Senin, 23 Oktober 2023

Materi Ajar: Senin, 23 Oktober 2023

 Hari/ Tanggal                   :  Senin, 23 Oktober 2023

Tema 3                               Tugasku Sehari-hari

Subtema 4                         Tugasku dalam Kehidupan Sosial

Pembelajaran                   : 1 dan 2

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, Minggu lalu anak-anak telah menyelesaikan Penilaian Tengah Semester Ganjil ya Nak…

Dan hari ini, kita akan melanjutkan pembelajaran di Tema 3 Subtema ke-4.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?

Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 1 dan 2. Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa mampu mengamati gambar dan memahami isi teks berkaitan kehidupan socialmampu menemukan kosa kata berkaitan kehidupan socialmampu menghitung nilai sekelompok pecahan uangmampu menaksir harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara, dan memahami dan membuat prakarya dari bahan alam.

 

 

Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamatigambar di bawah ini!


Siswa kelas 2 rajin belajar.

Mereka sering belajar kelompok.

Ibu guru membimbing siswa dalam kerja kelompok.

Semua siswa menghormati guru. Semua guru menyayangi siswa.

Selama kerja kelompok, antarsiswa saling bekerja 

sama.Menghormati guru dan menyayangi teman adalah 

tugas siswa.

 

Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar sedang siswa dan siswi sedang belajar dalam kerja kelompok dan guru membimbingnya.

Oke nak sekarang, silahkan anak-anak mengamati dan menyimak cerita bermain peran bawah ini!



Bacalah teks drama berikut dengan saksama!

Si Ulat & Si Semut

Oleh: Agung Hastomo

 

(Suatu ketika, Si Ulat menemukan buah apel manis

di ranting pohon yang tidak begitu tinggi)

 

Si Ulat   : Waaah…apel! hmm nyam-nyam pasti rasanya manis, coba aaahh … Si Ulat bersiap menyantap apel itu…)

Si Semut : Hei… Ulat! Apa kamu tidak melihat, ada aku di sini? Apel ini milikku, aku yang lebih dulu    menemukannya. Jadi, aku yang berhak memilikinya! Pergi kamu dari sini! Sebelum kupanggilkan teman-temanku untuk mengusirmu!

Si Ulat : Hei… Semut! Jangan begitu dong! Apel ini kan besar dan bulat, jadi cukup untuk kita makan berdua.

Si Semut :  Tidak bisa! Apel ini milikku! Aku yang pertama kali menemukannya. Jangan coba-coba kamu

memakannya! Pergi sana! Cari apel yang lain!

Si Ulat  :  Apa kamu bilang? Sini kalau berani!

Si Semut :  Siapa takut!

Si Ulat  :  Rasakan gatalnya bulu-buluku  nanti. (Si Semut dan Si Ulat yang hendak berkelahi saling gigit, tiba-tiba mereka kaget.)

Si Anak  :  Wah … ada apel besar, lumayan siang-siang begini. (Si Semut dan Si Ulat berhenti berkelahi, mereka

saling memandang.)

Si Semut :  Ada juga yang mau makan apel ini.

Si Ulat  :  Bagaimana kalau dia yang makan, kita tidak dapat apa-apa, dong!

Si Semut dan Si Ulat  :  (diam … berpikir). 

Si Semut : Aku ada ide! Kita takut-takuti saja dia. Bagaimana? 

Si Ulat  : Baiklah, aku setuju ide itu! (Begitu Si Anak hendak memakan apel itu, Si Semut dan Si Ulat segera beraksi. Semut berdiri di atas kepala Si Ulat, menjadi hewan baru yang mengerikan.)

Si Anak  :  Toloong... ada hewan aneh! Toloong! (lari terbirit-birit)

Si Semut dan Si Ulat :  Ha ... ha ... . Ini gunanya berteman!  Yuk, kita makan apel ini bersamasama.

 

Bacalah percakapan di atas dengan beberapa temanmu. Bagilah tugas untuk berperan sebagai Si Anak, Si Ulat, dan Si Semut serta seorang siswa sebagai narator!

Berdasarkan cerita drama di atas, jawablah pertanyaan berikut!

1.  Mengapa Si Ulat dan Si Semut bertengkar?

2.  Mengapa akhirnya Si Ulat dan Si Semut bekerja sama?

3.  Apakah akibat dari bersikap sombong kepada  teman?

4.  Apakah akibat sikap serakah kepada teman?

5.  Dapatkah kamu hidup sendiri tanpa bantuan  teman?

  

Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu bekerja sama. 

Kita tidak dapat hidup sendiri.

Semua orang membutuhkan orang lain. 

Manusia adalah makhluk sosial.

Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok. 

Setiap kelompok harus bekerja sama.

Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami.

Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan bahan. 

Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.

 


Okay apakah ada yang ingin bertanya setelah kalian melakukan pengamatan dan membaca isi teks?

Baik selanjutnya ibu yang ingin bertanya...

Apasaja yang dibeli siti dan teman-temanya, pinter.. berapakah harga dari kacang tanah..?

mashaAllah anak-anak ibu guru pinter. 



Selain membeli biji-bijian, Siti dan kelompoknya membeli alat dan bahan lainnya.

Berikut bahan-bahan lainnya!




Apakah sudah selesai nak...

Godjob masha allah pinter!

 

Okey sekarang kita akan belajar membuat kreasi , kita akan membuat dan menghias bingkai foto dari biji-bijian.

Silahkan kalian siapkan bahan-bahan dan alat yang diperlukan. 





Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamatigambar di bawah ini!



Hari ini, semua anak bergembira.

Mereka diajak pak guru bermain bola.

Pak guru membagi siswa menjadi dua kelompok. 

Kelompok putra dan kelompok putri.

Setiap kelompok memiliki jumlah anggota sama. 

Masing-masing kelompok berlomba bermain

menendang, menangkap, dan melempar bola.

Mereka harus bekerja sama dalam kelompoknya.

Kelompok yang paling cepat adalah pemenangnya.

Sebelum bermain, semua siswa melakukan

pemanasan. Gerakan pemanasan dilakukan dari

kepala sampai kaki.

 

Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar siswa dan siswi berolahraga melakukan gearakan menendang dan menangkap bola. 

 

Oke nak sekarang, kalian belajar mengenai kata sinonim atau persamaan kata

Kata sinonim yaitu suatu kata yang memiliki arti atau makna yang sama tetapi huruf dan kata yang berbeda. Contohnya seperti  Bertemu = Berjumpa Hewan = Binatang Bohong = Dusta Senang = Bahagia dan Pintar = Pandai.

Paham nak....

 

Oke sekarang kalian berlatih mengerjakan soal di bawah!


Suatu permainan atau game dapat dikatakan menang jika dia memenuhi peraturan dari suatu permainan tersebut. Contohnya seperti permainan bola sepak. Peraturan mainnya yaitu siapa yang bisa memasukan bola ke dalam gawang lawan sebanyak-banyaknya itulah pemenangnya. Dan kebalikanya jika dia tidak bisa memasukan bola maka di katakan dia kalah. Sebelum melakukan permainan maka akan dibentuk grup atau kelompok permainan terlebih dahalu. Oke sekarang ibu minta kalian mengelompokkan teman-teman yang putra dan putri jadi beberapa kelompok.



 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar