Hari/ Tanggal : Kamis, 18 Januari 2024
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 2 : Pengalamanku di Sekolah
Pembelajaran : 1 & 2
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Hari ini kalian akan melanjutkan pembelajarn dengan tujuan pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Mendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya dan cm, m).
Amatilah gambar berikut!
Liburan semester 1 telah berakhir.
Apa yang dilakukan Beni? Apa yang dilakukan
teman-temannya?
Pernahkah kamu melakukannya?
Beni dan teman-temannya mendapat tugas. Tugas
ini dilakukan saat liburan. Apa tugasnya? Tugasnya
menghias vas bunga.
Amatilah gambar berikut!
Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga.
Biji-bijian untuk menghias vas bunga.
Sebutkan biji-bijian yang digunakan.
Ayo Menulis
Tuliskan bahan untuk membuat hiasan vas bunga!
Kamu sudah mengetahui bahan untuk menghias vas bunga.
Sediakan bahan tersebut. Juga sediakan lem dan sarung tangan.
Pilihlah pola hiasan seperti gambar berikut!
Ayo Berlatih
Beni bekerja secara kelompok. Kelompoknya Beni
sedang membuat hiasan vas bunga.
Beni dan kelompoknya berdiskusi. Diskusi untuk
menyelesaikan tugasnya.
Dengarkan gurumu membacakan percakapan Beni!
Buatlah pertanyaan sesuai teks percakapan!
Mintalah temanmu menjawabnya!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
AYo Menulis
Jawablah pertanyaan berikut!
Jawaban berdasarkan percakapan Beni.
1. Apa yang dilakukan Beni bersama temantemannya?
Jawab: ................................................................
2. Siapa yang berniat membantu Meli?
Jawab: ................................................................
3. Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?
Jawab: ................................................................
4. Beni telah meminta tolong kepada Dayu. Apa
yang dikatakan Beni?
Jawab: ................................................................
5. Apa arti perkataan Dayu terhadap Beni?
Jawab: ................................................................
Kelompok Beni saling tolong-menolong.
Tolong-menolong ketika membuat hiasan vas
bunga. Kelompok Beni selesai mengerjakan tugas.
Kegiatan dilanjutkan mengukur panjang benda
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut!
Adakah benda-benda seperti gambar?
Ukurlah panjang benda tersebut!
Tuliskan hasilnya di samping gambar!
Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!
1. ..... cm = ..... m
2. ..... cm = ..... m
3. ..... cm = ..... m
Beni dan teman-temannya melakukan gotong-
royong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah.
Siti menyapu halaman.
Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca.
Beni membantu guru memajang kaligrafi.
AYo Mengamati
Perhatikan percakapan di atas! Kemudian,
jawablah pertanyaan berikut!
1. Apa yang akan dilakukan Beni?
Jawab: ................................................................
2. Siapa yang ingin menolong Bu Guru?
Jawab: ................................................................
3. Sebutkan alat yang digunakan untuk kerja gotong
royong!
Jawab: ................................................................
4. Tuliskan contoh ungkapan minta tolong!
Jawab: ................................................................
5. Jelaskan makna ungkapan minta tolong dari teks
di atas!
Jawab: ................................................................
Ayo Mencoba
Beni berjinjit dengan satu kaki.
Cobalah gerakan tersebut. Coba lakukan di
halaman sekolahmu.
Tuliskan cara melakukan gerakannya.
Lakukan juga gerakan seperti berikut!
AYo Berlatih
Pernahkah kamu melihat kaligrafi?
Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan.
Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa.
Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.
Perhatikan gambar berikut!
Berikan centang (_) yang menunjukkan sila pertama Pancasila!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar