Rabu, 17 Januari 2024

Materi Ajar: Rabu, 17 Januari 2024

  Hari/ Tanggal                  : Rabu17 Januari 2024

Tema 5                               : Pengalamanku

Subtema 2                        : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran                   : 1 & 2

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

Alhamdulillah kita bertemu lagi di hari Senin ya Nak…

 

Bagaimana semangatnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemari kalian telah belajar tentang Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang alam. Membaca indah puisi anak tentang alam (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang alam (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menuliskan isi puisi anak tentang alam dengan ejaan yang tepat. Menunjukkan contoh perilaku di rumah yang sesuai dengan sila ketiga Pancasila.Menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai-nilai Pancasila sila ketiga di rumah. Mengenal satuan baku untuk mengukur panjang. Memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur.

 

Hari ini kalian akan melanjutkan pembelajarn dengan tujuan pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alamiMendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya dan cm, m).

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (80 menit)

Amatilah gambar berikut!

Liburan semester 1 telah berakhir.

Beni dan teman-temannya kembali ke sekolah.

Apa yang dilakukan Beni? Apa yang dilakukan

teman-temannya?

Pernahkah kamu melakukannya?

Beni dan teman-temannya mendapat tugas. Tugas

ini dilakukan saat liburan. Apa tugasnya? Tugasnya

menghias vas bunga.

 

Amatilah gambar berikut!

Sebutkan bahan untuk membuat hiasan vas bunga.

Biji-bijian untuk menghias vas bunga.

Sebutkan biji-bijian yang digunakan.


Ayo Menulis

Tuliskan bahan untuk menghias vas bunga!



Ayo Mencoba

Kamu sudah mengetahui bahan untuk menghias vas bunga.

Sediakan bahan tersebut. Juga sediakan lem dan sarung tangan.

Pilihlah pola hiasan seperti gambar berikut!




Ayo Berlatih

Beni bekerja secara kelompok. Kelompoknya Beni

sedang membuat hiasan vas bunga.

Beni dan kelompoknya berdiskusi. Diskusi untuk

menyelesaikan tugasnya.

Dengarkan gurumu membacakan percakapan Beni!

Buatlah pertanyaan sesuai teks percakapan! 

 

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: ........................................................


Ayo Menulis

Jawablah pertanyaan berikut!

Jawaban berdasarkan percakapan Beni.

1. Apa yang dilakukan Beni bersama temantemannya?

Jawab: ................................................................

 

2. Siapa yang berniat membantu Meli?

Jawab: ................................................................

 

3. Apa yang ditanyakan Beni kepada Dayu?

Jawab: ................................................................

 

4. Beni telah meminta tolong kepada Dayu. Apa

yang dikatakan Beni?

Jawab: ................................................................

 

5. Apa arti perkataan Dayu terhadap Beni?

Jawab: ................................................................

 

Kelompok Beni saling tolong-menolong.

Tolong-menolong ketika membuat hiasan vas 

bunga. Kelompok Beni selesai mengerjakan tugas.

Kegiatan dilanjutkan mengukur panjang benda


Ayo Mengamati

Amatilah gambar berikut!

Adakah benda-benda seperti gambar?

Ukurlah panjang benda tersebut!


Tuliskan hasilnya di samping gambar! 

Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!

1. ..... cm = ..... m

2. ..... cm = ..... m

3. ..... cm = ..... m

  

Beni dan teman-temannya melakukan gotong-

royong. Gotong royong ini dilakukan di sekolah.

Siti menyapu halaman.

Dayu menyiram bunga. Edo mengelap kaca.

Beni membantu guru memajang kaligrafi.


Ayo Mengamati

Perhatikan percakapan di atas! Kemudian,

jawablah pertanyaan berikut!

1. Apa yang akan dilakukan Beni?

Jawab: ................................................................

 

2. Siapa yang ingin menolong Bu Guru?

Jawab: ................................................................

 

3. Sebutkan alat yang digunakan untuk kerja gotong

royong!

Jawab: ................................................................

 

4. Tuliskan contoh ungkapan minta tolong!

Jawab: ................................................................

 

5. Jelaskan makna ungkapan minta tolong dari teks

di atas!

Jawab: ................................................................


Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas!

 

Mintalah temanmu menjawabnya!

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: ........................................................

 

Gotong royong telah selesai dilaksanakan.

Kemudian, Beni dan teman-temannya berolahraga.


Ayo Mencoba

Beni berjinjit dengan satu kaki.

Cobalah gerakan tersebut. Coba lakukan di 

halaman sekolahmu.

Tuliskan cara melakukan gerakannya.

 

Lakukan juga gerakan seperti berikut!



Ayo Berlatih

Pernahkah kamu melihat kaligrafi?

Kaligrafi dapat mengingatkanmu kepada Tuhan.

Mengingat Tuhan dapat juga dilakukan dengan berdoa.

Berdoa merupakan perilaku yang sesuai sila pertama Pancasila.

 

Perhatikan gambar berikut!

Berikan centang (_) yang menunjukkan sila pertama Pancasila!



Kamu pasti pernah melakukan sikap yang baik.

Sikap yang sesuai sila pertama Pancasila.

Coba ceritakan pengalamanmu!



PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah pembelajaran dapat Mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alamiMendengarkan teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta tolong sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat Indonesia. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya dan cm, m).

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar