Rabu, 28 September 2022

Materi Ajar: Rabu, 28 September 2022

 


MATERI PEMBELAJARAN

 

Hari/ Tanggal                   Rabu, 28 September 2022

Semester                           : I

Tema 3                              Tugasku Sehari-hari

Subtema 2                        Tugasku Sehari-hari di Sekolah

Pembelajaran                  : 3

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?

Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.

Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran hari ini ya Nak?

Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin semangat tepuk semangat terlebih dahulu ya…

Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin doa? Silahkan!

 

Baik, apakah anak-anak masih ingat, materi yang telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)

Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai permainan Kendhi Gerl, dan juga kalian sudah memahami mengenai perbedaan jenis kelamin laki-laki dan juga perempuan.

 

Sekarang, kita akan melanjutkan pembelajaran hari ini! Dengan tujuan, nantinya kalian dapat memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan dan mengartikan kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, dapat  membedakan individu berdasarkan warna kegemaran di sekolah, serta dapat menyebutkan nilai pecahan uang kertas yang setara.

 

 

INTI (50 menit)

Baik, sekarang silahkan anak-anak menyimak gambar dan cerita di bawah ini!

 

Menabung di Sekolah

Siswa dapat menabungkan uangnya di sekolah. 

Setiap siswa mendapatkan buku tabungan. 

Uang tabungan siswa tersimpan aman oleh ibu guru di sekolah. 

Uang tabungan dapat diambil setiap saat. 

Hari ini, Siti menabung di sekolah. 

Setiap hari, Siti mendapat uang saku. 

Uang tersebut selalu dihemat. 

Jika ada sisa, uang saku Siti ditabung. 

Siti ingin menggunakan uang tabungan untuk membeli buku dan tas. 

Siti adalah siswa yang gemar menabung.

 

Dari cerita di atas, coba kalian jawab bersama teman kelompok atau sebangku kalian mengenai beberapa pertanyaan di bawah ini!

1.    Setiap hari, Siti mendapat …. 

2.    Hari ini, Siti … di sekolah. 

3.    Siti ingin membeli … dan … dari uang tabungannya. 

4.    Setiap siswa mendapat buku ….

5.    Siti selalu … uang sakunya.

 

Dari cerita di atas, di dapatkan informasi tambahan bahwa Siti menabung 2 lembar uang seribuan. Nilai uang Siti adalah Rp. 2.000,00.

Seperti hari kemarin, hari ini kalian masih mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang.

Silahkan anak-anak amati tabel di bawah ini ya!

 

Mengenal Nilai Kelompok Pecahan Uang


Apakah anak-anak sudah lebih paham mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang?

Jika sudah, silahkan anak-anak berlatih soal-soal di bawah ini, agar lebih memahami materi tersebut!

Tentukan nilai pecahan uang berikut!

Pasangkan kelompok nilai uang berikut yang bernilai sama!


Siti ingin membeli tas dari uang tabungannya. 

Tas sekolah banyak pilihan warnanya. 

Siti meminta teman-temannya memilih warna yang bagus. 

Ternyata, setiap anak memiliki warna kesukaan yang berbeda. 

      Siswa yang memilih warna kuning ada 8 anak. 

      Siswa yang memilih warna merah ada 5 anak. 

      Siswa yang memilih warna hijau ada 10 anak. 

      Siswa yang memilih warna hitam ada 7 anak.

 

Gambar berikut menunjukkan jumlah siswa sesuai warna yang digemari.


Nah, sekarang anak-anak silahkan bertanya kepada teman satu sama lainnya, mengenai warna kesukaan teman-temanmu.

Kemudian, kalian tulis hasilnya dalam tabel di bawah ini!


Apakah sudah selesai?

Jika sudah, warna apa saja yang disukai oleh teman-teman kalian?

Baik, berarti dalam kelas ini kita menemukan kesukaan warna yang berbeda-beda? Kemudian, apa yang harus kalian lakukan jika bertemu atau bernain bersama teman yang berbeda warna?

Iya benar, kita harus saling menghormati satu dan lain. Dengan adanya perbedaan, bukan berarti kita harus bermusuhan, namun kita harus bersyukur akan adanya perbedaan tersebut yang akan melengkapi satu dengan lain. 

Ingat! Pelangi tidak akan indah, jika hanya terdiri dari satu warnaa. Pelangi terlihat Indah, karena adanya beberpa perbedaan warna yang bersatu sehingga menghasilkan bentuk yang indah. Begitupun dengan kalian, yang harus tetap bersatu, saling menghirmati dan menghargai dalam perbedaan ya..



PENUTUP (10 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga suda mengetahu warna kesukaan masing-masing teman kalian di kelas ini. Sehingga, kalian harus lebih bersyukur, saling melengkapi, mengehormati serta menghargai akan perbedaan warna itu agar kehidupan menjadi indah layaknya pelangi.

Hasil yang baik untuk pelajaran hari ini. Goodjob Kids! (apresiasi)

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar