Selasa, 23 Mei 2023

Materi Ajar: Selasa, 23 Mei 2023

  

Hari/ Tanggal      :  Selasa, 23 Mei 2023

Tema 8                 :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 2           :  Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran     :  Pengayaan

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada Minggu kemarin kalian telah menyelesaikan materi pada Tema 8. Itu artinya, kalian telah menyelesaikan 4 Tema untuk Semester Genap ini ya Nak..

Naaahh, pada Minggu ini kalian akan mengulang kembali materi-materi yang telah kalian pelajari selama Semester Genap.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?


Pada materi di Tema 8 Subtema 2 kalian telah mempelajari :

1.  PPKn

Persatuan dalam Keberagaman. Persatuan dalam keberagaman dapat terwujud karena saling menghargai, saling menghormati, saling menolong, dan saling bekerjasama. Persatuan dalam Keberagaman bisa dilakukan di rumah maupun di sekolah. Contohnya : Gotongroyong membersihkan lingkungan sekolah., bermain bersama teman di sekolah.

Sikap persatuan juga dapat dilakukan saat bermain, contohnya : rukun, kompak, kerjasama, menerima kekalahan tim dan kemenangan tim lawan, serta tidak pilih-pilih teman sebagai anggota tim.


2.  Bahasa Indonesia

Dokumen. Dokumen merupakan surat tertulis atau tercetak yang dipakai sebagai bukti keterangan. Dokumen ada 2, yaitu : dokumen pribadi dan dokumen keluarga.

Dokumen pribadi adalah dokumen yang dimiliki oleh seseorang secara pribadi. Contohnya : KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat izin Mengemudi), Akta Kelahiran, Kartu Pelajar, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), dll.

Dokumen Keluarga adalah dokumen yang berguna untuk kepentingan anggota keluarga. Contohnya : KK (Kartu Keluarga), Buku Nikah, dll.

Fungsi Tanda Titik. Tanda titik digunakan untuk mengakhiri kalimat berita atau pertanyaan. Selain itu, tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu. Misalnya : Pukul delapan, ditulis 08.00.


3.  Matematika

Menentukan Lama Kegiatan atau Waktu. Jam merupakan alat yang digunakan untuk menunjukkan waktu. Jam dibagi menjadi 2, yaitu jam analog dan jam digital. Pada jam analog, terdapat 2 jarum jam. Jarum pendek berfungsi untuk menunjukkan jam, dan jarum panjang menunjukkan menit.

1 jam = 60 menit.  1 menit = 60 detik.  Dan jarak setiap angka dalam jam adalah 5 menit.

Misalnya : Wati dan Ibu sedang memasak di dapur. Mereka mulai memasak pukul 09.00. Dan mereka selesai pukul 11.00. Lama mereka memasak adalah 2 jam, dimana 2 jam didapat dari 11.00 - 09.00.



4.  SBdP

Gerakan dalam tarian. Gerakan sehari-hari dalam dijadikan gerakan tarian. Misalnya, menyapu, mengepel, menjemur pakaian dan mengelap jendela.

Alat musik Ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak mempunyai nada-nada tertentu. Alat musik ritmis biasanya hanya dimainkan sebagai pengiring irama dan pengatur tempo lagu. Contoh alat musik ritmis adalah : Gendang, Tifa, Tamborin.




Pola Lantai. Pola lantai adalah garis-garis di lantai yang dilalui oleh beberapa penari. Beberapa jenis pola lantai, antara lain : 




Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar