Selasa, 27 Februari 2024

Materi Ajar: Selasa, 27 Februari 2024

 Hari/ Tanggal     : Selasa, 27 Februari 2024

Tema 6                : Merawat Hewan dan Tumbuhan 

Subtema 3          : Tumbuhan di Sekitarku

Pembelajaran    : 6

 

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

 

Pada Pembelajaran 6 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku Tujuan Pembelajaran yang akan mempelajari tentang menemukan penggunaan tanda titik dan memperbaiki ejaan pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung. Menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram), mengubah suatu ukuran berat menjadi satuan tertentu. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dilakukan an tidak oleh dilakukan di sekolah. Menyimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

 

Ayo Membaca

Merawat Tanaman di Sekitar Sekolah Di depan kelas terdapat pot-pot tanaman bunga. Semua siswa diwajibkan merawat tanaman tersebut. Setiap hari tanaman disiram. Siswa yang bertugas piket harus menyiram tanaman tersebut.

 

Siswa harus menjaga tanaman agar tidak rusak. Ketika bermain, siswa harus berhati-hati agar pot bunga tidak pecah. Misalnya, tidak bermain bola di sekitar pot-pot bunga. Hal itu untuk menjaga agar bola tidak mengenai pot bunga.

 

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Tuliskan aturan untuk merawat tanaman di sekolah!

Aturan untuk merawat tanaman di sekolah adalah : (1) Petugas piket harus menyiramnya setiap hari. (2) Ketika bermain, kita harus berhati-hati agar tidak merusak pot dan tanaman.

 

2. Apa akibatnya apabila aturan itu tidak dipatuhi?

Akibat yang akan ditimbulkan jika aturan tidak dipatuhi adalah tanaman menjadi layu dan pot tanaman bisa rusak/pecah.

 

3. Beni ingin bermain bola di sekitar kelas. Bagaimana sebaiknya kamu bersikap untuk menanggapi keinginan Beni tersebut?

Menegur Beni dan memintanya bermain bola di lapangan supaya bola tidak mengenai kaca atau pot buga.

 

 

Ayo Menulis

Tuliskan percakapan di bawah ini menggunakan huruf tegak bersambung!


Ayo Bermain Peran

Bacalah teks percakapan Lani dan Udin tersebut!Peragakan bersama temanmu. Pilihlah peran sesuai percakapan tersebut.

 

 

Ayo Bercerita

Amatilah lingkungan sekitar sekolahmu! Apakah terdapat tanaman di sekitar sekolahmu? Ceritakan bagaimana peran kamu dalam merawat tanaman di sekolahmu! Tuliskan ceritamu dengan menggunakan huruf tegak bersambung.



Setiap menjalankan tugas piket kelas, aku selalu membersihkan halaman sekolah. Mulai dari menyapu sampah dan membersihkan selokan. Selain itu, aku menyirami tanaman dan mencabut rumput yang tumbuh di sekitar tanaman. Aku sangat senang melihat tanaman tumbuh dengan baik. Aku selalu menjaga tanaman dan merawatnya agar kelas tampak lebih indah.

 

 

Ayo Mengamati


Amatilah gambar di atas! Apa yang bisa kamu ceritakan dari gambar tersebut?

 

Lani dan teman-temannya memiliki semangat kerja sama yang tinggi. Mereka bekerja sama merawat tanaman di sekitar sekolah. Setiap siswa mempunyai tugas menyiram tanaman secara bergiliran. Jika ada siswa yang membutuhkan bantuan, siswa yang lain membantu.

 

Apakah kamu juga selalu bekerja sama dan saling membantu dengan teman sekelasmu? Ceritakan pengalamanmu ketika mendapat bantuan dari temanmu!

Saya dan teman-teman selalu bekerja sama dalam membersihkan kelas. Kami sangat menyukai kelas yang bersih. Kelas bersih membuat belajar menjadi nyaman. Kami senang membersihkan kelas bersama.

 

Ada yang membantu menyapu lantai, merapikan kursi, menghapus papan tulis, membereskan meja guru, menyimpan peralatan belajar ke dalam lemari, dan menyiram tanaman.

Ayo Berdiskusi

Berdiskusilah dengan teman satu kelompokmu untuk mengerjakan tugas ini. Buatlah buku ringkasan tentang pengukuran berat benda. Perhatikan isi buku yang akan kalian buat!

 

Halaman 1 :

Berisi identitas kelompok dan nama anggota kelompoknya

Buku Ringkasan Pengukuran Berat Benda

Disusun oleh Kelompok 1 (nama atau nomor kelompok)

(nama teman-teman)

Udin

Beni

Edo

 

Halaman 2

Berisi deskripsi buku.

Tulislah dengan huruf tegak bersambung dan gunakan huruf kapital dan tanda titik dengan tepat.



Halaman 3:

Berisi gambar macam-macam alat pengukuran berat (gambar bisa digunting dari majalah atau koran atau digambar sendiri)


Halaman 4: 

Berisi tentang penjelasan ons dan kg serta 5 pertanyaan tentang topik itu

1. 2 kg = 20 ons

2. 40 ons = 4 kg

3. 8,5kg = 85 ons

4. 5 ons = 1/4kg

5. 5kg+ 2ons = 52ons

6. 24 ons + 33 ons = 5,7kg

7. 8 kg – 20 ons = 78 ons

8. 65 ons – 5kg = 15 ons

9. 11 ons = 1,1 kg

10. 66 ons + 1 kg = 7,6 kg

 

Halaman 5: 

Berisi dua soal cerita dan jawabannya tentang berat benda dengan menggunakan satuan ukur kg dan ons.

1. Soal

Bu Maya membeli 5kg apel, kemudian membeli jeruk 10 ons. Berapa kg jumlah seluruh belanjaan Bu Maya?

Jawaban

5kg apel + 10 ons jeruk = 5kg + 1kg = 6kg

Jadi, jumlah seluruh belanjaan Bu Maya adalah 6kg.

2. Soal

Udin membeli 5 kg gula pasir, 2 kg dipakai untuk membuat kue. Berapa ons kah sisa gula pasir Udin sekarang?

Jawaban

5kg – 2kg = 3 kg = 30 ons

Jadi, sisa gula pasir Udin sekarang adalah 30 ons.

3. Soal

Pak Badrun membeli 10kg mangga, 5kg mangga telah terjual. Berapa ons sisa mangga Pak Badrun yang belum terjual?

Jawaban

10kg – 5kg = 5kg = 50 ons

Jadi, sisa mangga yang Pak Badrun belum terjual adalah 50 ons.

4. Soal

Pak Johar membawa 40 ons daging sapi dari pasar. Berat daging sapi yang dibawa Pak Johar dari pasar sama juga dengan …. Kg.

Jawaban

40 ons = 4kg

Jadi, berat daging sapi yang dibawa Pak Johar dari pasar adalah 4kg.

 

5. Soal

Bu Wiwin membeli buah mangga seberat 8 Kg. Bu Ajeng membeli buah jeruk seberat 60 ons. Bu Meli membeli buah salak seberat 7 Kg. Siapakah yang membeli buah paling berat?

Jawaban

8kg mangga = 80 ons

60 ons jeruk = 6 kg

7kg salak = 70 ons

Jadi, yang paling berat membeli buah adalah Bu Wiwin, yaitu 8kg atau 80 ons.

 

Halaman 6

Berisi ucapan terima kasih.

Terima Kasih

Ayo, kita terus belajar

 

Ayo Renungkan

Tuliskan hal-hal yang sudah kamu pelajari hari ini.Tuliskan kesulitan-kesulitan yang kamu temukan pada kegiatan pembelajaran hari ini

 

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar