Hari/ Tanggal : Rabu, 8 Maret 2023
Tema 7 : Kebersamaan
Subtema 2 : Kebersamaan di Sekolah
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 4 Tema 7 Subtema 2 Kebersamaan di Sekolah akan mempelajari tentang menemukan kata sapaan, menjelaskan penggunaan kata sapaan, menuliskan kata sapaan, menirukan kata sapaan, mengoreksi kata sapaan, membacakan kata sapaan, menggunakan kata sapaan dalam kalimat, mengelompokkan karakteristik teman sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya, membuat daftar kelompok yang heterogen berdasarkan suku/asal daerahnya, menyatakan pecahan stengah, sepertiga, seperempat, dan seperlima sebagai bagian dari keseluruhan. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Belajar Kelompok
Hari ini, Ibu Guru membentuk siswa dalam kelompok.
Mereka menirukan dialog dalam dongeng persahabatan Elang dan Ayam Jantan.
Setiap kelompok mempraktikkan dialog.
Beni berperan sebagai Elang.
Siti berperan sebagai Ayam Betina.
Edo berperan sebagai Ayam Jantan.
Setiap kelompok bekerja sama mempraktikkan dialog dongeng.
Semua saling membantu teman.
Ayo Bermain Peran
Lakukan dialog Elang, Ayam Jantan, dan Ayam Betina bergantian di depan kelas!
Persahabatan Elang dan Ayam Jantan
Dialog 1
Elang | : | “Keluarlah sahabatku, penjahat itu sudah pergi.” |
Ayam jantan | : | “Terima kasih Elang, engkau telah menyelamatkanku .” |
Elang | : | “Kenapa sahabatku, tampaknya engkau sedih sekali, engkau sakit?" |
Ayam jantan | : | “Tidak, aku sehat. Aku mau bertanya padamu, sahabat.” |
Elang | : | “Apa kawan, tanyalah.” |
Ayam jantan | : | “Kenapa engkau dapat terbang tinggi, aku melompat pun tidak dapat. Bukankah kita sama-sama burung?” |
Elang | : | “Dulu aku juga tidak dapat terbang. Setelah aku menjahit kedua sayapku dengan jarum emas ini, aku menjadi ringan dan dapat terbang.” |
Ayam jantan | : | “Kalau begitu, bolehkah aku meminjam jarum emas itu?” |
Elang | : | “Boleh, kau harus ingat yang kau jahit kedua sayapmu supaya jadi ringan. Kau harus berjanji tidak akan meminjamkan jarum itu kepada siapa pun, dan jangan sampai hilang.” |
Ayam jantan | : | “Sahabatku, engkau tak usah bimbang. Aku akan berhati-hati dan akan segera mengembalikannya kepadamu.” |
Burung Elang pun menyerahkan jarum emas itu kepada Ayam Jantan. Ayam Jantan menerimanya dengan gembira.
Ayam Jantan pun menjahit keduanya sayapnya. Tetapi ia tidak sabar, belum selesai menjahit, Ayam itu terus mengepakkan sayapnya dan melompat ke atas pagar.
“Koo, koo, aak, koo, aak, aku dapat terbang.” Ayam Jantan itu rupanya diperhatikan oleh Ayam Betina yang kebetulan lewat di situ.
Dialog 2
Ayam betina | : | “Bagaimanakah engkau bisa terbang?” |
Ayam jantan: | : | “Aku menjahit sayapku dengan jarum emas ini.” |
Ayam betina | : | “Boleh aku pinjam?” |
Ayam jantan | : | “Pakailah dan setelah itu lompatlah di sisiku.” |
Ayam betina cepat-cepat menjahit sayapnya dan berkotek sombong.
Ayam jantan | : | “Di mana jarum emas itu?” |
Ayam betina | : | “Tadi aku letakkan di tanah.” |
Ayam jantan | : | “Aku khawatir jarum itu hilang. Jarum itu kepunyaan sahabatku, si Elang. Kita mesti mencari sampai dapat.” Ayam Jantan merasa kecewa dan bersedih hati karena merasa bersalah meminjamkan jarum emas itu. |
Elang | : | “Wah pagi-pagi sudah mencakarcakar tanah.” Bagaimana sekarang, engkau sudah dapat terbang?“ |
Ayam jantan | : | “Aku hanya dapat melompat setinggi pagar dan aku minta maaf padamu.” |
Elang | : | “Kenapa pula kau mesti minta maaf?” |
Ayam jantan | : | “Jarum emasmu telah hilang.” |
Elang | : | “Engkau tidak menurut kata saya. Engkau telah ingkar janji. Aku tidak mau bersahabat denganmu lagi.” |
Ayam betina bertelur dan menetas enam ekor anak.
Ayam jantan | : | “Kau harus menjaga anak-anakmu agar jangan dibiarkan berjalan sendiri-sendiri.” |
Ayam betina | : | “Hai Ayam Jantan, aku melihat Elang terbang rendah.” |
Ayam jantan | : | “Mungkin ia akan menyambar anakmu karena kau telah menghilangkan jarum emas miliknya.” |
Elang pun menyambar seekor anak ayam.
Ayam betina | : | “Jangan ambil anakku!” |
Ayam jantan | : | “Sebaiknya kita mencari jarum emas itu.” |
Ayam betina | : | “Baiklah. |
Ayam jantan | : | “Aku menemukan jarum emas ini di atas tanah di bawah pagar tempat kita menjahit.” |
Ayam betina | : | “Sebaiknya kita kembalikan kepada Elang.” |
Elang | : | “Apakah kalian sudah menemukan jarum emas itu?” |
Ayam jantan | : | “Sudah, tapi kami berharap kau tidak akan menyambar anak ayam milik betina lagi.” |
Elang | : | “Baiklah.” |
Akhirnya Ayam jantan dan Ayam betina dapat bersahabat kembali dengan Elang.
Simak Video Persahabatan Elang dan Ayam Jantan berikut ini.
Ayo Menulis
Buatlah kalimat sederhana yang memuat kata sapaan!
1. Ayam jantan
Elang: “Keluarlah Ayam Jantan, penjahat itu sudah pergi.”
2. Ayam betina
Ayam Jantan: “Ayam Betina, kau harus menjaga anak-anakmu!”
3. Elang
Ayam Jantan: “Terima kasih Elang, engkau telah menyelamatkanku.”
4. Engkau
Ayam Jantan : “Kenapa engkau dapat terbang tinggi, aku melompat pun tidak dapat. Bukankah kita sama-sama Burung?”
5. Kawan
Elang: “Apa Kawan, tanyalah!”
6. Sahabatku
Ayam Jantan : “Sahabatku, engkau tak usah bimbang. Aku akan berhati–hati dan akan segera mangembalikannya kepadamu.”
Ibu Guru membentuk kelompok kecil.
Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah yang berbeda.
Siti satu kelompok dengan Dayu.
Siti berasal dari Jawa, Dayu berasal dari Bali.
Beni satu kelompok dengan Edo.
Beni berasal dari Batak, Edo berasal dari Papua.
Ayu satu kelompok dengan Made.
Ayu berasal dari Jawa, Made berasal dari Bali.
Ayo Berlatih
Tuliskan nama-nama di atas sesuai dengan suku/daerah asalnya!
Ayo Berdiskusi
Diskusikan dengan kelompokmu, bagaimana sikapmu terhadap teman yang berlainan suku atau asal daerah!
Sampaikan hasil diskusimu di depan kelas!
Kita harus menghargai dan menghormati terhadap teman yang berbeda suku
Ayo Berlatih
Berilah tanda centang (√) pada jawaban yang benar!
Pasangkan pecahan dan gambar yang sesuai! Nyatakan pecahan yang menyatakan banyaknya burung kuning dari kawanan burung berikut ini!
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar