berikut ini !
Apa isi lagu yang telah kamu nyanyikan?
Lagu tersebut menceritakan tentang menaiki sebuah perahu.
Bagaimana cara kamu menyanyikannya?
Lagu tersebut dinyanyikan dengan tempo sedang.
Ayo Membaca
Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan.
Bunyi beraturan disebut nada.
Ada nada yang panjang dan ada yang pendek.
Panjang pendek nada dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu ketukan.
Perhatikan panjang pendek nada berikut!
Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . |
Ada 1 buah titik di belakangnya.
Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.
Diskusikanlah kegiatan berikut bersama temanmu!
Beri tanda lingkaran untuk nada 2 ketuk.
Beri tanda setengah lingkaran untuk nada 1 ketuk.
Ayo Membaca
Dengarkan gurumu membaca teks berikut!
Bermain Perahu Kertas
Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Permainan ini sangatlah sederhana.
Satu lembar kertas bisa menghasilkan sebuah perahu
Perahu yang telah selesai dibuat diapungkan di dalam baskom berisi air.
Selain itu juga bisa diapungkan pada genangan air di saat hujan turun.
Perahu dapat berlayar dengan bantuan angin.
Beni sangat menyukai permainan ini.
Apa isi dari teks yang telah dibacakan gurumu?
Isi teks yang dibacakan guru adalah Beni sangat senang bermain perahu kertas.
Dapatkah kamu menceritakannya kembali?
Beni senang bermain perahu. Perahunya terbuat dari kertas. Perahu kertas tersebut diapungkan dalam baskom yang berisi air. Saat hujan turun, Beni juga mengapungkan perahunya pada genangan air. Perahu akan melaju saat ditiup angin.
Berilah tanggapanmu terhadap cerita temanmu!
Ayo Menulis
Bacalah kembali teks “Bermain Perahu Kertas”!
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks tersebut!
1. Apa saja benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Benda yang digunakan dalam bermain perahu kertas adalah perahu kertas, baskom, dan air.
2. Bagaimana cara memainkan perahu tersebut?
Cara bermain perahu kertas adalah perahu diapungkan dalam baskom yang berisi airatau di atas genangan air saat hujan dan melaju ditiup angin.
Ayo Mengamati
Beni membuat 2 buah perahu kertas.
Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.
Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahu kertas lagi
Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?
Ayo Berdiskusi
Diskusikanlah soal berikut dengan temanmu!
Ada berapa kelompok perahu pada gambar tersebut?
Ada dua kelompok gambar perahu.
Berapa jumlah perahu setelah digabungkan?
Setelah digabungkan menjadi 6 perhu.
Dapat ditulis:
3 x 2 = 6
Ayo Berlatih
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
5. Dua kelompok anak bermain lompat tali.
Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah:
2 x 5 = 10
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebut dengan penjumlahan berulang!
5 + 5 = 10
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua mengajak siswa berdiskusi tentang perkalian sebagai penjumlahan berulang.
Alhamdulillah sudah selesai materi kita hari ini.
Sekarang sholeh sholehah bisa mengerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 melalui link di bawah ini:
Semangat mengerjakan, jangan lupa baca doa ya😉😉
Tidak ada komentar:
Posting Komentar