Hari / Tanggal : Senin / 6 Januari 2025
Kelas : 2C
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
CP :
Menyimak
Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.
Membaca dan Memirsa
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.
Berbicara dan Mempresentasikan
Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.
Menulis
TP :
Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma;
Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Mulai dari bentuk tubuh, nama, kegemaran, hingga pendapat.
Amatilah gambar di atas.
Temukan perbedaan pada masing-masing anak.
Sekarang, perhatikan salah satu teman kalian. Apa saja perbedaan di antara kalian?
Membaca
Fabel adalah cerita dengan tokoh binatang.
Dalam fabel, tokoh binatang berperilaku seperti manusia.
Bacalah fabel “Rahasia Kaki Itik” bersama guru.
Cerita ini disadur dari buku Rahasia Kaki Itik karya Supriyatin.
Materi Pokok
1. Mengenali dan menyebutkan Identitasku
2. Mengenali dan menyebutkan identitas temanku
Identitas diri adalah informasi dasar tentang seseorang yang
digunakan untuk memperkenalkan diri. Identitas diri biasanya memuat beberapa
informasi seperti:
- Nama lengkap
- Nama panggilan
- Usia
- Kelas
- Alamat
- Hobi
- Cita-cita
Apakah kamu tahu hobi?
Hobi adalah kegiatan yang disukai.
Hobi sering dilakukan saat senggang.
Hobi dapat dilakukan di rumah.
Hobi dapat dilakukan juga di luar rumah.
Hobi setiap orang berbeda-beda.
Ada juga yang hobinya sama.
Hobi dapat dilakukan di dalam rumah.
Ada juga yang dilakukan di luar rumah.
Hobi harus aman dari bahaya.
Hobi dilakukan sesuai waktu dan tempat.
Contohnya membaca buku di tempat terang, bersepeda pada
siang hari di luar rumah, menari di tempat yang cukup luas.
Dapatkah kalian memberi contoh yang lain?
Namaku Ujang.
Aku belajar di kelas dua sekolah dasar.
Hobiku di rumah bersepeda.
Aku juga hobi bermain kelereng bersama teman-teman.
Aku senang dengan hobi tersebut.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Tidak ada komentar:
Posting Komentar