Senin, 06 November 2023

Materi Ajar: Senin, 6 November 2023

 Hari/ Tanggal                     Senin, 06 November 2023

Tema 4                                Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 2                          Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah

Pembelajaran                   : 1 dan 2                        

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema kedua di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 4 mengenai Hidup Bersih dan Sehat.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan bisa menemukan dan menjelaskan arti kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan, mengidentifikasi arah gerak kepala, tangan kaki dengan benar, juga kalian dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

 

 

Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah. 

Kita juga harus hidup bersih dan sehat di sekolah. 

Kebersihan sekolah menjadi tanggung jawab semua warga sekolah. 

Dayu dan teman-teman menyadari hal itu.

Apa yang dilakukan Dayu dan teman-teman? 

Apakah kamu setuju dengan kegiatan mereka? 

Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti mereka? 

Bagaimana perasaanmu setelah melakukan kegiatan itu?

 

 

Dayu dan teman-teman sedang bermusyawarah. 

Mereka membahas persiapan lomba kebersihan antarkelas.

 

Ayo Mengamati

Dengarkan temanmu membaca teks di bawah ini!

Jawablah pertanyaan berikut sesuai hasil musyawarah Dayu dan teman-teman!

1. Kegiatan apa yang akan diikuti Dayu dan temanteman?

2. Apa hasil musyawarah Dayu dan teman-teman?

3. Bagaimana pendapatmu terhadap hasil musyawarah mereka?

4. Apa saja peralatan yang perlu mereka siapkan?

5. Menurutmu, apa manfaat kegiatan yang akan mereka lakukan?

 

 

Ayo Berdiskusi

Temukanlah makna kata-kata berikut dengan benar!



Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang sesuai!




Ayo Mengamati

Kelas Dayu adalah kelas yang bersih. 

Sudah tahukah kamu ciri-ciri kelas yang bersih? 

 

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!


Bagaimana suasana kelas yang kamu amati? 

Apakah kamu mengerti isi gambar?

 

Ayo Menulis

Tuliskanlah hasil pengamatanmu terhadap gambar pada kolom berikut!

Coba bacakan laporan yang telah kamu tulis dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

 

Ayo Mengamati

Dayu dan teman-teman telah bergotong-royong. 

Ada yang menyapu lantai. 

Ada yang membersihkan kaca. 

Ada juga yang menata kelas. 

Gerakan menyapu lantai dapat dibuat dalam bentuk tari. 

 

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!

Ayo Mencoba

Dengarkan petunjuk gurumu terlebih dahulu! 

Tirukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari seperti pada gambar berikut!


Dapatkah kamu meniru gerakan tari di atas? 

Lakukan tanpa iringan musik terlebih dahulu! 

Jika sudah bisa, lakukan dengan iringan musik!

 

Alat musik yang dapat digunakan misalnya gendang, rebana, tamborin, atau tifa.

Jika alat musik di atas tidak ada, gunakan bendabenda di sekitar kelasmu sebagai alat musik. 

Misalnya saja botol plastik bekas.


Ayo Mengamati

Perhatikan kembali gambar gendang dan tifa di atas! 

Dinding gendang membentuk pola segitiga. 

Dinding tifa membentuk pola segi empat dan segitiga.


Masih ingatkah dengan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?

 

 

Ayo Berlatih

Masih ingatkah dengan sisi, sudut, dan titik sudut pada bangun datar?


Untuk meningkatkan pemahamanmu, kelompokkan bangun datar berikut! 

Kelompokkan sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!


Apa isi teks di atas?


Ayo Mengamati

Amatilah gambar di bawah ini dengan teliti!


Apa yang dapat kamu ceritakan pada gambar tersebut? 

Apakah kamu mengerti dengan isi gambar?

 

Tuliskan hasil pengamatanmu terhadap gambar dalam bentuk laporan sederhana!

Coba bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!

  

Dayu dan teman-teman bergotong-royong. 

Bergotong-royong mencerminkan sikap hidup dalam kebersamaan. 

Kebersamaan merupakan wujud dari persatuan. 

Sikap Dayu dan teman-teman pantas ditiru. 

Mereka juga menunjukkan sikap kebersamaan dalam kegiatan lain. 

 

Amatilah gambar di bawah dengan teliti!


Pernahkah kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan teman-teman?

 

Tuliskanlah sikap-sikap yang harus dimiliki agar tercipta persatuan di sekolah!

Coba ceritakan hasil kerjamu dengan jelas! 

Biasakan sikap-sikap tersebut dalam kehidupanmu sehari-hari!

Dayu dan teman-teman melakukan kegiatan bersama dalam berolahraga. 

Mereka melatih keseimbangan posisi telentang, miring, dan telungkup. 

 

Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!


Cara melakukan: 

1. Mula-mula telentang dengan posisi badan lurus. 

2. Kepala dan pinggang ditekuk ke depan. 

3. Tahan beberapa saat semampunya.


Cara melakukan: 

1. Mula-mula berbaring miring dengan kedua kaki lurus (gambar A). 

2. Salah satu kaki diangkat (gambar B). 

3. Tahan beberapa saat semampunya. 

4. Salah satu kaki ditekuk ke belakang (gambar C). 

5. Tahan beberapa saat semampunya.

 


Cara melakukan: 

1. Mula-mula telungkup dengan kedua kaki lurus dan kepala menghadap ke bawah (gambar A). 

2. Salah satu kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar B). 

3. Kedua kaki diangkat dan ditahan beberapa saat semampunya (gambar C).

 

Lakukanlah gerakan keseimbangan pada posisi telentang, miring, dan telungkup!

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar