Hari/ Tanggal : Rabu, 25 Oktober 2023
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari
Subtema 4 : Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita masuk ke tema ketiga di semester ganjil ya Nak… Yaitu Tema 3 mengenai Tugasku Sehari-hari.
Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?
Baik, kita akan mempelajari pembelajaran 4 Dimana, pada pembelajaran hari ini bertujuan siswa mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah. siswa menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah. mengelompokkan perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya, menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang dan mengurutkan harga barang.
Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamatigambar di bawah ini!
Upacara berlangsung khidmat.
Upacara diikuti seluruh siswa dan guru.
Pembina upacara memberi pengarahan.
Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar.
Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa.
Kemudian ada petugas yang membacakan naskah
Sumpah Pemuda.
Silahkan anak-anak semuanya membaca teks Sumpah Pemuda dengan percaya diri!
Apakah sudah selesai nak...
Sekarang kalian berlatih menemukan makna kosakata yang maknanya sama.
Pilihlah kata berikut yang memiliki arti sama!
Berilah tanda centang ( ) pada jawaban yang tepat!
Apakah sudah selesai nak...
Mashaallah pinter...
Baik sekarang perhatikan isi teks bacaan di bawah...
Mengenal Perbedaan Suku
Indonesia dikenal kaya akan berbagai suku bangsa.
Ada suku Jawa, Sunda, Batak, Dayak, dan Bali.
Suku Jawa berasal dari Jawa.
Suku Sunda berasal dari Jawa Barat.
Suku Batak berasal dari Sumatra Utara.
Suku Dayak berasal dari Kalimantan.
Suku Bali berasal dari Bali.
Masih banyak suku-suku lain yang terdapat di Indonesia.
Siti berasal dari Jawa.
Beni berasal dari Sumatra Utara.
Dayu berasal dari Bali.
Leni berasal dari Kalimantan.
Edo berasal dari Papua.
Apakah sudah selesai... jika sudah sekarang kita akan melakukan pengamatan.
Silahkan kalian mengamati dan menanyakan suku teman-teman di kelas,
tulis dibuku tematik dan membuat tabel seperti gambar di bawah!
Setelah upacara selesai kegiatan dilanjutkan pemberian sumbangan.
Selain barang, ternyata ada yang memberikan uang. Uang tersebut dalam
berbagai pecahan. Silahkan kalian isi tabel di bawah dengan menyebutkan
uang pecahan yang setara dengan harga barang.
Tuliskan beberapa pecahan uang yang jika
digabungkan akan memiliki jumlah yang sama
dengan uang berikut!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Kesimpulan Tema 3 Subtema 4 PB 3
Bismillaahirrahmanirrahiim...
Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Selamat siang anak-anak sholeh/ah...
Apakah semua sudah sampai di rumah?
Sudah beristirahat?
In syaa Allah, anak-anak Ibu Guru udah sampai di rumah dengan selamat ya Nak. ^,^
Alhamdulillah, hari ini kita sudah belajar di sekolah dengan berbahagia ya Nak..
Apa yang anak-anak dapat dari materi yang telah kita bahas hari ini?
Iya... Tadi kalian di sekolah telah kembali mempelajari mengenai :
* Menemukan makna kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
* Mengelompokkan individu berdasarkan jenis kelamin.
* mmenentukan pecahan uang sesuai harga barang, menaksir harga barang.
Naahhh.. materi yang telah kita bahas hari ini, Ibu Guru harap kalian bisa mengulasnya kembali di rumah ya Nak... ^,^
Terimakasih, karna hari ini kalian telah belajar dengan hati yang bahagia ^,^
Ibu guru akhiri, Wassalamu'alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar