Senin, 13 November 2023

Materi Ajar: Senin, 13 November 2023

 Hari/ Tanggal                     Senin, 13 November 2023

Tema 4                                Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 3                          Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain

Pembelajaran                   : 1 dan 2                        

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema kedua di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 4 mengenai Hidup Bersih dan Sehat.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan dapat dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisandapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benardapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepatdapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar, mengidentifikasi alat dan bahan menggambar dengan benar serta langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benar dan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

 

 

Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah dan di sekolah.

Kita juga harus hidup bersih dan sehat di semua tempat.

Salah satunya di tempat bermain.


Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman?

Menurutmu, mengapa mereka perlu melakukan kegiatan itu?

Apakah kamu setuju dengan kegiatan yang mereka lakukan?

 

Dayu dan teman-teman mendapat tugas sekolah.

Mereka ditugaskan menggambar lingkungan dan benda-benda di sekitar.

Dayu dan teman-teman sepakat mengerjakan bersama.

Mereka menggambar di taman sekitar kompleks.

Taman tidak jauh dari rumah Dayu.


Sudah selesai diamati dan dibaca isi teks percakapanya sayang..

Okay kalau sudah silahkan kalian berlatih dengan menjawab soal di bawah ini ya!

 

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks

percakapan sebelumnya!

1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?

2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan teman-teman?

3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan Dayu dan teman-teman?

4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman terus terjaga?

5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang dibersihkan?

 

Jika sudah selesai ayo kita berdiskusi...


Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

                           Tempat Bermain yang Bersih

 

Segar dansejuk Banyak cabang, ranting, dan daun Bagus dipandang 

Tempat bermain merupakan salah satu tempat yang kita butuhkan. 

Di sana kita bisa bermain dengan teman-teman. 

Tempat bermain juga bisa dijadikan tempat belajar dan rekreasi.

Oleh sebab itu, kebersihannya harus kita jaga dengan baik.

 

Tempat bermain yang bersih bebas dari sampah. 

Jika tempat bermain bersih, pengunjung akan sehat. 

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. 

Oleh sebab itu, jika ingin sehat, kita harus menciptakan lingkungan yang bersih.

 

Oke.. buguru mau bertanya, Informasi apa yang kamu peroleh dari  isi teks di atas?


Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?

 

Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?

Tuliskan hasil pengamatanmu tentang ciri-ciri tempat bermain yang bersih!

Sekarang kita lanjutnya pembelajaran kita yaitu “Berkreasi”

Dayu dan teman-teman mulai menggambar.

Mereka membuat karya dua dimensi.

Contoh karya dua dimensi adalah gambar atau lukisan.

Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk

membuat gambar atau lukisan?

Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!



Bagaimana cara menggunakan alat dan bahan di atas?

Apa saja langkah-langkah dalam membuat gambar?


Coba buat gambar benda-benda yang ada di sekitarmu!

Boleh juga menggambar lingkungan yang ada di sekitarmu.

 

Perhatikan contoh gambar Dayu di bawah!


Perhatikan kembali gambar Dayu.

Dayu menggambar jenjang dari kubus yang tersusun.

Kubus merupakan contoh bangun ruang.

 

Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!

Kubus mempunyai 12 ruas garis, yaitu ruas garis AB,BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG, dan DH.

Tahukah kamu ruas-ruas garis pada bangun ruang yang lain?




Jika sudah selesai membaca, ibu guru ingin bertanya...

Informasi apa yang kamu peroleh dari isi teks di atas..?

 

Sekarang amati kembali..... 


Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?

Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang bersih?


Bermain sepak bola ada caranya.

Sebelum bermain harus melakukan pemanasan.

Salah satu bentuk pemanasan adalah dengan melenturkan tubuh.

Melenturkan tubuh berguna untuk menghindari cidera saat bermain.

entu kamu masih ingat bagaimana cara melenturkan tubuh.

Gerakan melenturkan tubuh dapat dilakukan dalam bentuk permainan.

Misalnya saja mengoper bola dari depan ke belakang.

Cara melakukannya:

1. Bagilah temanmu menjadi beberapa kelompok!

2. Semua anggota kelompok baris berbanjar.

3. Berdiri tegak dengan kaki dibuka selebar bahu.

4. Anggota terdepan memegang bola dengan kedua tangan.

5. Operkan bola lewat atas kepala dari depan sampai ke belakang.

6. Lakukan perlombaan dengan kelompok lain.

7. Kelompok yang paling cepat mengoper bola sampai ke belakang adalah pemenangnya.



Coba lakukan permainan mengoper bola dari

depan ke belakang dalam  kelompokmu!

Bagaimana perasaanmu setelah bermain?

Tahukah kamu apa kegunaan permainan yang kamu lakukan?


Permainan mengoper bola dari depan ke belakangmembutuhkan kerja sama yang baik.

Sikap kerja sama yang baik pantas untuk ditiru.

Kerja sama merupakan perwujudan sikap persatuan.

Tahukah kamu olahraga lain yang membutuhkan kerja sama?

Coba diskusikan dengan temanmu!

Sikap apa yang harus dimiliki agar terwujud

persatuan ketika bermain dengan teman?

Diskusikan dengan temanmu!

Adakah pengalamanmu bermain bersama teman?

Adakah sikap persatuan yang kamu rasakan?

 

Coba ceritakan pengalamanmu di depan temanmu!

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar