Pada Pembelajaran 1 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang membaca, mencatat, dan menyebutkan kembali isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda. Menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan tepat. Menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang. Menghitung hasil bagi dua bilangan yang melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100. Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif. Menggambar imajinatif berupa “buku yang terbuka” menggunakan gambar susunan kelereng berbeda warna berdasarkan pengalaman. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Mengamati
Hari ini Beni pergi ke sekolah.
Beni duduk di kelas dua SD.
Beni bertemu banyak teman di kelas.
Ada Edo, Udin, Lani, dan Dayu.
Perhatikan gambar di bawah!
Ajukan pertanyaan mengenai bermain di lingkungan sekolah sesuai gambar di bawah!
Gunakan bahasa yang sopan!
Waktu istirahat tiba.
Beni bermain di halaman sekolah.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di bawah!
Kira-kira, cerita apa yang cocok untuk gambar di atas?
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang gambar di atas!
Contoh pertanyaan :
- Apa yang sedang mereka lakukan?
- Di manakah mereka bermain?
- Mengapa mereka gembira?
- Ada berapakah anak laki-laki yang sedang bermain?
- Kapan mereka bermain di halaman sekolah?
Ayo Membaca
Bacalah teks berikut dengan lancar!
Bermain di Halaman Sekolah
Waktu istirahat tiba.
Siswa kelas dua bermain di halaman sekolah.
Ada yang bermain kelereng, bermain tali, dan bekel.
Beni, Edo, dan Udin sedang bermain kelereng.
Beni sedang fokus menjentikkan kelereng.
Edo dan Udin menunggu giliran sambil mengamati kelereng di dalam lingkaran.
Banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir.
Siti, Mey, dan teman lainnya bermain lompat tali.
Mey mendapat giliran melompat.
Siti memutar tali dari sebelah kanan.
Teman lainnya memutar tali dari sebelah kiri.
Sementara itu, Dayu bersama teman sekelas lainnya bermain estafet air.
Ayo Menulis
Bagaimana hasil terkaanmu tadi?
Apakah sesuai dengan apa yang kamu baca?
Ya, apa yang saya terka ternyata sesuai dengan apa yang saya baca.
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan tersebut!
- Di mana mereka bermain? (Mereka bermain di halaman sekolah)
- Bagaimana cara bermain kelerang? (Dengan menjentikan kelereng)
- Kapan mereka bermain? (Mereka bermain saat istirahat)
- Berapa orang yang ikut bermain? (Ada 9 orang anak yang sedang bermain)
- Siapa saja yang ikut bermain? (Beni, Edo, Udin, Siti, Mey, dan Dayu)
- 4 : 2 = ....
- 8 : 4 = ....
- 9 : 3 = ....
- 10 : 5 = ....
- 12 : 4 = ....
- Permainan Tradisional Bola Bekel. ALat yang dibutuhkan bola bekel dan enam biji bekel.
- Permainan Tradisional Gundu. ALat yang dibutuhkab beberapa buah gundu atau kelereng
- Permainan Lompat Tali Karet. ALat yang dibutuhkan adalah tali karet
- Permainan Tradisional Congklak. Alat yang dibutuhkan biji congklak dan lubang papan congklak.
- Permainan Tradisional Egrang. Alat yang dibutuhkan dua tongkat panjang yang bagian tengahnya diberi pembatas. aan.
- Permainan Tradisional Gobak Sodor. Alat yang dibutuhkan lapangan badminton
- Permainan Tradisional Patok Lele. Alat yang dibutuhkan yaitu batu dan dua potong bambu
- Setelah alat sudah di persiapkan, letakkan bambu besar diantara dua batu, lalu pukul dengan bambu kecil.
- Permainan Tradisional Engklek. Alat yang dibutuhkan kapur dan pecahan genting
- Dam Daman. ALat yang dibutuhkan papan berkotak dan kerikil atau biji-bijian
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks bacaan “Bermain di Halaman Sekolah”!
1. Apa yang sedang dilakukan Beni, Edo, dan Udin?
Beni, Edo dan Udin sedang bermain kelereng.
2. Siapa yang memutar tali di sebelah kanan?
Siti memutar tali di sebelah kanan
3. Apa yang sedang dilakukan Dayu?
Dayu bersama teman sekelas sedang bermain estafet air.
4. Apa saja kegiatan bermain sesuai isi cerita?
Bermain kelereng, bermain lompat tali, dan bermain estafet air.ain
5. Ceritakanlah isi teks tersebut dengan bahasamu sendiri!
Pada saat istirahat tiba anak-anak kelas dua bermain di halaman sekolah. Ada yang bermain kelereng, lompat tali, dan estafet air. air.
Ayo Membaca
Bacalah teks percakapan berikut
Beni | : | Kamu masih ingat, kalimat penutup paragraf pertama pada teks sebelumnya? |
Edo | : | Masih, banyak kelereng di dalam lingkaran ada 6 butir |
Beni | : | Oh iya, berapa orang yang bermain kelereng, ya? |
Edo | : | Tiga orang. Bagaimana ya, caranya membagikan 6 butir kelereng kepada 3 orang agar setiap orang mendapatkan kelereng sama banyak? |
Mey | : | Caranya, setiap anak diberi satu. Kemudian, sisanya dibagikan lagi setiap orang satu hingga habis. Pengurangan berulang 6 – 3 – 3 = 0 sama artinya 6 : 3 = 2 |
Beni | : | Karena Mey melakukan 2 kali pengurangan, 6 – 3 – 3 = 0. Jadi, setiap siswa mendapatkan 2 butir kelereng.Sekarang kami sudah mengerti. Terima kasih, Mey. |
Mey | : | Sama-sama, Beni, Edo.. |
Ayo Mencoba
Sekarang, isilah bagian percakapan yang masih kosong!
Tulis dalam kalimat matematika!
Edo | : | Sebanyak 8 gelas air dibawa oleh 2 orang. Jika setiap orang membawa gelas sama banyak, berapa gelas air yang dibawa setiap orang? |
Udin | : | 8 : 2 = 8 – 2 – 2 - 2 - 2 = 0 sama artinya 8 : 2 = 4 |
Udin | : | Ada 18 bola bekel yang akan dibagikan kepada 6 orang. Setiap orang mendapatkan sama banyak. Berapa banyak bola bekel yang didapat setiap orang? |
Beni | : | 18 : 6 = 18 - 6 - 6 - 6 = 0 sama artinya 18 : 6 = 3 |
Beni | : | Dari 21 siswa kelas II akan dibentuk beberapa kelompok. Jumlah anggota kelompok sama banyak. Berapa banyak siswa di setiap kelompok jika terdapat 3 kelompok? |
Dayu | : | 21 : 3 = 21 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 - 3 = 0 sama artinya 21 : 3 = 7 |
Dayu | : | Sebanyak 24 karet gelang akan dimasukkan ke dalam 4 kotak. Jika setiap kotak memuat karet gelang sama banyak, berapa banyak karet gelang dalam tiap kotak? |
Budi | : | 24 : 4 = 24 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 - 4 = 0 sama artinya 24 : 4 = 6 |
Ayo Berlatih
Kerjakanlah soal berikut di buku tulis tematikmu!
Jika kesulitan minta bantuan ayah/bunda ya
Gunakan cara pengurangan berulang!
Contoh:
6 : 2 = 6 - 2 - 2 - 2 = 0
6 : 2 = 3
Ayo Berkreasi
Apa yang perlu dipersiapkan untuk menggambar?
Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?
No. | Alat yang Dibutuhkan untuk Menggambar |
---|---|
1. | Kertas gambar |
2. | Pensil |
3. | Penghapus |
4. | Penggaris |
5. | Pewarna |
Persiapkanlah alat dan bahan tersebut!
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!
Kerja Sama dengan Orang Tua
Orang tua membimbing siswa mendata nama-nama permainan tradisional dan benda yang dibutuhkan dalam permainan tersebut
Tidak ada komentar:
Posting Komentar