Hari / Tanggal : Selasa/ 6 Agustus 2024
Kelas : 2. C
Mata Pelajaran : Matematika dan Seni Rupa
Materi : Membandingkan Bilangan dan Membuat Karya Cetak
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
Melalui kegiatan pembelajaran hari ini, Ibu Guru harap kalian mampu memahami bagaimana membandingkan nilai bilangan 3 angka dan memahami bunyi dan simbol Pancasila.
CP Matematika
Pada akhir fase A, peserta didik menunjukkan pemahaman dan memiliki intuisi bilangan (number sense) pada bilangan cacah sampai 100, mereka dapat membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, serta melakukan komposisi (menyusun) dan dekomposisi (mengurai) bilangan. Peserta didik dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan menggunakan benda-benda konkret yang banyaknya sampai 20. Peserta didik menunjukkan pemahaman pecahan sebagai bagian dari keseluruhan melalui konteks membagi sebuah benda atau kumpulan benda sama banyak, pecahan yang diperkenalkan adalah setengah dan seperempat.
Membandingkan Dua Bilangan
Untuk membandingkan bilangan, kita dapat menggunakan kata kata lebih banyak, lebih sedikit atau sama banyak.
Selain itu, juga bisa dengan tanda > (lebih besar), tanda < (lebih kecil) dan tanda = (sama banyak).
Ayo, kita bandingkan bilangan!Langkah untuk membandingkan bilangan :
1. Lihat angka ratusannya terlebih dahulu, mana yang lebih besar
2. Jika ratusannya sama besar, maka lihatlah puluhannya
3. Jika puluhannya sama besar, maka lihatlah satuannya
Contoh
Bandingkanlah bilangan di bawah ini!
257 ....... 268
200 sama dengan 200
50 lebih kecil dari pada 60
7 lebih kecil daripada 8
Jadi : 257 lebih kecil daripada atau 257 < 268.
CP Seni Rupa
Siswa mampu menciptakan karya dengan mengeksplorasi dan menggunakan elemen seni rupa berupa garis, bentuk dan warna.
Menggambar/Membuat Karya Cetak dari Bentuk Sekitar
Membuat karya dengan menggunakan teknik cetak stensil dengan menggunakan cetakan yang digambar sendiri atau dari benda-benda yang terdapat di sekitarnya.
Langkah-langkahnya yaitu:
1. Buatlah bentuk-bentuk yang kalian inginkan dengan menggunakan oil pastel berwarna primer.
2. Guntinglah mengikuti garis terluar bentuk yang kalian buat.
3. Letakkan potongan bentuk tersebut di atas kertas pada posisi yang diinginkan.
4. Tahan potongan kertas menggunakan satu tangan agar tetap pada tempatnya, sementara gunakan ibu jari atau telunjuk tangan yang lain untuk mengusap lembut oil pastel ke arah luar bentuk untuk mendorong minyak dari oil pastel pindah ke kertas lain mengikuti bentuk potongan.
Demikian pembelajaran hari ini, semoga bermanfaat.
Jangan lupa ibadah di rumah ya, Nak!
Ibu Guru akhir, wassalamualaikum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar