Rabu, 24 Mei 2023

Materi Ajar: Rabu, 24 Mei 2023

 Hari/ Tanggal                  :  Rabu, 24 Mei 2023

Tema 8            :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 3      :  Aturan Keselamatan di Perjalanan

Pembelajaran :  Pengayaan

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada Minggu kemarin kalian telah menyelesaikan materi pada Tema 8. Itu artinya, kalian telah menyelesaikan 4 Tema untuk Semester Genap ini ya Nak..

Naaahh, pada Minggu ini kalian akan mengulang kembali materi-materi yang telah kalian pelajari selama Semester Genap.

Apakah anak-anak baik Ibu Guru sudah siap untuk memulainya?


Pada materi di Tema 8 Subtema 3 kalian telah mempelajari :

1.  PPKn

Aturan dalam Perjalanan. Dalam perjalanan, kita juga harus mematuhi peraturan yang telah dibuat untuk menjaga keselamatan diri dan oranglain. Beberapa aturan ketika berkendara antara lain : Mematuhi segala peraturan lalu lintas, selalu tertib di jalan, menjaga kendaraan dalam kondisi baik, menggunakan pakaian yang pas dan baik, serta alas kaki yang nyaman, memakai helm jika berkendara motor, dan memakai seatbelt jika berkendara mobil, membawa dokumen pribadi dan kendaraan.

Semboyan Negara Indonesia. Semboyan Negara Indonesia adalah Bhineka Tunggal Ika, yang memiliki arti tetap bersatu dalam keberagaman. Oleh karena itu, perbedaan bukanlah penghalang untuk memelihara persatuan. Sifat bersatu dalam keberagaman memiliki banyak manfaatnya, misalnya : Kita dapat hidup berdampingan dengan rukun.


2.  Bahasa Indonesia

Huruf Kapital. Huruf kapital atau huruf besar. Huruf kapital dapat dipakai pada : Awal kalimat, Nama Orang, Nama Kota / Negara / Agama / Kitab Suci, Tuhan. Contohnya, Tuhan Yang Maha Esa, Tuhan Yang Maha Kuasa.

Kalimat Tanya. Kalimat tanya adalah kalimat yang digunakan untuk menanyakan sesuatu. Kalimat tanya, diawali dengan kata tanya dan diakhiri dengan tanda tanya (?). Beberapa kata tanya adalah : apa, siapa, mengapa, kapan, dimana, bagaimana, berapa.

Kata tanya Apa, digunakan untuk menanyakan sesuatu / hal. Kata tanya Siapa, digunakan untuk menanyakan orang. Kata tanya Dimana, digunakan untuk menanyakan tempat. Kata tanya Kapan, digunakan untuk menanyakan waktu. Kata tanya Mengapa, digunakan untuk menanyakan alasan. Kata tanya Bagaimana, untuk menanyakan keadaan atau kejelasan. Dan kata tanya Berapa, digunakan untuk menanyakan Jumlah.


3.  Matematika

Hubungan antar satuan Waktu. Satuan waktu biasanya digunakan untuk menandai kegiatan. Dalam 1 Minggu, ada 7 hari yakni : Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Lama waktu dalam satuan Minggu dapat diubah ke satuan hari.

Contohnya : 1 Minggu = 7 hari.  2 Minggu = 2 x 7 hari = 14 hari.


4.  SBdP

Pengguanaan Barang Bekas. Barang bekas banyak ditemui dimana saja. Barang bekas tidak akan berubah manfaatnya jika kita tidak mengubahnya menjadi barang yang berguna kembali. Oleh karena itu, barang bekas harus kita manfaatkan kembali agar memiliki nilai serta kegunaan. Misalnya, membuat kotak pensil menggunakan botol air mineral.




Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar