Hari/ Tanggal : Selasa, 07 November 2023
Tema 1 : Hidup Bersih dan Sehat
Subtema 2 : Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 3. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan sehat dengan bahasa lisan, melakukan pengamatan sederhana dan melaporkannya tentang lingkungan tidak sehat menggunakan berpedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar, dapat melakukan gerak bagian tangan dengan level dan hitungan/iringan (misalnya melambai satu tangan, dua tangan, mencangkul, memetik, memukul, dan lain sebagainya) dengan benar, serta dapat menentukan dan mengelompokkan bangun datar berdasarkan banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.
Dayu dan teman-teman belajar tentang ruang kelas yang tidak bersih.
Ayo Mengamati
Dengarkan temanmu membaca teks percakapan guru, Dayu, dan teman-teman berikut!
Jawablah pertanyaan berikut dari teks percakapan!
1. Apa isi percakapan guru, Dayu, dan temanteman?
2. Bagaimana ciri-ciri kelas yang tidak bersih?
3. Bagaimana pendapatmu tentang isi percakapan guru, Dayu, dan teman-teman?
4. Apa yang harus kamu lakukan jika melihat kelas kotor?
5. Bagaimana sikapmu jika melihat teman membuang sampah di ruang kelas?
Ayo Berdiskusi
Isilah teka-teki silang berikut dengan benar!
Mendatar : 1. Binatang amat kecil yang menyebabkan penyakit.
Menurun : 1. Tidak mengandung air.
2. Mengandung air.
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas?
Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan teliti!
Apa isi gambar yang kamu amati?
Apa yang kamu lakukan jika melihat kelasmu seperti pada gambar?
Tuliskan tentang kelas yang tidak bersih berdasarkan pengamatanmu!
Bacakan laporanmu dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Kelas yang tidak bersih harus dibersihkan.
Kelas harus disapu agar tidak ada debu yang menempel.
Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan tari.
Masih ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari?
Amati kembali gambar di bawah dengan teliti!
Ayo Mencoba
Sebelumnya kamu sudah melakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari diiringi alat musik.
Sekarang, lakukan gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari dengan hitungan.
Misalnya saja 2 x delapan selang-seling dengan arah yang berbeda.
Jika sudah bisa, iringi kembali dengan alat musik.
Misalnya saja gendang, rebana, tamborin, atau tifa.
Jika alat musik di atas tidak ada, dapat digunakan benda-benda di sekitar kelasmu.
Misalnya saja botol plastik bekas.
Amati gambar berikut dengan teliti!
Ayo Mengamati
Coba amati kembali gambar alat musik tifa.
Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun datar.
Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar.
Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain?
Amati gambar di bawah dengan teliti!
Berapa banyak sisi, sudut, dan titik sudut bangun datar di atas?
Ayo Berdiskusi
Tentukanlah bangun datar yang sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!
Ayo Berlatih
Untuk meningkatkan pemahamanmu, coba kelompokkan bangun-bangun datar berikut!
Kelompokkan sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudutnya!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar