Satuan Pendidikan : SD Al Azhar 1
Kelas / Semester : 2 /2
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Sub Tema 2 : Merawat Hewan di Sekitarku
Pembelajaran ke : 5
Selamat pagi anak sholeh, sholehah dan anak pintarnya Ibu guru. Bagaimana kabarnya hari ini? Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat dan dalam lindungan Allah yaa
Oke Ibu guru persilahkan untuk anak-anak sholeh dan sholeha mempersiapkan alat-alat untuk belajar hari ini, namun sebelum itu jangan lupa untuk mandi dan sarapan terlebih dahulu ya. Selanjutnya silahkan simak tausiyah, murojaah, serta sholat dhuha ya sayang baru kita akan mulai pembelajaran kita hari ini.
Pada Pembelajaran 5 Tema 6 Subtema 2 Merawat Hewan di Sekitarku akan mempelajari tentang menemukan aturan penggunaan huruf kapital pada teks dan menyunting teks. Mengelompokkan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menceritakan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika mengunjungi perpustakaan sekolah. Menjelaskan prosedur penggunaan variasi gerak berlari sesuai irama dan mempraktikkan prosedur gerak berlari sesuai irama. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.
Lani memiliki hewan peliharaan. Hewan peliharaan Lani adalah ayam dan kelinci. Lani merawat ayam dan kelincinya dengan baik. Lani dibantu Ayah dalam merawat hewan peliharaannya. Ada juga petugas kandang yang bertugas membersihkan kandang.
Ayah sering membelikan buku tentang hewan peliharaan. Lani senang membaca buku tentang hewan peliharaan. Lani juga senang membaca buku di perpustakaan sekolah.
Ayo Berdiskusi!
Apa yang ingin kamu ketahui dari gambar di atas? Buatlah pertanyaan tentang hal-hal yang ingin kamu ketahui dari gambar tersebut.
Misalnya:
Bagaimana cara meminjam buku di perpustakaan?
Tukarkan pertanyaanmu dengan pertanyaan temanmu! Jawablah pertanyaan temanmu!
Pertanyaan : Siapa saja yang sedang membaca buku di perpustakaan?
Jawaban : Lani dan teman-temanya.
Pertanyaan : Mengapa buku di perputakaan harus dikembalikan ke tempat semula?
Jawaban : Agar perpustakaan tetap tertib dan rapi.
Pertanyaan: Apa saja peraturan yang ada di perpustakaan?
Jawaban: Tidak boleh bising atau bersuara keras saat diperpustakaan, karena dapat menganggu pengunjung lain yang sedang membaca buku.
Ayo Menulis!
Tanyakan tata tertib yang berlaku di perpustakaan sekolahmu kepada petugasnya! Tuliskan tata tertib tersebut pada lembar kertas tugas! Lakukan bersama teman kelompokmu!
Tata Tertib Di Perpustakaan
- Setiap pengunjung diwajibkan mengisi buku pengunjung.
- Pengunjung dilarang makan dan minum di dalam perpustakaan.
- Pengunjung wajib menjaga ketenangan di dalam ruangan perpustakaan.
- Pengunjung tidak membuang sampah di sembarang tempat.
- Buku yang telah selesai dibaca harus dikembalikan ke tempat semula.
Ayo Bercerita!
Ceritakan pengalamanmu dalam mematuhi tata tertib di perpustakaan sekolah. Tuliskan ceritamu itu menggunakan huruf tegak bersambung pada tempat yang tersedia!
Pengalaman saya dalam mematuhi tata tertib perpustakaan sekolah adalah dengan mengembalikan buku yang saya pinjam tepat waktu. Buku yang saya pinjam pun saya jaga baik-baik agar tidak rusak, sobek, terkena air dan lain sebagainya. Selain itu, ketika saya ada di dalam perpustakaan maka saya menjaga diri saya agar tidak bising dan menggangu pengunjung lain.
Bacalah dengan suara nyaring kalimat di bawah ini.
“Aku anak yang menaati peraturan di sekolah”.
Ayo Membaca!
Hari ini Lani mendapat tugas bercerita di depan kelas. Lani bercerita tentang hewan peliharaannya. Hampir semua teman Lani memperhatikan. Namun Udin dan Beni mengobrol saat Lani bercerita. Siti dan Dayu pun mengingatkan mereka, Memperhatikan orang yang berbicara di depan kelas adalah tanda kita menghormati orang lain.
Terdapat beberapa nama orang pada bacaan di atas. Siapa sajakah nama dalam cerita di atas?
Jawaban: terdapat 5 orang.
1. Lani
2. Udin
3. Beni
4. Siti
5. Dayu
Selain digunakan ada awal kalimat, nama hari, dan nama bulan, huruf kapital juga digunakan ketika menuliskan nama orang.
Ayo Berlatih!
Bacalah kalimat-kalimat berikut. Yang ibu guru Lingkari adalah penulisan nama orang yang tidak menggunakan huruf kapital, seharusnya nama orang ditulis dengan huruf kapital walaupun ada di tengah kalimat. Perhatikan kalimat-kalimat di bawah ini!
contoh penulisan nama orang yang salah ada pada kata-kata yang ibu guru lingkari.
Jika sudah memahaminya ayo kita berlatih anak-anak hebat!
Perhatikan contoh:
membaca – susi – cerita – buku
Jawab :
Susi membaca buku cerita.
LATIHAN HARI INI
Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar. Gunakan huruf kapital pada awal kalimat dan nama orang. Gunakan tanda titik untuk mengakhiri kalimatmu. Gunakan huruf tegak sambung. Lingkari dengan pensil warna huruf yang ditulis dengan huruf kapital. Selamat mengerjakan!
1. ibu – mengerjakan – lani – PR – membantu
2. datang – ke sekolah – udin dan beni – tepat waktu
3. dayu – suka – menyontek – tidak
4. berdiskusi – siti, dayu, dan lani – kelas – di dalam
5. boneka – menggambar- ibu tati – di papan tulis
Nah anak-anak, demikian pembelajaran kita hari ini. Jika telah selesai, kirimkan kolase foto hasil penugasan kepada ibu guru.
Silakan berdoa dan rapikan kembali perlengkapan belajarnya.
Oh iya, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada orangtua yang telah membimbing kalian belajar hari ini.
Sampai jumpa, salam sehat dan tetap semangat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar