Minggu, 08 September 2024

Materi Ajar: Senin, 9 Septembee 2024

Hari / Tanggal :  Senin / 9 September 2024

Kelas               :  2C

Materi              :  Mengenal Berbagai Cara untuk Menjaga Kesehatan Mata dan Berbagai Jenis   Olahraga

CP                   : 
Menyimak
1.    Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik.
2.    Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

Membaca dan Memirsa
1. Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik
2. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak.
3. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.

Berbicara dan Mempresentasikan
1. Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks.
2. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan.
3. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi.
4. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.

Menulis
1. Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital.
2. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik.
3. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.

Menirukan dan Melakukan

Olahraga itu menyenangkan dan baik bagi tubuh. Simaklah petunjuk guru untuk melakukan“Gerak Binatang”. Gerakan mana yang paling
kalian sukai?

1. Siapkan gulungan kertas kecil berisi gambar gerak binatang (contohnya ada di lampiran BukuGuru)

2. Setiap peserta didik akan bergiliran mengambil satu gulungan kertas.

3. Peserta didik yang mengambilnya itu harus memberi petunjuk tentang hewan yang dimaksudMisalnya dengan mengatakan, “Hewan ini punya leher yang panjang (jerapah).”

4. Biarkan peserta didik lain menebak hewan yang dimaksud.

5. Lalu, minta peserta didik yang mengambil gulungan kertas untuk melakukan gerak binatang sepertipada gambar agar ditiru oleh peserta didik lain.

6. Usahakan semua peserta didik bergantian memberi petunjuk.



Menulis

Tulislah tentang olahraga kesukaan kalian dalam lima kalimat.
Gunakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai bantuan.
• Apa olahraga kesukaan kalian?
• Berapa kali dalam seminggu kalian berolahraga?
• Apa yang kalian rasakan setelah berolahraga?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar