Jumat, 12 Januari 2024

Materi Ajar: Jumat, 12 Januari 2024

 Hari/ Tanggal                     : Jumat, 12 Januari 2024

Tema 5                                : Pengalamanku

Subtema 1                          : Pengalamanku di Rumah

Pembelajaran                   : 3

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Usai liburan hampir dua pekan. Bagaimana kabarnya hari ini?

Masha allah sehat semua ya sayang.

 

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran dapat Dengan mengamati teks lagu “Burung Tantina”, kalian dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Burung Tantina” dengan benar. Dengan menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar. Dengan menyanyikan lagu “Burung Tantina”, siswa dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan benar. Dengan mengamati gambar Beni bersama kakaknya, siswa dapat menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik. Dengan menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, siswa dapat mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan dengan baik. Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat. Dengan mengamati gambar, siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang diukur dengan tepat.

 

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

 

INTI (115 menit)

Hari sudah malam. Beni sedang bermain piano. 

Beni bermain di dekat kakaknya. Beni memainkan lagu “Burung Tantina”.

 

Apakah kamu mengenal lagu “ Burung Tantina?” 

Apakah kamu pernah menyanyikannya? 

Jika belum, perhatikan lagu berikut! 

Ayo, nyanyikan “Burung Tantina” bersama. 

Perhatikan tekanan kuat dan lemah. Juga panjang dan pendek bunyi lagunya.


Amati teks lagu “Burung Tantina”! 

Tentukan tekanan kuat dan lemahnya! 

Tuliskan kosakata untuk tekanan kuat dan lemahnya! 

Tuliskan kosakata untuk bunyi panjang dan pendeknya!


Beni bermain pianonya hebat. 

Beni bermain di dekat kakaknya. 

Kakak Beni sedang belajar. 

Kakak Beni merasa terganggu.

Apa kata Beni kepada kakaknya?


Pernahkah kamu melakukan kesalahan? 

Kepada siapa kamu melakukan kesalahan? 

Bagaimana cara meminta maaf? 

Coba tuliskan permintaan maafmu!

Kemudian, Beni membuat PR. 

Beni ditugaskan mengukur benda. 

Benda tersebut tidak dapat diukur dengan satu penggaris. 

Beni mengukur benda lebih panjang dari penggaris.


Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas! 

Mintalah temanmu untuk menjawabnya!

Sebutkan benda yang diukur panjangnya! 

Penggaris dapat untuk mengukur panjang benda. 

Sebutkan alat ukur panjang lainnya! Beni mengukur panjang piano. 

Beni menggunakan penggaris lebih dari satu kali. 

Beni juga dapat menggunakan meteran.

Meteran untuk mengukur benda yang panjangnya melebihi penggaris.


Perhatikan gambar berikut! 

Berikan centang () untuk benda yang diukur dengan meteran!





PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mengamati teks lagu “Burung Tantina”, kalian dapat memainkan pola irama sederhana untuk mengiringi lagu “Burung Tantina” dengan benar, menyanyikan lagu “Burung Tantina”, menunjukkan tekanan nada kuat dan nada lemah pada pola irama sederhana dengan benar dan dapat menunjukkan panjang dan pendek bunyi pada pola irama sederhana dengan benar, menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf dengan baik, menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf, dan mengenal satuan baku untuk mengukur panjang dengan tepat. 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar