MATERI PEMBELAJARAN
Hari/ Tanggal : Senin, 26 September 2022
Semester : I
Tema 3 : Tugasku Sehari-hari
Subtema 2 : Tugasku Sehari-hari di Sekolah
Pembelajaran : 1
PEMBUKAAN (10 menit)
Bismillah..
Assalamualaikum anak sholih/ah..
Bagaimana kabarnya hari ini anak sholeh dan sholehah?
Semoga semua sehat selalu, dalam lindungan Allah subhanahu wata'ala ya sayang..
Ayo anak ibu guru, sudah siap semua untuk belajar hari ini?
Jika sudah siap, mari kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..
Satu minggu ini kita akan melanjutkan pembelajaran di Subtema 2. Apakah anak-anak masii ingat tentang pembelajaran yang telah kalian dapatkan minggu yang lalu? (apersepsi)
Iyaaaa pinter, minggu yang lalu kalian telah belajar mengenai pecahan mata uang baik dalam bentuk logam ataupun uang kertas ya Nak. Dimana, uang logam ada yang bernominal Rp. 100,00, Rp. 200,00, Rp. 500,00, Rp. 1.000,00. Sedangkan pecahan uang dalam bentuk kertas bernominal Rp. 1.000,00, Rp. 2.000,00, Rp. 5.000,00, Rp. 10.000,00, Rp. 20.000,00, Rp. 50.000,00, Rp. 75.000,00 dan Rp. 100.000,00.
Kalian juga sudah belajar mengenai cara membaca denah tempat tinggal seseorang, serta kalian sudah memahami mengenai tugas anak-anak jika belajar di rumah ya….
Naahh, hari ini kita akan melanjutkan pembalajaran berikutnya. Dimana, pembelajaran hari ini Ibu guru harapkan anak-anak nantinya bisa memahami isi teks dan kosakata berkaitan lingkungan geografis sekolah serta kalian dapat menemukan artinya. Dan juga Ibu guru harapkan, kalian dapat menghitung nilai sekelompok pecahan mata uangMelalui teks “Uang Saku” pada pembelajaran 1 yang disajikan, siswa mampu menghitung nilai sekelompok pecahan uang dan dapat melakukan gerak tari.
Apakah anak-anak sudah siap untuk belajar?
Jika sudah siap, yuukk kita tepuk semangat terlebih dahulu.
INTI (50 menit)
Baik anak-anak, sekarang silahkan anak-anak mengamatigambar di bawah ini!
Gambar apakah itu? Iya benar, itu merupakan gambar situasi atau keadaan suatu sekolah di pagi hari. Dimana, terlihat anak-anak berjalan menuju gerbang sekolah.
Sekarang, silahkan anak-anak menyimak cerita di bawah ini!
Hari ini adalah hari Senin.
Edo dan teman-temannya tiba di sekolah lebih awal.
Mereka suka ria memasuki sekolah.
Sekolah mereka terletak di lingkungan yang bersih dan nyaman.
Di sebelah kanan dan kiri sekolah terdapat sawah.
Sekolah Edo beralamat di Jalan Nusantara nomor 10.
Setiap hari senin, di sekolah diadakan upacara bendera.
Edo dan teman-temannya mengikuti upacara dengan tertib.
Upacara berlangsung dengan tenang.
Pembina upacara menyampaikan pengarahan.
Pengarahan berisi tentang pesan-pesan mengenal lingkungan sekolah.
Jika kita mengenal lingkungan sekolah, kita akan dapat menjaganya.
Semua siswa bertugas menjaga dan merawat sekolah.
Kemudian, silahkan anak-anak mengamati kembali gambar dan cerita di bawah ini ya!
Nah, gambar tersebut merupakan gambar denah SDN Nusantara 01.
Cerita di bawah ini, merupakan penjelasan dari denah di atas. Silahkan anak-anak simak ya, apa yang akan dibacakan oleh temanmu.
Sekolah Dasar Negeri Nusantara 01
SD Nusantara 01 terletak di Jalan Nusantara Nomor 10.
Sebelah kanan dan kiri sekolah terdapat sawah.
Di depan sekolah terdapat rumah warga, toko, dan tempat fotokopi.
Jarak tempuh dari kota ke sekolah sekitar lima kilometer.
Beberapa siswa berangkat ke sekolah diantar orang tuanya.
Beberapa siswa berjalan kaki.
Ada juga siswa yang berangkat naik angkutan umum.
Jalan Nusantara dilalui angkutan umum.
Apakah anak-anak sudah membayangkan letak sekolah SDN Nusantara 01?
Dan apakah anak-anak sudah bisa membayangkan, letak lokasi sekolah kita jika dari rumah kalian masing-masing?
Jika sudah bisa memahami, yuukk kita berlatih mengenai denah sekolah SDN Nusantara 01 di bawah ini!
Jawablah pertanyaan di bawah dengan denah dan teks bacaan tersebut!
1. SDN Nusantara 01 terletak di jalan ….
2. Di samping kanan dan kiri SDN Nusantara 01 terdapat ….
3. Di seberang SDN Nusantara 01 terdapat ….
4. Tempat yang terletak di antara rumah warga dan Puskesmas adalah ….
5. Tempat yang terletak di antara rumah warga dan Balai Kelurahan adalah ….
6. Jarak antara SDN Nusantara 01 dengan kota adalah ….
7. Siswa berangkat ke sekolah dengan ….
8. Sebutkan tempat antara fotokopi dan Puskesmas!
9. Sebutkan nama tempat antara Balai Kelurahan dan Puskesmas!
10. Sebutkan nama tempat dua bangunan sebelah kanan Puskesmas!
Apakah anak-anak sudah selesai?
Jika sudah selesai, silahkan salah satu dari kalian untuk membacakan cerita di bawah ini ya Nak!
Uang Saku
Setiap hari, Siti mendapat uang saku.
Uang saku dapat digunakan untuk membeli makanan atau minuman di sekolah.
Jika membawa bekal, uang saku Siti ditabung.
Setelah kegiatan upacara, Siti merasa kehausan.
Siti dan teman-teman membeli minuman di kantin sekolah.
Uang saku setiap siswa berbeda.
Siti, Dayu, dan Beni memperoleh uang logam dengan pecahan berbeda.
Nah, sekarang silahkan anak-anak mengamati gambar ilustrasi uang saku SIti, Dayu dan Beni di bawah ini!
Dari gambar tersebut, siapakah yang bisa menyebutkan uang saku masing-masing dari Siti, Dayu dan Beni?
Sekarang, mari kita bersama-sama menghitung uang saku Siti, Dayu dan Beni!
Uang Siti, Dayu, dan Beni bernilai sama, yaitu Rp. 2.000,00. Meskipun dengan sekelompok pecahan mata uang yang berbeda-beda.
Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang
Apakah anak-anak sudah memahami mengenai kesetraan nilai kelompok pecahan mata uang? Jika sudah, yuukk sekarang silahkan anak-anak berlatih kembali untuk mengetahui sejauh mana kalian memahami materi tersebut.
Pasangkan kelompok uang logam berikut yang bernilai sama!
Apakah sudah selesai? Goodjob!
Sekarang, kita akan melanjutkan materi selanjutnya ya Nak.
Mari perhatikan dan amati!
Di sekolah Siti terdapat kebun.
Kebun itu ditanami berbagai sayuran.
Di sana terlihat tukang kebun sedang mencangkul.
Gerak Dasar Tari
Yuukkk, silahkan anak-anak berdiri di samping kursi nya. Kita akan mengikuti atau meniru gerakan-gerakan yang dicontohkan gambar tersebut. Lakukan dengan semangat ya Nak ^,^
PENUTUP (10 menit)
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai denah suatu sekolah, kesetraan nilai kelompok pecahan mata uang, dan juga gerak dasar suatu tarian.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!
Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar