Hari/ Tanggal : Selasa, 23 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 5 dan 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku. Dalam pembelajaran ini ibu berharap kalian bisa menjelaskan variasi gerak dalam aktivitas senam lantai. Mempraktikkan variasi gerak keseimbangan dan putaran dalam aktivitas senam lantai.Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan sila kedua Pancasila. Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilainilai Pancasila sila kedua di sekolah.Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.
Beni telah mahir menulis puisi.
Sekarang, Beni akan mengikuti lomba
menggambar. Lomba menggambar layang-layang.
Lomba dilakukan dengan adil. Adil sesuai rentang
waktu yang ditetapkan.
Ayo Mengamati
Apa yang sedang dilakukan Udin?
Benar, Udin sedang bermain estafet bola. Udin
memutar badan ke samping. Udin bermain bersama temannya.
Amati gambar di atas! Buatlah pertanyaan sesuai gambar!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: .......................................................
Beni dan teman-temannya akan berolahraga.
Olahraga seperti berikut!
Ayo Mencoba
Perhatikan gambar berikut!
Lakukan bersama teman-temanmu!
Lakukan dengan bimbingan gurumu!
Badan dapat diputar ke samping kiri dan kanan.
Coba lakukan gerakan itu! Hati-hati dalam
melakukan gerakan tersebut.
Kemudian, bermainlah estafet bola. Caranya dengan gerakan memutar badan.
Perhatikan gambar berikut!
Bagaimana perasaanmu setelah bermain estafet bola?
Ceritakan pengalamanmu bermain estafet bola!
Tim Edo terdiri atas anak laki-laki. Tim Beni ada anak perempuannya.
Berikanlah kesempatan yang sama untuk anak perempuan.
Sikap di atas sesuai sila kedua Pancasila.
Ayo Berlatih
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang (_) yang sesuai sila kedua Pancasila!
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar berikut
Perhatikan gambar berikut!
Beni memberi kesempatan sama untuk anak
perempuan. Beni bersyukur dapat saling
kenal. Juga kenal dengan anak perempuan.
Ceritakanlah pengalamanmu! Pengalaman di sekolah sesuai sila kedua Pancasila!
Coba tuliskan pengalamanmu! Pengalaman di rumah sesuai sila kedua Pancasila. Tuliskan pada kolom berikut!
Ayo Membaca
Simaklah temanmu saat membacanya!
Berikan tanggapanmu. Gunakan bahasa yang sopan.
Perhatikan kata-kata berikut!
Diskusikan maknanya dengan temanmu!
Kerjakanlah latihan berikut!
Cermati kata-kata dalam kotak sebelah kiri.
Susunlah huruf pada kotak sebelah kanan.
Kamu akan menemukan maknanya
Perhatikan kolom berikut!
Temukan kata-katanya seperti di atas.
Ikuti petunjuk gurumu sebelum mengerjakan.
Beni anak yang pintar. Beni ditunjuk sekolah
mengikuti lomba. Lomba tingkat nasional.
Beni mengikuti lomba baca puisi. Beni membaca
puisi dengan tema “Alam.”
Puisinya berjudul “Kunang-Kunang.”
AYo Membaca
Bacalah puisi berikut!
Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi!
Simaklah pembacaan puisi temanmu!
Berikan pendapatmu! Tepatkah lafal, intonasi, dan ekspresinya?
Simaklah pembacaan puis
Ayo Berdiskusi
Perhatikan kata-kata berikut! Apa makna katakata tersebut?
Diskusikan dengan temanmu!
Temukan kata-kata di atas dalam kolom berikut!
Dengarkan petunjuk gurumu! Kemudian, kerjakan latihannya.
AYo Mengamati
Amati gambar berikut!
Gambar kunang-kunang yang sedang terbang.
Kunang-kunang terbang di malam hari.
Kunang-kunang tampak seperti bintang berkelap-kelip
Sudahkah kamu amati gambar di atas? Buatlah pertanyaannya!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: .......................................................
Ayo Berlatih
Perbedaan warna kulit, agama, dan bahasa
merupakan anugerah. Kamu tidak boleh membeda-bedakannya.
Inilah contoh sesuai sila ketiga Pancasila.
Amati lima jari temanmu!
Ukur panjang jari temanmu!
Catat hasil pengukuranmu! Tuliskan pada kolom yang tersedia.
Tuliskan hasilnya pada titik-titik berikut! Ubah ke dalam satuan meter (m)!
1. ... cm = ... m
2. ... cm = ... m
3. ... cm = ... m
4. ... cm = ... m
5. ... cm = ... m
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar