Minggu, 06 November 2022

Materi Ajar: Senin, 7 November 2022

 Hari/ Tanggal                    : Senin, 07 November 2022

Tema 4                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 3                         : Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain

Pembelajaran                   : 1

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah sudah bertemu hari senin ya Nak.. 

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya yaitu tema 3 ya Nak.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah mengartikan kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan, dapat melakukan pengamatan sederhana serta melaporkannya tentang cara menjaga kesehatan lingkungan pedoman menggunakan isi teks yang telah dibaca, mengidentifikasi berbagai kegiatan di sekolah yang menunjukkan persatuan dalam keberagaman, dapat menceritakan tentang pengalaman melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di sekolah menggunakan bahasa yang santun, menjelaskan prosedur gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisandapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benardapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepatdapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar,mengidentifikasi alat dan bahan menggambar dengan benarserta langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benardan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat.

 

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (50 menit)

Hidup bersih dan sehat tidak hanya di rumah dan di sekolah.

Kita juga harus hidup bersih dan sehat di semua tempat.

Salah satunya di tempat bermain.



Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman?

Menurutmu, mengapa mereka perlu melakukan kegiatan itu?

Apakah kamu setuju dengan kegiatan yang mereka lakukan?

 

Dayu dan teman-teman mendapat tugas sekolah.

Mereka ditugaskan menggambar lingkungan dan benda-benda di sekitar.

Dayu dan teman-teman sepakat mengerjakan bersama.

Mereka menggambar di taman sekitar kompleks.

Taman tidak jauh dari rumah Dayu.

 


Sudah selesai diamati dan dibaca isi teks percakapanya sayang..

Okay kalau sudah silahkan kalian berlatih dengan menjawab soal di bawah ini ya!

 

Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan teks

percakapan sebelumnya!

1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?

2. Bagaimana suasana tempat bermain Dayu dan teman-teman?

3. Bagaimana pendapatmu terhadap isi percakapan Dayu dan teman-teman?

4. Apa yang harus dilakukan agar kebersihan taman terus terjaga?

5. Apa pendapatmu apabila tempat bermain jarang dibersihkan?

  

Jika sudah selesai ayo kita berdiskusi...



Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!

 

                           Tempat Bermain yang Bersih

 

Segar dansejuk Banyak cabang, ranting, dan daun Bagus dipandang 

Tempat bermain merupakan salah satu tempat yang kita butuhkan. 

Di sana kita bisa bermain dengan teman-teman. 

Tempat bermain juga bisa dijadikan tempat belajar dan rekreasi.

Oleh sebab itu, kebersihannya harus kita jaga dengan baik.

 

Tempat bermain yang bersih bebas dari sampah. 

Jika tempat bermain bersih, pengunjung akan sehat. 

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. 

Oleh sebab itu, jika ingin sehat, kita harus menciptakan lingkungan yang bersih.

 

Oke.. buguru mau bertanya, Informasi apa yang kamu peroleh dari  isi teks di atas?



Bagaimana tempat bermain Dayu dan temanteman?

 

Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?

Tuliskan hasil pengamatanmu tentang ciri-ciri tempat bermain yang bersih!


Sekarang kita lanjutnya pembelajaran kita yaitu “Berkreasi”

Dayu dan teman-teman mulai menggambar.

Mereka membuat karya dua dimensi.

Contoh karya dua dimensi adalah gambar atau lukisan.


Apa saja alat dan bahan yang digunakan untuk

membuat gambar atau lukisan?

Perhatikan gambar di bawah dengan teliti!

Bagaimana cara menggunakan alat dan bahan di atas?

Apa saja langkah-langkah dalam membuat gambar?


Coba buat gambar benda-benda yang ada di sekitarmu!

Boleh juga menggambar lingkungan yang ada di sekitarmu.

 

Perhatikan contoh gambar Dayu di bawah!


Perhatikan kembali gambar Dayu.

Dayu menggambar jenjang dari kubus yang tersusun.

Kubus merupakan contoh bangun ruang.

 

Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk kubus!


Kubus mempunyai 12 ruas garis, yaitu ruas garis AB,BC, CD, AD, EF, FG, GH, EH, AE, BF, CG, dan DH.

Tahukah kamu ruas-ruas garis pada bangun ruang yang lain?



PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisandapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan benardapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan intonasi yang tepatdapat mengidentifikasi ciri-ciri karya gambar imajinatif dengan benar,mengidentifikasi alat dan bahan menggambar dengan benarserta langkah-langkah menggambar imajinatif dengan benardan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan tepat

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar