Kamis, 10 November 2022

Materi Ajar: Jumat, 11 November 2022

 Hari/ Tanggal                    : Jum’at11 November 2022

Tema 4                               : Hidup Bersih dan Sehat

Subtema 3                         : Hidup Bersih dan Sehat di tempat bermain

Pembelajaran                   : 5 & 6

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Alhamdulillah kita bertemu lagi ya Nak.. 

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Sekarang kita akan melanjutkan pembelajaran selanjutnya yaitu tema 4 subtema 3  ya Nak.

Sebelumnya, apakah kalian masih ingat pembelajaran kemarin?

Iya pinter, kalian telah dapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepatmelaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan telitidapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.

 

Nah, hari ini kalian akan melanjutkan pembelajaran yang kemarin dengan tujuan pembelajaran dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benardapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat. dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.dan dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

 

INTI (50 menit)

Dayu dan teman-teman bermain di halaman rumah.

Kebersihan lingkungan harus diperhatikan sebelum bermain.


Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi

percakapan!

1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?

Jawab: ...................................................................

2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman

sebelum bermain?

Jawab: ...................................................................

3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?

Jawab: ...................................................................

4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan teman-teman?

Jawab: ...................................................................

5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunanyang dikumpulkan?

Jawab: ...................................................................






Tuliskan hasil pengamatanmu tentang cara menjaga kesehatan lingkungan sebelum bermain!


Bermain akan aman jika lingkungan bersih.

Sebelum bermain harus melenturkan tubuh terlebih dahulu.

Tentu kamu masih ingat cara melenturkan tubuh. 

Melenturkan tubuh dapat dikembangkan dalam bentuk permainan.

Misalnya permainan mengoper bola beruntun dari belakang ke depan.



Cara melakukannya:

1. Buatlah 2 regu berbaris berbanjar saling berhadapan!

2. Setiap regu minimal beranggotakan 4 siswa.

3. Sikap awal setiap regu berdiri dengan menggunakan lutut.

4.Operlah bola kepada teman yang ada di depanmu!

5. Peganglah bola operan teman di belakangmu! 

Caranya, liukkan badan ke samping ke ardatangnya bola!

6. Kelompok tercepat mengoper bola sampai ke teman paling depan adalah pemenangnya.


Lakukan permainan mengoper bola beruntun ke

depan dalam kelompokmu!

Bagaimana perasaanmu setelah bermain?

Apa manfaat permainan yang telah kamu lakukan?

Ayo Berdiskusisi

Permainan mengoper bola secara beruntun

membutuhkan kerja sama yang baik.

Kerja sama yang baik merupakan wujud persatuan.

Tahukah kamu sikap yang harus dimiliki agar 

terwujud persatuan yang baik ketika bermain?

Coba diskusikan dengan temanmu!

Nah, sikap-sikap yang kamu tulis merupakan contoh dari persatuan.

Udin, Edo, dan Beni bermain kelereng di halaman rumah.

Dayu, Lani, Siti, dan Mey juga bermain lompat tali di sana.

Walaupun berbeda agama, mereka bermain dengan rukun.

Sikap mereka pantas untuk ditiru.


Dayu dan teman-teman menunjukkan kebersamaan dalam bermain.

Kebersamaan merupakan wujud persatuan.

Apa manfaat persatuan ketika bermain?

Apa pula akibat yang kamu peroleh jika tidak bersatu ketika bermain?

Coba diskusikan dengan teman-temanmu!


Bermain kelereng dan bermain tali dapat membuat tangan kotor.

Tangan harus dicuci setelah bermain.

Dengarkan temanmu membaca teks percakapan berikut!



Informasi apa sajakah yang dapat kamu peroleh dari kegiatan seperti gambar tersebut?



Gambar sabun dan spons berbentuk balok.

Balok merupakan contoh bangun ruang.



Masih ingatkah kamu tentang rusuk, sisi, dan titik sudut pada bangun ruang?




PENUTUP (50 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah Nah, hari ini kalian dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisandapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang dibacakan dengan benardapat membaca teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat. dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat. dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat. dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.dan dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar