Kamis, 23 Februari 2023

Materi Ajar: Kamis, 23 Februari 2023

 Hari/ Tanggal     :  Kamis, 23 Febuari 2023

Tema 6                :  Merawat Hewan dan Tumbuhan 

Subtema 4          :  Merawat Tumbuhan

Pembelajaran    :  4 dan 5

  

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.

Dibelakang halaman rumah Dayu berbagai tanaman sayur dan buah. 

Tanaman sayur dan buah dirawat itu dirawat oleh Dayu. 

 

Bacalah teks berIikut!

 

Keluarga Dayu suka berkebun.

Ibu Dayu menanam berbagai tanaman bunga di depan rumah.

 

Ayah Dayu menanam buah dan sayur di belakang rumah.

Semua tanaman dirawat dan dipelihara. Semua tanaman diberi pupuk secara teratur. Semua tanaman disiram setiap hari.

Dayu bertugas untuk memetik daun-daun yang layu. Ibu Dayu memetik buah pohon yang masak.

Rumah Dayu menjadi asri karena tanaman yang terawat.

 

Masih ingatkah kamu dengan penggunaan kalimat tanya?

Dapatkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan teks di atas?

Kata tanya apa saja yang dapat kamu gunakan? Diskusikan dengan temanmu.

Siapa

Di mana

Berapa

Kapan

Apa


Lingkari kata tanya yang dapat kamu gunakan berdasarkan teks di atas.


Aku membuat bunga dari kertas tisu. Cara membuatnya :

       1.       Kertas tisu dilipat hingga berbentuk menyerupai bunga.


       2.       Setelah dilipat, kertas tisu diikat ujungnya menggunakan benang.


Di halaman rumah dayu terdapat pohon mangga. Pohon mangga dayu sedang berbuah lebat.

Mangga yang sudah masak mulai dipetik. Mangga yang dipetik ditimbang.

Dayu memasukkan buah mangga yang dipetik ke dalam keranjang.

 

Ada keranjang yang besar, ada keranjang yang kecil.

Perhatikan gambar keranjang-keranjang yang berisi mangga berikut.


Mangga-mangga tersebut akan dibagikan kepada para tetangga.

Oleh karena itu, mangga-mangga tersebut dimasukkan ke dalam tas plastik.

Satu plastik bisa memuat 1 kg buah mangga.

Perhatikan gambar 5 kg yang dimasukkan ke dalam tas plastik.

Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus adalah salah satunya.

Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus?

Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di daerah kering seperti gurun.

Daun kaktus biasanya berduri.

Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya.

Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.

Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya setiap 3 hari sekali.


Bersama dengan teman sebangkumu, susunlah kalimat tanya berikut.

Kemudian, jawablah sesuai bacaan di atas.

 

Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.

Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.

 

Perhatikan contoh!

Membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus - yang

Pertanyaan         : Siapa yang membawa tanaman kaktus

dalam pot

Jawaban              : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa

tanaman kaktus dalam pot.

 

        1.       Dapat – kaktus – di mana – tumbuh

Pertanyaan :       

Jawaban              :              

 

        2.       Air – menyimpan – kaktus – di mana

pertanyaan :      

Jawaban              :              

 

        3.       Bentuk – daun – bagaimana – kaktus

Pertanyaan:        

Jawaban              :

 

       4.       Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa yang 

Pertanyaan   :

Jawaban              :              

 

        5.       kapan – menyiram – Siti – KAKTUS

Pertanyaan :       

Jawaban              :              

 

Tanaman hias ditanam di dalam pot.

Ibu dayu ingin menggantung tanaman-tanaman hias di atap teras rumah.

Supaya tidak terlalu berat, pot-pot itu ditimbang terlebih dahulu.

Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang beratnya 2 ons.


Mana yang lebih berat mari kita gunakan tanda > dan <

5 ons > 2 ons


Di halaman sekolah Siti, terdapat banyak tanaman. Tanaman itu dirawat dengan baik oleh tukang kebun sekolah. Setiap siswa mendapat tugas merawat tanaman di dalam pot yang terdapat di dekat kelas. Siti, Beni, dan Dayu sedang mengamati tukang kebun bekerja.


Lalu, angin berubah arah. Angin bertiup dari kiri. Liukkan pinggangmu ke kanan. Lakukan dalam 8 kali hitungan. Angin kembali berubah arah. Kali ini, angin bertiup dari belakang. Liukkan badanmu ke depan. Lakukan dalam 8 kali hitungan.

Sekarang, cobalah berpasang-pasangan dalam melakukan gerakan ini. Satu anak akan memberi perintah, dan anak lainnya akan melakukan gerakan. Ayo, meliuk-liuk seperti rumput! Lakukan sesuai ketukan.

 

 

Ayo Berdiskusi

Setiap siswa kelas 2 ditugaskan untuk merawat tanaman yang ada di sekolah. Hal itu dilakukan di pagi hari sebelum masuk kelas. Siti dan Beni ditugaskan pada hari Senin. Dayu dan Lani ditugaskan pada hari Selasa. Lina dan Niko ditugaskan pada hari Rabu. Pada hari Rabu, Niko datang terlambat. Lina harus mengerjakan tugasnya sendirian.

 

Diskusikan dengan temanmu hal-hal berikut ini.

1. Bagaimana pendapatmu mengenai Niko yang terlambat?

2. Apakah yang dilakukan Niko sesuai dengan tata tertib?

3. Apa yang terjadi jika Niko datang tepat waktu?

4. Apa yang akan kalian lakukan jika ada teman kalian yang melakukan hal seperti Niko?

 

Tuliskan hasil diskusi kalian pada kotak yang tersedia.


Ayo Berlatih

Pasangkan tata tertib sekolah berikut dengan manfaat yang tepat.



Ayo Bercerita

Ceritakan pengalamanmu ketika melakukan piket kelas. Supaya memudahkan bercerita, jawablah pertanyaan berikut!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar