Jumat, 26 Januari 2024

Materi Ajar: Jumat, 26 Januari 2024

 Hari/ Tanggal                     Jumat, 26 Januari 2024

Tema 5                                : Pengalamanku

Subtema 3                          : Pengalamanku di Tempat Bermain

Pembelajaran                   : 4

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat)Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku. Mengidentifikasikan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan gabungan level dengan pola lantai sesuai dengan iringan musik. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk latihan menggunakan level dan pola lantai yang sesuai dengan iringan musik.

 

 Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^


Beni melihat teman-temannya latihan drama.

Beni melihatnya minggu lalu. Pada drama

tersebut pemerannya membacakan puisi. Puisi

yang dibacakan seperti berikut.


Bacakan puisi tersebut ke depan kelas! Gunakan tekanan dan ekspresi yang tepat!



Ayo Berlatih

Temukan kosakata baru pada puisi di atas!

Tuliskan pada kolom berikut!


Coba kamu tulis puisi sendiri!

Belajarlah ke luar kelas. Amati lingkungan 

di sekitarmu. Buatlah puisi dengan kata-katamu

sendiri. Sesuaikan puisinya dengan lingkungan yang

kamu amati. Tuangkan pada kolom berikut.

 

Bacakan hasilnya di depan teman-temanmu!

Pohon cemara di rumah Dayu roboh. Roboh dikarenakan tertiup angin.

Pohon cemara yang roboh panjangnya 2 meter 60 cm.

Satuan meter dan sentimeter adalah satuan baku.

Satuan baku dapat digunakan untuk mengukur

panjang. Satuan meter disimbolkan dengan m.

Satuan sentimeter disimbolkan dengan cm.


Berikut ini macam-macam alat ukur. Alat

digunakan untuk mengukur dengan satuan meter.

Juga dengan satuan sentimeter.

Sebutkan kegunaan alat-alat tersebut.



Ayo Berlatih

Beni melihat temannya berlatih drama. Jarak Beni dengan teman yang berlatih 4 m. Alat untuk mengukur jarak adalah______

Lani mengukur panjang papan tulis. Setelah diukur panjangnya 300 cm. Artinya panjang papan tulis tersebut sama dengan _____ m. Alat ukur yang tepat untuk mengukur papan tulis adalah_____

Data tinggi badan teman-teman Beni.


Perhatikan data di atas! Teman Beni yang paling tinggi adalah ___________

 

Teman Beni yang bernama_____dan______ukuran

tubuhnya paling pendek.

Coba urutkanlah nama teman-teman Beni dari

yang pendek hingga yang tertinggi.

Beni dan temannya sudah belajar Matematika.

Kemudian, jam pelajaran berikutnya olahraga.


AYo Mengamati

Perhatikan gambar berikut!


Tirukan gerakan di atas. Tirukan bersama

temanmu. Jika menirukannya kompak akan

membentuk tarian.

Lakukanlah gerakan tersebut tanpa musik.

Kemudian, lakukan dengan iringan musik.


Variasikanlah gerakan tangan dan kakimu.

Tingkatkan terus gerakannya. Dari rendah,

sedang, ke tinggi. Akhirnya, kamu akan menjadi mahir.

 

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar