Hari/ Tanggal : Jumat, 1 Maret 2024
Tema 6 : Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema 4 : Merawat Tumbuhan
Pembelajaran : 4
Bismillah..
Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Pada Pembelajaran 4 Tema 6 Subtema 4 Merawat Tumbuhan akan mempelajari tentang menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dan melakukan kegiatan sesuai aturan di sekolah. Menjelaskan prosedur gerak menekuk sesuai ketukan dengan benar dan mempraktikkan prosedur gerak meliuk sesuai ketukan dengan benar. Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat menemukan penggunaan tanda tanya dengan benar. Dengan mengamati teks percakapan, siswa dapat membaca kalimat tanya dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Dibelakang halaman rumah Dayu berbagai tanaman sayur dan buah.
Tanaman sayur dan buah dirawat itu dirawat oleh Dayu.
Bacalah teks berIikut!
Keluarga Dayu suka berkebun.
Ibu Dayu menanam berbagai tanaman bunga di depan rumah.
Ayah Dayu menanam buah dan sayur di belakang rumah.
Semua tanaman dirawat dan dipelihara. Semua tanaman diberi pupuk secara teratur. Semua tanaman disiram setiap hari.
Dayu bertugas untuk memetik daun-daun yang layu. Ibu Dayu memetik buah pohon yang masak.
Rumah Dayu menjadi asri karena tanaman yang terawat.
Masih ingatkah kamu dengan penggunaan kalimat tanya?
Dapatkah kamu membuat pertanyaan berdasarkan teks di atas?
Kata tanya apa saja yang dapat kamu gunakan? Diskusikan dengan temanmu.
Siapa |
Di mana |
Berapa |
Kapan |
Apa |
Lingkari kata tanya yang dapat kamu gunakan berdasarkan teks di atas.
Aku membuat bunga dari kertas tisu. Cara membuatnya:
1. Kertas tisu dilipat hingga berbentuk menyerupai bunga.
2. Setelah dilipat, kertas tisu diikat ujungnya menggunakan benang.
Di halaman rumah dayu terdapat pohon mangga. Pohon mangga dayu sedang berbuah lebat.
Mangga yang sudah masak mulai dipetik. Mangga yang dipetik ditimbang.
Dayu memasukkan buah mangga yang dipetik ke dalam keranjang.
Ada keranjang yang besar, ada keranjang yang kecil.
Perhatikan gambar keranjang-keranjang yang berisi mangga berikut.
Mangga-mangga tersebut akan dibagikan kepada para tetangga.
Oleh karena itu, mangga-mangga tersebut dimasukkan ke dalam tas plastik.
Satu plastik bisa memuat 1 kg buah mangga.
Perhatikan gambar 5 kg yang dimasukkan ke dalam tas plastik.
Ada berbagai macam tanaman hias. Kaktus adalah salah satunya.
Pernahkah kamu melihat tanaman kaktus?
Kaktus adalah tanaman yang tumbuh di daerah kering seperti gurun.
Daun kaktus biasanya berduri.
Kaktus tidak membutuhkan air yang banyak untuk hidup. Kaktus dapat menyimpan air pada batangnya.
Siti, Beni, Dayu, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.
Di sekolah, Siti bertugas menyiramnya setiap 3 hari sekali.
Bersama dengan teman sebangkumu, susunlah kalimat tanya berikut.
Kemudian, jawablah sesuai bacaan di atas.
Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.
Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan contoh!
Membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus - yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus dalam pot
Jawaban : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa tanaman kaktus dalam pot.
1. Dapat – kaktus – di mana – tumbuh
Pertanyaan :
Jawaban :
2. Air – menyimpan – kaktus – di mana
pertanyaan :
Jawaban :
3. Bentuk – daun – bagaimana – kaktus
Pertanyaan:
Jawaban :
4 Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa yang
Pertanyaan :
Jawaban :
5. kapan – menyiram – Siti – KAKTUS
Pertanyaan :
Jawaban :
Tanaman hias ditanam di dalam pot.
Ibu dayu ingin menggantung tanaman-tanaman hias di atap teras rumah.
Supaya tidak terlalu berat, pot-pot itu ditimbang terlebih dahulu.
Ada pot yang beratnya 5 ons. Ada pot yang beratnya 2 ons.
Mana yang lebih berat mari kita gunakan tanda > dan <
5 ons > 2 ons
TUGAS
MENYUSUN KATA MENJADI KALIMAT
Pilihlah kata tanya sebagai awal kata pada kalimat. Gunakan huruf kapital di awal kalimat.
Gunakan tanda tanya di akhir kalimat. Gunakan huruf tegak bersambung.
Perhatikan contoh:
Membawa – siapa – dalam pot – tanaman kaktus - yang
Pertanyaan : Siapa yang membawa tanaman kaktus
dalam pot
Jawaban : Siti, Dayu, Beni, dan Udin membawa
tanaman kaktus dalam pot.
1. Dapat – kaktus – di mana – tumbuh
Pertanyaan :
Jawaban :
2. Air – menyimpan – kaktus – di mana
pertanyaan :
Jawaban :
3. Bentuk – daun – bagaimana – kaktus
Pertanyaan:
Jawaban :
4. Menyiram – di sekolah – kaktus – siapa yang
Pertanyaan :
Jawaban :
5. kapan – menyiram – Siti – KAKTUS
Pertanyaan :
Jawaban :
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar