Kamis, 09 Februari 2023

Materi Ajar: Kamis, 9 Februari 2023

 


Hari/ Tanggal     : Kamis, 9 Februari 2023

Tema 6                : Merawat Hewan dan Tumbuhan 

Subtema 2          : Merawat Hewan di Sekitarku 

Pembelajaran   : 5

  

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

  

Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku Tujuan Pembelajaran  yang akan mempelajari tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

 

Lani memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan Lani adalah ayam dan kelinci. Lani merawat ayam dan kelincinya dengan baik. Lani dibantu Ayah dalam merawat hewan peliharaannya. Ada juga petugas kandang yang bertugas membersihkan kandang.

 

Ayah sering membelikan buku tentang hewan peliharaan. Lani senang membaca buku tentang hewan peliharaan. Lani juga senang membaca buku di perpustakaan sekolah.


Ayo Berdiskusi

Apa yang ingin kamu ketahui dari gambar di atas? Buatlah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui dari gambar tersebut.

Misalnya:

Bagaimana cara meminjam buku di perpustakaan?

Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan temanmu! Jawablah pertanyaan temanmu!

Pertanyaan : Siapa saja yang sedang membaca buku di perpustakaan?

Jawaban : Lani dan teman-temanya.

 

Pertanyaan : Mengapa buku di perputakaan harus dikembalikan ke tempat semula?

Jawaban : Agar perpustakaan tetap tertib dan rapi.

 

Pertanyaan: Apa saja peraturan yang ada di perpustakaan?

Jawaban: Tidak boleh bising atau bersuara keras saat diperpustakaan, karena dapat menganggu pengunjung lain yang sedang membaca buku.

Ayo Menulis

Tanyakan tata tertib yang berlaku di perpustakaan sekolahmu kepada petugasnya! Tuliskan tata tertib tersebut pada lembar kertas tugas! Lakukan bersama teman kelompokmu!

 

Tata Tertib Di Perpustakaan

1.  Setiap pengunjung diwajibkan mengisi buku pengunjung.

2.  Pengunjung dilarang makan dan minum di dalam perpustakaan.

3.  Pengunjung wajib menjaga ketenangan di dalam ruangan perpustakaan.

4.  Pengunjung tidak membuang sampah di sembarang tempat.

5.  Buku yang telah selesai dibaca harus dikembalikan ke tempat semula.

  

Ayo Bercerita

Ceritakan pengalamanmu dalam mematuhi tata tertib di perpustakaan sekolah. Tuliskan ceritamu itu menggunakan huruf tegak bersambung pada tempat yang tersedia!



Pengalaman saya dalam mematuhi tata tertib perpustakaan sekolah adalah dengan mengembalikan buku yang saya pinjam tepat waktu. Buku yang saya pinjam pun saya jaga baik-baik agar tidak rusak, sobek, terkena air dan lain sebagainya. Selain itu, ketika saya ada di dalam perpustakaan maka saya menjaga diri saya agar tidak bising dan menggangu pengunjung lain.

 

Bacalah dengan suara nyaring kalimat di bawah ini.

“Aku anak yang menaati peraturan di sekolah”.

  

Ayo Membaca

Hari ini Lani mendapat tugas bercerita di depan kelas. Lani bercerita tentang hewan peliharaannya. Hampir semua teman Lani memperhatikan. Namun Udin dan Beni mengobrol saat Lani bercerita. Siti dan Dayu pun mengingatkan mereka, Memperhatikan orang yang berbicara di depan kelas adalah tanda kita menghormati orang lain.

 

Terdapat beberapa nama orang pada bacaan di atas. Siapa sajakah nama dalam cerita di atas?

Jawaban: terdapat 5 orang.

1. Lani

2. Udin

3. Beni

4. Siti

5. Dayu

 Selain digunakan ada awal kalimat, nama hari, dan nama bulan, huruf kapital juga digunakan ketika menuliskan nama orang

  

Ayo Berlatih

A. Bacalah kalimat-kalimat berikut. Lingkari nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital.


 Lingkari nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital

 

B. Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar. Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang. Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu. Gunakan huruf tegak sambung.

Perhatikan contoh:

membaca – susi – cerita – buku

 

Susi membaca buku cerita.

1. ibu – mengerjakan – lani – PR – membantu

2. datang – ke sekolah – udin dan beni – tepat waktu

3. dayu – suka – menyontek – tidak

4. berdiskusi – siti, dayu, dan lani – kelas – di dalam

5. boneka – menggambar- ibu tati – di papan tulis

 

Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar


1. Ibu membantu mengerjakan PR Lani.

2. Udin dan Beni datang ke sekolah tepat waktu.

3. Dayu tidak suka menyontek.

4. Siti, Dayu, dan Lani berdiskusi di dalam kelas.

5. Ibu Tati menggambar boneka di papan tulis.

 

 

Ayo Mengamati

Berlari sangat menyenangkan dan menyehatkan. Berlari dapat dilakukan di lapangan atau tempat bermain. Berlari di dalam kelas tidak boleh dilakukan karena berbahaya. Banyak sekali macam gerak dalam berlari. Perhatikan gambar dan coba ikuti.

Perhatikan gerakan anak dalam gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada gambar diangkat? Lakukan gerakan lari di tempat seperti gambar dengan hitungan 8 kali.

Perhatikan gerakan anak pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Setinggi apakah lutut anak pada gambar terangkat? Lakukan gerakan lari di tempat dengan lutut terangkat dengan hitungan 8 kali.

Perhatikan gerakan anak pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada gambar? Lakukan gerakan lari cepat menuju garis finish

Perhatikan gerakan anak pada gambar. Apakah dia berpindah tempat? Ke manakah arah berlari anak pada gambar? Lakukan gerakan lari zig-zag seperti gambar, dengan hitungan 4 kali ke kanan dan ke kiri.

 

Ayo Berkreasi

Apakah kamu dapat melakukan keempat macam gerak lari seperti pada gambar sebelumnya?Coba lakukan macam gerakan lari secara bergantian.

1.   Lari di tempat

2.  Lari dengan lutut terangkat

3.  Lari cepat

4.  Lari zig-zag.

5.  Lakukan gerakan lari dengan diiringi lagu.

6.  Ikuti petunjuk gurumu!

 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar