Senin, 27 Maret 2023

Materi Ajar: Senin, 27 Maret 2023

 Hari/ Tanggal                    :  Senin, 27 Maret 2023

Tema 7                               :  Kebersamaan 

Subtema 3                     :  Kebersamaan di Tempat Bermain

Pembelajaran                   :  1 dan 2

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 1 Tema 7 Subtema 3 Kebersamaan di Tempat Bermain akan mempelajari tentang membaca dongeng, mengaitkan isi dongeng dengan hidup rukun, menyatakan pecahan seperempat, setengah dan sepertiga, menyajikan pecahan seperempat, setengah dan sepertiga, mengidentifikasi ciri-ciri gambar imajinatif, mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif, mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan gambar imajinatif. mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif, dan mampu menggambar imajinatif, mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan jenis kelamin, menyajikan data teman berdasarkan karakteristik teman sekolah yang memiliki jenis kelamin berbeda, memahami kata sapaan yang terdapat pada dongeng, dan menuliskan kata sapaan yang terdapat pada dongeng. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

Ayo Mengamati

Bermain di Taman


Hari ini hari Minggu. Siti dan teman-temannya bermain di taman.

Mereka bermain Kucing dan Tikus.

Bermain di taman membuat badan menjadi segar.

Setelah bermain Kucing dan Tikus, Siti penasaran tentang kisah Kucing dan Tikus yang bermusuhan.

Siti kembali ke kelas menemui Ibu Guru untuk mencari informasi tentang kisah Kucing dan Tikus.

 

Ayo Berlatih

Ayo, mencari informasi tentang persahabatan kucing dan tikus!

 

Ayo Membaca

Ayo, baca kisah Kucing dan Tikus berikut ini di depan kelas secara bergantian! Siswa yang lain menyimak.

 

Kisah Kucing dan Tikus

Dahulu kala Kucing dan Tikus bersahabat. Kemana saja Kucing pergi, Tikus selalu ikut. Pada suatu hari, Tikus berkata kepada Kucing.

Tikus

:

“Hai, Kucing!”

Kucing

:

“Ada apa?”

Tikus

:

“Mari kita makan ikan asin.”

Kucing

:

“Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?

Tikus

:

“Itu di sana, digantung di rumah Pak Tani. Ikan asinnya amat banyak, kita akan puas memakannya.”

Rupanya Kucing tertarik pada usul Tikus. Ketika malam tiba, Tikus dan Kucing berangkat ke rumah Pak Tani. Mereka bersepakat, Tikus akan memanjat ke atas, sedangkan Kucing menunggu di bawah. Sebelum memanjat ke atas, Tikus berpesan.

 

Tikus

:

“Kalau ada ikan asin yang jatuh ke sini, cepatlah kamu melompat dan menerkam. 

Jangan sampai ikan asin itu terpental keluar kamar ini. Nanti kita ketahuan!”

 

Akhirnya Tikus memanjat ke atas tempat ikan asin digantung. Setelah ia menemukan ikan asin yang bagus dan besar, ia lupa janjinya kepada Kucing yang kelaparan menunggu dengan siaga sambil menengadahkan kepalanya ke atas.

 

Kucing

:

“Kok, lama benar Tikus di atas? Tikus sudah mendapatkan ikan asin apa belum, ya? Perutku sudah lapar sekali!”

 

Tikus pun mendapatkan lagi ikan asin yang paling besar dan bagus. Tikus mulai menggerek tali pengikat ikan asin itu. Belum selesai tali pengikat ikan asin itu digerek, karena kekenyangan, tegang, dan takut ketahuan oleh penghuni rumah, tiba-tiba Tikus salah injak dan terjatuh. Sebelum sampai ke bawah, Tikus berkata.

 

Tikus

:

Jangan kau makan saya. Saya adalah Tikus kawanmu, jangan makan saya!”

Kucing

:

“Ikan asin …..sin…..siin…..!”

Tikus

:

“Aduh, saya bukan ikan asin! Saya kawanmu! Saya belum sempat menjatuhkan ikan asin itu, lalu saya terjatuh. Kuciiiiing, saya bukan ikan asin!"

Kucing

:

“Ikan asin ……me…..me…..ong!”

 

Kucing tetap tidak menghiraukan Tikus dan merasa ditipu olehnya. Di sinilah asal mulanya Kucing dan Tikus tidak akur. Tikus merasa sakit hati pada Kucing yang memakannya. Kucing pun tidak percaya lagi pada Tikus, sebab Tikus telah memakan ikan asin sendiri. Sejak saat itu pertama kalinya Kucing memakan Tikus, sebab Kucing selalu beranggapan bahwa Tikus adalah ikan asin. 

 

Simak Video Kisah Kucing dan Tikus berikut ini.

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah sesuai dengan kisah Kucing dan Tikus!

1. Apa yang dicari Kucing dan Tikus untuk dimakan?

Jawab: Ikan asin

2. Di mana Kucing dan Tikus mencari makan?

Jawab: Di rumah Pak Tani

3. Siapa yang bersikap curang ketika menemukan makanan?

Jawab: Tikus

4. Mengapa sampai hati Kucing memakan Tikus?

Jawab: Karena Tikus serakah terhadap Kucing

5. Kucing dan Tikus sepakat,

Jawab: Tikus : Tikus mengambil ikan asin di atas

Kucing : kucing menangkap di bawah

 

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyan-pertanyaan di bawah ini!



Ayo Berlatih

Coba cocokkan dengan pecahan banyaknya roti yang dimakan tikus atau kucing!


Menggambar Imajinasi

Hari ini Siti bermain di halaman sekolah.

Siti melihat ada beberapa temannya bermain bola.

Siti ingin menggambar suasana di halaman sekolah.

Ada tiga siswa bermain bola di halaman.

Siti membuat sketsa gambarannya.



Kemudian, Siti mewarnai gambarnya.


Ayo Berkreasi

Coba kamu lihat suasana di halaman sekolahmu ketika jam istirahat! Amati teman-temanmu yang bermain di sana! Buatlah sketsa gambar suasana bermain di halaman sekolah! Kemudian, warnai gambarmu!

 

Langkah-langkah menggambar

1. Siapkan alat dan bahan. (kertas gambar, pensil, krayon , dan penghapus)

2. Lakukan pengamatan atau observasi.

3. Buatlah sketsa gambar.

4. Berilah warna.

Ayo Berdiskusi

Diskusikan tentang ciri-ciri gambar imajinasi dan langkah-langkah membuat gambar imajinasi! Sampaikan hasil diskusi di depan temantemanmu.

Salah satu ciri gambar imajinasi adalah dibuat berdasarkan pengamatan atau observasi si pelukis.

 

Langkah-langkah menggambar imajinasi antara lain :

1.       Siapkan alat dan bahan

2.       Lakukan pengamatan atau observasi

3.       Buatlah sketsa 

4.       Berilah warna

Bermain di Kolam Renang

Siti dan teman-temannya bermain di kolam renang.

Mereka bermain berkelompok.

 

Laki-laki membentuk kelompok.

Perempuan membentuk kelompok.

Beberapa siswa berbeda suku, bahasa, dan agama.

Semua kompak dan saling bekerja sama.

Siti dan teman-temannya membagi kelompok dengan adil.

Laki-laki dengan laki-laki, perempuan dengan perempuan.

Setiap siswa mencari kawan main yang memiliki tinggi badan sama.

 

Ayo Berlatih

Ayo, kelompokkan teman-temanmu berdasarkan tinggi badannya! 

Tinggi Badan

Nama Siswa

100-110

111-120

121-130

131-140

141-150


Ayo Mencoba

Ayo, bentuklah kelompok di kelasmu berdasarkan tinggi badan yang sama! (

 

Ayo Berdiskusi

Bagaimana sikapmu terhadap teman yang memiliki tinggi badan berbeda?

 

Tuliskan kesimpulanmu!

Kita harus saling menghormati dan menghargai terhadap teman yang memiliki tinggi badan yang berbeda.

 

Ayo Berlatih

Pilihlah jawaban yang benar dengan memberi tanda silang (x)!

1.

Sikap terhadap teman yang badannya pendek adalah …

a.

saling mengejek

b.

saling menghormati (X)

c.

saling menghina

2.

Dengan kebersamaan kita akan …

a.

damai (X)

b.

menderita

c.

sengsara

3.

Dengan kebersamaan di sekolah, semua siswa menjadi …

a.

bermalas-malasan

b.

semangat belajar (X)

c.

tidak nyaman

4.

Kebersamaan dapat diciptakan dengan …

a.

saling menyayangi X)

b.

saling memusuhi

c.

saling adu domba

5.

Contoh sikap kebersamaan yaitu …

a.

bermain bersama (X)

b.

mencuri bersama

c.

berkelahi bersama

6.

Kebersamaan menyebabkan …

a.

persatuan (X)

b.

perpecahan

c.

peperangan

7.

Bersatu kita teguh bercerai kita …

a.

rukun

b.

kukuh

c.

runtuh (X)

 

Seusai bermain, Siti dan teman-temannya membicarakan tentang kisah Kucing dan Tikus. Mereka saling melengkapi cerita.

 

Ayo Berlatih

Sebelumnya kamu telah membaca kisah Kucing dan Tikus.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut berdasarkan kisah Kucing dan Tikus!

1. Kata sapaan yang digunakan Kucing ketika menyapa Tikus adalah ....

Jawab: Tikus

2. Kata sapaan yang digunakan Tikus ketika menyapa Kucing adalah ....

Jawab: Kucing

3. Kata sapaan lain yang terdapat pada cerita adalah …

Jawab: kau

4. Tuliskan kalimat yang diucapkan Tikus kepada Kucing!

Jawab: Tikus: “Mari kita makan ikan asin.”

5. Tuliskan kalimat yang diucapkan Kucing kepada Tikus!

Jawab: Kucing: “Di mana kita bisa mendapatkan ikan asin?”

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar