Assalamualaikum sholeh sholehah 2b๐ค
Pembelajaran 3 Tema 2 Subtema 1 Bermain di Lingkungan Rumah akan mempelajari tentang menentukan dan menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga. Menemukan dan menjelaskan kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat. Menyatakan kalimat matematika dan menghitung hasil kali bilangan yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian. Menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Bernyanyi
Lagu bisa dinyanyikan dengan tekanan kuat dan tekanan lemah.
Dengarkan penjelasan gurumu terlebih dahulu!
Masih ingatkah kamu lagu “Berdayung”?
Nyanyikanlah kembali lagu tersebut bersama temanmu!
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Aku adalah sebuah benda. Bentukku segi empat.
Aku digunakan untuk menulis sesuatu.
Aku juga bisa dilipat menjadi beragam bentuk, misalnya bentuk perahu, bentuk pesawat, bentuk burung, dan lain-lain.
Apakah aku?
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut dengan tulisan tegak bersambung!
1. Benda apakah yang dimaksud?
๐ซ๐ฎ๐ท๐ญ๐ช ๐๐ช๐ท๐ฐ ๐ญ๐ฒ๐ถ๐ช๐ด๐ผ๐พ๐ญ ๐ช๐ญ๐ช๐ต๐ช๐ฑ ๐ด๐ฎ๐ป๐ฝ๐ช๐ผ
2. Apakah kamu mempunyai benda tersebut?
๐ผ๐ช๐๐ช ๐ถ๐ฎ๐ถ๐ฒ๐ต๐ฒ๐ด๐ฒ ๐ซ๐ฎ๐ท๐ญ๐ช ๐ฝ๐ฎ๐ป๐ผ๐ฎ๐ซ๐พ๐ฝ
3. Bagaimana bentuknya?
๐ซ๐ฎ๐ป๐ซ๐ฎ๐ท๐ฝ๐พ๐ด ๐ผ๐ฎ๐ฐ๐ฒ๐ฎ๐ถ๐น๐ช๐ฝ
4. Apa kegunaannya?
๐พ๐ท๐ฝ๐พ๐ด ๐ถ๐ฎ๐ท๐พ๐ต๐ฒ๐ผ ๐ญ๐ช๐ท ๐ญ๐ฒ๐ต๐ฒ๐น๐ช๐ฝ ๐ถ๐ฎ๐ถ๐ซ๐ฎ๐ท๐ฝ๐พ๐ด ๐น๐ฎ๐ป๐ช๐ฑ๐พ
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Benda-benda di Sekitar Kita
Ada banyak benda di sekitar kita.
Setiap benda mempunyai sifat yang berbeda dengan benda lainnya.
Ada yang halus, kasar, basah, dan lain sebagainya.
Contoh benda yang kasar antara lain batu, pasir dan kulit pohon.
Contoh benda yang basah adalah air.
Benda yang memiliki permukaan halus antara lain kapas, bulu, dan kertas.
Tentunya masih banyak sifat-sifat lain dari benda-benda di sekitar kita.
Bentuk benda juga beragam.
Ada yang bentuknya tetap.
Ada juga yang berubah.
Bentuk pensil dan kertas akan selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda.
Sedangkan air di dalam gelas jika dipindahkan ke botol bentuknya akan berubah menyerupai botol.
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata berikut!
Kata | Maknanya |
---|
Halus | Licin, lembut, atau tidak kasar |
Kasar | Kesat atau tidak halus saat diraba |
Basah | Mengandung air atau zat cair |
Tetap | Tidak berubah keadaan atau bentuknya |
Berubah | Berbeda dari semula |
Untuk menguji pemahamanmu, kerjakan latihan berikut!Susunlah huruf-huruf berikut hingga membentuk kata yang dimaksud!
Tidak berubah keadaan atau bentuknya | E | P | A | T | T |
---|
T | E | T | A | P |
Kesat atau tidak halus | S | R | A | A | K |
---|
K | A | S | A | R |
Licin, lembut, atau tidak kasar | S | L | U | A | H |
---|
H | A | L | U | S |
Berbeda dari semulas | B | H | A | R | E | B | U |
---|
B | E | R | U | B | A | H |
Ayo Mencoba
Lakukan kegiatan berikut bersama teman kelompokmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
Cara Kerja
1. Letakkan kertas di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besarnya!
2. Ambil kertas tersebut dan pindahkan ke dalam piring. Apa yang dapat kamu lihat?
Berubahkah bentuknya?
Kertas bentuknya tidak berubah/tetap
3. Ambil batu dan letakkan di atas meja! Amati bentuk dan besarnya!
Bentuk dan besarnya batu tidak berubah/tetap
4. Pindahkan batu tersebut ke dalam gelas!
Apa yang dapat kamu lihat?
Berubahkah bentuknya?
Bentuk batu tidak berubah.
5. Berdasarkan kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
Tuliskan simpulanmu pada kolom di bawah!
Simpulan :
Kertas dan batu tidak berubah bentuknya, selalu tetap walaupun telah dipindahkan ke tempat yang berbeda.
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut!
Ibu | : | Kalau Adik tuangkan air ke dalam gelas, bagaimana bentuknya? |
Beni | : | Bentuknya seperti gelas, Bu. |
Ibu | : | Sekarang, bagaimana kalau air di gelas dipindahkan ke dalam botol? |
Beni | : | Bentuknya sama seperti botol, Bu. |
Ibu | : | Nah, bagaimana simpulanmu, Adik? |
Beni | : | Air, bentuknya dapat berubah tergantung tempatnya, Bu |
Ibu | : | Benar sekali, Nak. Air adalah benda cair yang bentuknya dapat berubah mengikuti bentuk wadahnya. |
Apa yang dibicarakan Beni dan Ibu?
Beni dan Ibu membicarakan tentang bagaimana air jika ditaruh pada gelas ataupun botol. Ternyata air adalah benda cair yang dapat berubah bentuk mengikuti wadahnya.
Ceritakan kembali isi teks percakapan di atas!
Ayo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!
1. Bagaimana bentuk air jika dimasukkan ke dalam gelas?
Jawaban: Bentuk air akan seperti gelas.
2. Bagaimana bentuk air jika dipindahkan ke dalam botol?
Jawaban: Bentuk air akan seperti botol.
3. Bagaimana pula bentuk air jika dipindahkan ke dalam mangkuk?
Jawaban: Bentuk air akan seperti mangkuk.
4. Apa saja benda yang sifatnya sama dengan air?
Jawaban: Minyak, sirup, dan kecap.
Ayo MengamatiAmati gambar berikut!
Diskusikanlah dengan teman sebangkumu!
Ayo Berlatih
Tentukan bilangan yang tepat untuk soal berikut!
5. Udin meletakkan kerikil pada 6 lubang pada permainan congklak.
Setiap lubang diisi 5 kerikil.
a. Tulislah kalimat matematikanya!
5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = 6 x 5
b. Tentukan hasilnya!
6 x 5 = 30
Alhamdulillah sudah selesai materi kita hari ini.
Sekarang sholeh sholehah bisa mengerjakan Penilaian Harian Tema 1 Subtema 3 melalui link di bawah ini:
Semangat mengerjakan, jangan lupa baca doa ya๐๐
https://forms.gle/AdTJVFjsuyKoBn188
Tidak ada komentar:
Posting Komentar