Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 3 : Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran ke : 2
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa.
Berikut ini adalah kegiatan pembelajaran pada hari senin, 14 febuari 2022
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 2 Tema 6 Subtema 3 Tumbuhan di Sekitarku akan mempelajari tentang menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan memperhatikan aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mempraktikkan prosedur penggunaan variasi gerak melompat sesuai irama. Dengan berdiskusi mengenai aturan permainan kupu-kupu, siswa dapat mengelompokkan aturan yang berlaku pada kegiatan di sekolah. Dengan bermain peran, siswa dapat menyimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di sekolah. Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan aturan penggunaan titik pada kalimat. Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki teks huruf tegak bersambung memperhatikan penggunaan tanda titik dengan benar. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Ayo Bermain Peran
Lani dan teman-temannya bermain bersama ketika istirahat di sekolah. Nama permainan itu adalah Kupu-Kupu di Taman Bunga. Ayo, bermain bersama seperti Lani dan teman-temannya.
Perhatikan aturan mainnya.
1. Siswa dibagi menjadi dua kelompok.Ayo Berdiskusi
2. Kelompok 1 menjadi bunga.
3. Kelompok 2 menjadi kupu-kupu.
4. Satu bunga berpasangan dengan satu kupukupu.
5. Kupu-kupu berdiri di belakang bunga.
6. Satu orang siswa menjadi pemimpin permainan.
7. Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan genap, kupu-kupu berlari di belakang bunga sebanyak lima kali.
8. Ketika pemimpin permainan menyebutkan satu bilangan ganjil, bunga berlari dan bertukar tempat dengan bunga yang lain.
Dalam setiap permainan, selalu ada peraturan permainan.
Mengapa harus ada peraturan?
Agar permainan dapat berjalan dengan lancar sesuai aturan.
Apakah dalam keseharianmu kamu juga memiliki peraturan ketika bermain di sekolah?
Ya.
Tuliskan peraturan yang kamu temukan ketika jam istirahat di sekolahmu!
Peraturan Ketika Jam Istirahat di Sekolah
1. Dilarang keluar dari lingkungan sekolah, kecuali seizin bapak/ibu guru.
2. Setelah makan dan minum, sisa dan bungkus makanan harap buang sampah pada tempatnya.
3. Dilarang bermain bola (olah raga lapangan) di dalam kelas atau di ruangan lainnya.
4. Dilarang bermain sepeda di halaman sekolah.
5. Pastikan membersihkan alas kaki sebelum masuk ke dalam kelas.
Ayo Bermain Peran
Bacalah percakapan di bawah ini! Kemudian, coba lakukan percakapan sesuai peran pada teks.
Beni : Edo, hari ini kita mendapat jadwal piket kelas.
Edo : Benar, Beni. Itulah sebabnya, aku datang lebih pagi.
Beni : Siapa lagi yang piket hari ini?
Lani : Aku, Beni. Mari kita mulai membersihkan kelas. Aku menyapu lantai kelas.
Beni : Aku juga menyapu lantai kelas.
Edo : Aku merapikan rak buku.
Lani : Baiklah, mari kita mulai bekerja.
a. bermain pada jam pelajaran
b. menggunakan alat permainan yang aman
c. mengembalikan alat permainan selesai digunakan
2. Zaki dan teman-temannya ingin bermain bola saat jam istirahat. mereka sebaiknya bermain di...
a. ruang kelas
b. ruang UKS
c. halaman sekolah
3. Piket kelas dilakukan...
a. sendirian
b. bersama-sama
c. malas-malasan
4. Berikut aturan mengikuti kegiatan belajar disekolah, adalah..
a. Menjaga ketenagan saat kegiatam belajar berlangsung
b.. Berdoa sebelum dan sesudah tidur
c. Menggati pot sesuai ukuran tanaman
5. Contoh perbuatan mencintai tumbuhan adalah ..
a. Menyiram tumbuhan secara teratur
b. Memetik bunga lalu membuangnya
c. membiarkan tumbuhan layu dan mati.
Bahasa Lampung
Kita jaga lingkungan alam sekitar.
Bacalah syair lagu berikut ini dan pahami teks nya.
DIBI DI GUNUNG SEMINUNG
Lagu : Sarijo
Syair : H. Tarmizi Nawawi
Seminung dikala dibi
Cahyani kuning gegoh emas
Jelmani hampaghan mata
Tebingni nyejukko hati
Manuk manuk behambughan
Dija Dudi ghagom bepantun.
Ngerasako angin seminung
Ceghita Jak jaman saka
Segala Huma dijaman tumbai
Tanoh tumbuh tuwo Mak buhantagha
Seminung sikop dilingkughi way
Kaghunia Tuhan Maha Kuasa.
Arti kata:
Cahyani : Cahaya nya.
Tebingni : Tebing nya
Hampagha : hamparan.
Buhambughan : berhamburan
Ghagom: Ragam.
Ngeghasako: merasakan
Tuwoh : Tumbuh
Buhantagha: berjarak .
Sikop: cantik/indah
Dilingkoghi: di lingkari
Kaghunia: Karunia
Insya Allah minggu depan kita akan bersama-sama belajar menyanyikannya ya anak-anak. Untuk kegiatan hari ini tugasmu di pembelajaran bahasa Lampung hanya menghapalkan kosakata dalam lagu tersebut.
Lingkungan alam sekitar kita harus tetap kita jaga dan dilestarikan agar alam sekitar kita tidak rusak dan musnah.
Lingkungan alam yang ada di Lampung diantaranya:
1. Taman Hutan kegha terdapat di Bandar Lampung
2. Taman way kambas terdapat di Lampung Timur.
3. Musium Lampung terdapat di Bandar Lampung
4. Taman hutan raya Wan Abdurrahman terdapat di pesawaran.
5. Bendungan wai rarem terdapat di Lampung Utara
6. Bendungan Batu Tegi terdapat di Tanggamus.
7. Taman nasional bukut barisan Selatan di Pesisir barat dan Lampung barat.
8. Musium transmisi terdapat di pesawaran
9. Pantai merak belatung terdapat dikalianda Lampung Selatan.
10. Danau Ranau terdapat diperbatasan Lampung barat dan Sumatra selatan
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb
Tidak ada komentar:
Posting Komentar