Kamis, 16 Januari 2025

Materi Ajar: Kamis, 16 Januari 2025

 Hari / Tanggal                  :  Kamis / 16 Januari 2025

Kelas                                 :  2 C

Mata Pelajaran                 :  P5

Aktivitas 2                        :  Makananku, Budayaku

  

Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

Baik, hari ini kita akan belajar Projek P5 dengan Tema Kearifan Lokal

 

Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?

Silahkan disimak materinya ya Nak.. ^,^


Contoh Tabel Data Makanan Kesukaan :


Contoh Grafik Gambar Makanan Kesukaan :



Mata Pelajaran                 :  Bahasa Indonesia

Materi                                :  Mengenal dan Menghargai Perbedaan, Menghargai Barang Kepunyaan Orang Lain, serta Berkomunikasi dengan Baik dan Sopan.

Media                             :  Video

Capaian Pembelajaran      :

Menyimak

·         Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

 

Membaca dan Memirsa

·      Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

 

Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

 

Menulis

·         Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

 

Alur Konten Capaian Pembelajaran:

  • Melalui latihan berulang, peserta didik dapat menulis kalimat dengan menggunakan tanda baca koma;
  • Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari informasi pada pengatur grafis sederhana.

 




·         Minta para peserta didik mengerjakan soal latihan agar mereka memahami makna kosakata baru.

Kunci Jawaban

1. Minder

2. Kawanan

3. Iba


·         Ingatkan peserta didik tentang fungsi tanda titik, tanda seru, dan tanda tanya yang telah diajarkan di bab-bab sebelumnya.

·         Jelaskan bahwa tanda koma memiliki banyak fungsi, tetapi kali ini mereka hanya belajar fungsi tanda koma untuk memerinci beberapa unsur dan mendahului kata “tetapi” pada kalimat majemuk setar

Contoh: Kaki elang kokoh, kuat, dan berkuku tajam.

Itik merasa sedih, tetapi hanya diam.

·         Kemudian, minta peserta didik membaca ulang fabel Rahasia Kaki Itik dan menemukan tanda koma di dalamnya.






Sekian pertemuan kita hari ini ya Nak..

Tetap semangat belajar dan ibadahnya yaa..

Sampai bertemu di hari Senin Kiddos.. ^,^

Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik dan lancar. Sebanyak 17 peserta didik yang hadir mampu membuat kata benda yang dilengkapi dengan kata sifatnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar