Hari/ Tanggal : Jumat, 05 Mei 2023
Tema 8 : Keselamatan di Rumah dan Perjalanan
Subtema 2 : Menjaga Keselamatan di Rumah
Pembelajaran : 6
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-6 ya Nak.
Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Dengan mengamati model jam, kalian dapat menentukan konversi satuan waktu serta menyatakan lama waktu kegiatan dengan benar. Serta dapat memberikan contoh kegiatan bermain yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman teman sekolah dengan benar.
Udin dan teman-teman bermain sepeda.
Mereka bermain di halaman rumah.
Bermain sepeda harus berhati-hati.
Jika terjatuh, badan bisa terluka. Kita harus memperhatikan keselamatan diri.
Ayo Mengamati
Apa isi percakapan Udin dan Siti?
Apa yang akan terjadi jika bermain sepeda tidak berhati-hati?
Bacalah kalimat tanya berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
1. Siapa yang membelikan kamu sepeda?
2. Kapan kamu bisa bersepeda?
Kalimat tanya berguna untuk menanyakan sesuatu.
Kalimat tanya selalu dibubuhi dengan tanda tanya (?) di akhir kalimat.
Ayo Menulis
Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!
· Tulislah pertanyaan menggunakan kata Tanya : apa, siapa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.
· Tuliskan pertanyaan berdasarkan gambar berikut!
Ayo Membaca
Udin dan temanteman bermain sepeda.
Udin dan teman-teman berbeda agama.
Mereka juga berbeda daerah asal.
Walaupun berbeda, mereka bermain sepeda dengan rukun.
Sikap mereka telah menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman.
Pernahkah kamu bermain yang menunjukkan sikap bersatu dalam keragaman?
Ayo Mengamati
Udin dan teman-teman mulai bermain pukul 16.00.
Mereka bermain selama 1 jam.
Mereka selesai bermain pukul 17.00.
Amati tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!
Ayo Berlatih
Gambarlah tanda waktu pada jam sesuai dengan penjelasan soal berikut!
1. Siti mulai bermain boneka pada pukul 16.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain?
2. Beni mulai membantu ibu pada pukul 14.00. Ia membantu ibu selama 60 menit. Pukul berapakah ia selesai membantu ibu?
3. Udin mulai bermain kasti pada pukul 15.00. Ia bermain selama 1 jam. Pukul berapakah ia selesai bermain?
4. Lani dan teman-teman mulai bermain petak umpet pada pukul 16.00. Mereka bermain selama 120 menit. Pukul berapakah mereka selesai bermain?
5. Beni mulai belajar 07.00. Ia belajar selama 4 jam. Pukul berapakah ia selesai belajar?
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar