Rabu, 22 Januari 2025

Materi Ajar: Rabu, 22 Januari 2025

 Hari / Tanggal                   :  Rabu / 22 Januari 2025

Kelas                                 :  2C

Mata Pelajaran                  :  Matematika

Materi                                 :  Sifat Perkalian

Media                            :  Video

CP                                       : 

Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.

 

TP                                :  

·         Memahami pengertian dari representasi bilangan dan mengembangkan kemampuan peserta didik menggunakan bilangan. Mencoba untuk menghubungkan satu bilangan dengan bilangan yang lain. Memahami pengertian perkalian dan mampu menggunakannya.

·         Mengetahui kapan perkalian digunakan. Mengetahui kapan perkalian digunakan dan memahami pengertian perkalian dengan cara mengungkapkannya ke dalam sebuah kalimat matematika perkalian kemudian membaca kalimat matematikanya.


Bismillah…

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.

·      

·         Pengertian Sifat Komutatif
Sifat komutatif secara umum berarti sifat di dalam operasi hitung yang terjadi pada dua bilangan yang memiliki bisa melakukan pertukaran letak antar-bilangan tetapi tetap menghasilkan bilangan yang sama.  Artinya, suatu operasi hitung dikatakan memiliki sifat komutatif jika letak bilangannya saling ditukarkan, akan tetap menghasilkan hasil yang sama meskipun bilangan itu merupakan bilangan positif maupun negatif. Sifat komutatif hanya bisa digunakan di dalam operasi hitung penjumlahan dan perkalian saja, sedangkan pada pengurangan dan pembagian tidak bisa.
 
·         Sifat Komutatif dalam Operasi Hitung Penjumlahan
Sifat komutatif pada operasi hitung bilangan penjumlahan ini berarti dua bilangan yang dijumlahkan hasilnya sama meskipun bilangannya berbeda dan letak antar-bilanganya ditukar.  Rumus dari sifat komutatif penjumlahan ini adalah:  a + b = b + a = c 
Keterangan:  a dan b = bilangan operasi hitung c = hasil operasi hitung penjumlahan. 
Contoh:  1 + 4 = 4 + 1 = 5.  2 + 5 = 5 + 2 = 7 3 + 6 = 6 + 3 = 9 Dari contoh-contoh di atas dapat dipahami bahwa angka-angka yang ditukar posisinya kemudian dijumlahkan menghasilkan hasil yang sama. 
 
·         Sifat Komutatif dalam Operasi Hitung Perkalian 
Sifat komutatif pada operasi hitung bilangan perkalian sama dengan pada penjumlahan, yaitu ketika bilangan dikalikan dan kemudian ditukar-tukar posisinya akan tetap menghasilkan hasil yang sama.  Rumus dari sifat komutatif perkalian ini adalah:  a x b = b x a = c 
Keterangan:  a dan b = bilangan yang dioperasikan c = hasil operasi hitung perkalian.  
Contoh:  1 x 4 = 4 x 1 = 4  2 x 5 = 5 x 2 = 10 3 x 6 = 6 x 3 = 18 Dari contoh di atas dapat dipahami bahwa ketika dua bilangan dikalikan dan ditukar posisinya, hasilnya akan tetap sama. 
 
·         Alasan Sifat Komutatif Tidak Berlaku pada Pengurangan dan Pembagian
Seperti yang dijelaskan pada pengertian sifat komutatif sebelumnya, sifat komutatif memang hanya berlaku pada operasi hitung bilangan penjumlahan dan perkalian saja. Lantas, mengapa komutatif tidak bisa diberlakukan pada operasi hitung pengurangan dan penjumlahan? Jawabannya : ketika ditukar posisinya, baik pengurangan maupun penjumlahan akan menghasilkan hasil yang tidak sama. Berbeda dengan perkalian dan penjumlahan dimana ketika dua bilangan yang dijumlahkan atau dikalikan, kemudian ditukar posisinya akan menghasilkan hasil yang sama. Artinya, dapat dirumuskan pengurangan dan pembagian dalam hukum komutatif adalah berikut ini:  a - b ≠ b - a atau a : b ≠ b : a 
Contoh: 
1.       5 - 2  ≠ 2 – 5
Karena 5 - 2 hasilnya adalah 3, sedangkan 2 - 5 hasilnya adalah -3. Dari contoh di atas dapat dilihat bahwa, ketika dua bilangan bulat dikurangkan dan posisinya ditukar akan menghasilkan hasil yang berbeda. 


2.       8 : 2  ≠  2 : 8
Karena 8 : 2 sama dengan 4, sementara 2 : 8 hasilnya adalah ¼.  Dari contoh operasi pembagian bilangan di atas dapat dilihat bahwa ketika dua bilangan bulat dibagi hasilnya tidak akan sama jika bilangannya ditukar posisinya. 
 


Mata Pelajaran                  :  Pendidikan Pancasila

Materi                                 :  

1.       Ayo berkenalan dengan orang dalam Keluargaku dan benda di Rumahku

2.       Aku suka berbagi dan tolong menolong

CP                                       : 

Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan  kepercayaan di lingkungan rumah  dan sekolah.


TP                                :  

Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.


Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.


Perhatikanlah gambar berikut! 


Apakah mereka terlihat sama? Mereka mempunyai ciri-ciri fisik. 

Apakah ciri-ciri fisik itu?

Badan, tubuh, atau raga merupakan fisik. 

Fisik dapat dilihat dan dibedakan.


Ciri-ciri fisik orang berbeda-beda. 

Ada pula yang cirinya sama. 

Kita mempunyai keluarga. 

Kita juga mempunyai tetangga. 

Perbedaan ciri-ciri fisik pasti ada. 

Ciri-ciri fisik dipengaruhi oleh asal suku. 

Contohnya suku Sunda, Aceh, Minahasa,Ternate, dan Sumba. 

Ciri-ciri fisik juga didapatkan dari keturunan. Contohnya Arab, Tionghoa, India.

 

Masing-masing anggota keluarga harus saling menghormati. 

Yang muda hormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda.

Dalam keluarga juga harus saling tolong menolong dan membantu, misalnya membersihkan rumah setiap hari minggu, mencuci piring dan pakaian,

menyiapkan makanan, dan membantu membersihkan halaman rumah.

Perhatikan gambar-gambar berikut!




Di dalam rumah terdapat benda-benda.

Seperti ada meja, kursi, Kasur, lemari, piring, gelas, dan lain-lain.

Benda-benda itu merupakan bagian dari ciptaan Tuhan melalui hasil kerja tangan manusia. 

Benda tersebut semuanya bermanfaat untuk membantu kerja manusia. 

Misalnya, kompor dan belanga, dapat ibu gunakan untuk memasak, televisi dan radio dapat digunakan oleh ayah untuk mendengarkan berita.



Alhamdulillah, materi hari ini cukup sampai di sini ya Nak..

Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.

Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…

 

Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar