Kamis, 29 September 2022

Materi Ajar: Kamis, 29 September 2022

 MATERI PEMBELAJARAN


Hari/ Tanggal                    Kamis, 29 September 2022

Semester                            : I

Tema 3                               Tugasku Sehari-hari

Subtema 2                         Tugasku Sehari-hari di Sekolah

Pembelajaran                   : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamualaikum anak sholih/ah..

Bagaimana hari ini? Sehat? Bahagia semuanya?

Alhamdulillah, jika pagi ini anak-anak ibu guru dalam keadaan sehat dan bahagia ya Nak.

Berarti, sudah siap untuk mengikuti pelajaran hari ini ya Nak?

Goodjob jika sudah siap. Yuukk, biar semakin semangat tepuk semangat terlebih dahulu ya…

Sekarang, siapa yang bertugas untuk memimpin doa? Silahkan!

 

Baik, apakah anak-anak masih ingat, materi yang telah kita pelajari kemarin? (apersepsi)

Iya benar, kalian sudah mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga suda mengetahu warna kesukaan masing-masing teman kalian di kelas ini. Sehingga, kalian harus lebih bersyukur, saling melengkapi, mengehormati serta menghargai akan perbedaan warna itu.

 

Sekarang, kita akan melanjutkan pembelajaran hari ini! Dengan tujuan, nantinya kalian dapat memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, menemukan dan memaknai kosakata berkaitan dengan kehidupan ekonomi di sekolah, memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan suku atau asal daerahnya, serta dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.

 

 

INTI (50 menit)

Baik, sekarang silahkan anak-anak menyimak gambar dan cerita di bawah ini!



Bermain Tebak-tebakan

Hari ini, ibu guru memberi tugas membuat kartu uang. 

Siswa membentuk kelompok secara berpasangan. 

Mereka melakukan tebak-tebakan. 

Edo mengangkat beberapa kartu. 

Beni menjawab, "dua ribu rupiah." 

Semua siswa asyik belajar dengan bermain. 

Setiap kelompok bekerja sama menyelesaikan tugas.

Semua saling membantu teman. 

Membantu teman merupakan tugas siswa.

 

Naahh.. sekarang, silahkan anak-anak bersama teman sebangkumu berlatih dan beraktivitas melakukan tebak-tebak dari kartu nominal mata uang yang akan Ibu guru bagikan ya…

Tebaklah, nominal mata uang yang ada di kartu yang akan ditunjukkan oleh teman sebangkumu. Lakukan secara bergantian, agar kalian memahami bermacam nominal mata uang.

 

Bagaimana? Seru bukan bermain tebak-tebakan? ^,^

 

Sekarang, mari kita bersama-sama membuat kalimat dari kata di bawah ini!

Ibu guru akan memilih dari beberapa di antara kalian untuk mencoba bergantian membuat kalimatnya.

 

Buatlah kalimat sederhana dari kata di bawah ini! 

membantu  

......................................................................................

 

bermain 

......................................................................................

 

kartu uang 

 ......................................................................................

 

kelompok 

......................................................................................

 

Masya Allah… anak-anak ibu guru pinter-pinter semua. Sudah pandai membuat kalimat dari kata yang telah di tentukan.

Goodjob Nak! (apresiasi)

 

Nahh.. sekarang secara bergantian dengan kelompok kalian berdiskusi tentang bagaimana bersikap terhadap teman yang memiliki suku atau asal daerah berbeda, seperti yang ada pada gambar di bawah ini!

 

Ibu guru membentuk kelompok secara berpasangan. 

Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah berbeda.

Siti berpasangan dengan Dayu. 

Beni berpasangan dengan Edo.


Coba kamu cari tahu dari mana asal daerah teman-teman kalian. Kemudian, tuliskan hasilnya dalam tabel di bawah ini!

Dan, silahkan bersama teman sekelompok kalian, untuk berlatih menyelesaiakan latihan di bawah ini!

Pasangkan kelompok uang berikut yang bernilai sama!


Apakah sudah selesai?

Jika sudah, mari kita bahas bersama-sama mengenai hasil diskusi anak-anak!



PENUTUP (10 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mempelajari mengenai penyetaraan nilai kelompok pecahan mata uang. Kemudian, kalian juga dapat membuat kalimat dari kata yang ditentukan. Anak-anak juga sudah melajar mengenai perbedaan suku bangsa dari teman-teman kalian di kelas ini. Seperti halnya perbedaan warna kemarin, kalian juga harus saling menghormati, menghargai dengan adanya perbedaan. Terutama perbedaan suku bangsa ini.

Paham ya?

 

Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar