Assalamualaikum sholeh sholehah 2b semangat pagi hari ini kita akan belajar lagi tentang Pancasila dan bilangan. Semangat belajar☺️☺️
Video Pembelajaran
Tibalah saatnya Pentas Seni Hari Kemerdekaan.
Anak-anak menyanyikan lagu Wajib Belajar.
Ayo Mengamati
Simaklah syair lagu Wajib Belajar di bawah ini!
Wajib BelajarLagu: Restu Narwan SutarmasSyair: Restu Narwan Sutarmas dan H. WinarnoArr: F.X. SutopoMari kita laksanakan wajib belajarPutra putri tunas bangsa harapan negaraWajib blajar cerdaskan kehidupan bangsaTuk menuju masyarakat adil sejahteraGunakan waktumu isilah hidupmuTekunlah belajar giatlah bekerjaBerantas kebodohan perangi kemiskinanHabis gelap terbit terang hari depan cerlangAyo kita giatkan wajib belajarJangan putus tengah jalan marilah tamatkanTanam ilmu sekarang petik hari depanCerdas terampil berwibawa penuh daya ciptaGunakan waktumu isilah hidupmuTekunlah belajar giatlah bekerjaJadikan tunas bangsa inti pembangunanAdil makmur sejahtera merata bahagia
- Bermusyawarah untuk menentukan aturan bermain
- Bermusyawarah untuk menentukan siapa yang menjadi pemain
- Menjaga kerukunan dengan tidak memaksakan kehendak
- Menghormati keputusan yang telah dibuat bersama
- Menghargai pendapat teman.
- Menentukan pemain dalam sebuah permainan dengan adil dan secara bergilir.
- Tidak pilih kasih ketika bermain dengan teman-teman
- Menghargai dan tidak mengolok teman yang kalah
- Memberikan bantuan jika ada teman bermain yang kesusahan
- Menghindari sikap sombong di tempat bermain.
Penentuan lagu tersebut dilakukan dengan cara bermusyawarah
Udin memimpin musyawarah.
Beberapa lagu ditentukan terlebih dahulu.
Setiap anak mengemukakan pendapat secara bergantian.
Ada empat lagu yang diusulkan.
Akhirnya, lagu Wajib Belajar dipilih untuk dinyanyikan.
Setelah bermusyawarah, para siswa merapikan kelas.
Ketuakelas memimpin pembagian tugas.
Setiap siswa melaksanakan tugasnya masing-masing.
Kelas menjadi bersih dan nyaman untuk belajar.
Musyawarah untuk memilih lagu yang akan dinyanyikan merupakan penerapan sila keempat Pancasila.
Para siswa bergotong royong merapikan kelas merupakan penerapan sila kelima Pancasila.
Ayo Menulis
Tulislah rumusan sila Pancasila yang sesuai dengan simbolnya!
Ayo BerlatihPasangkan sikap pada gambar dengan sila yang sesuai!
Tuliskan contoh lain yang sesuai sila keempat atau kelima ketika bermain dengan teman!
Sila Keempat | Sila Kelima |
---|---|
Ayo Mencoba
Ceritakan pengalamanmu menerapkan sila keempat Pancasila di tempat bermain!
Saat bermain sepak bola di lapangan, Edo tidak sengaja menyenggol Beni hingga terjatuh. Beni marah karena mengira Edo melakukannya. Aku dan teman-teman berusaha melerai dan mendamaikan mereka. Kami mengajak mereka bermusyawarah untuk menyelesaikan masalah.
Ceritakan pengalamanmu menerapkan sila kelima Pancasila di tempat bermain!
Aku dan teman-teman suka bermain kasti bersama. Walaupun kami berbeda agama dan suku bangsa, kami selalu kompak dalam bermain. Kami saling mendukung dan tidak membeda-bedakan. Sikap inilah yang membuat bermain menjadi menyenangkan.
Sampaikan pengalamanmu di depan kelas dengan percaya diri.
Ayo Berlatih
Penonton acara pentas seni cukup banyak.
Pada acara pentas seni juga diundang warga dari perkampungan lain.
Bagian konsumsi menyediakan kotak makanan dan minuman.
Ada 362 kotak makanan.
Ada 356 kotak minuman.
Ada 348 botol air mineral.
Cara untuk mengurutkan beberapa bilangan dengan membandingkan nilai ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 362, 356, dan 348.
Nilai ratusan ketiga bilangan tersebut sama, yaitu 300.
Nilai puluhannya tidak sama, yaitu 60, 50, dan 40.
Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 60
Urutan bilangan : 348, 356, 362
Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terbesar sampai terkecil!
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
623 = | 600 | + | 20 | + | .3 | 345 | 300 | + | 40 | + | 5 |
437= | 400 | + | 30 | + | 7 | 967 | 900 | + | 60 | + | 7 |
735= | 700 | + | 30 | + | 5 | 464 | 400 | + | 60 | + | 4 |
Nilai ratusan tidak sama | Nilai ratusan tidak sama | ||||||||||
Urutan ratusan mulai dari yang terbesar : 700, 600, 400 Urutan bilangan : 735, 623, dan 437 | Urutan nilai ratusan mulai dari yang terbesar: 900, 400, 300 Urutan bilangan : 967, 464, dan 345 |
Urutkan bilangan-bilangan berikut dari yang terkecil sampai terbesar!
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
352 = | 300 | + | 50 | + | .2 | 453 | 400 | + | 50 | + | 3 |
347= | 300 | + | 40 | + | 7 | 467 | 400 | + | 60 | + | 7 |
375= | 300 | + | 70 | + | 5 | 446 | 400 | + | 40 | + | 6 |
Nilai ratusan sama Nilai puluhan berbeda | Nilai ratusan sama Nilai puluhan berbeda | ||||||||||
Urutan puluhan mulai dari yang terkecil : 40, 50, 70 Urutan bilangan : 347, 352, dan 375 | Urutan nilai puluhan mulai dari yang terkecilr: 40, 50, 70 Urutan bilangan : 446, 453, dan 457 |
Urutkan bilangan-bilangan tersebut dari yang terbesar sampai terkecil dengan teliti!
Nilai ratusan sama
Nilai puluhan berbeda bilangan 112 memiliki puluhan 1 sehingga menjadi bilangan terbesar
Nilai satuan pada bilangan 107 lebih besar dari nilai satuan pada bilangan 103
Jika diurutkan dari yang terbesar adalah 112, 107, dan 103.
Urutkan bilangan dengan memperhatikan banyak kubus satuan!
Urutkan banyak kubus satuan tersebut dari yang paling banyak dengan teliti!
Nilai ratusan sama
Nilai puluhan berbeda, urutan puluhan dari yang terbesar: 60, 40, dan 30
Urutan : 364, 342, dan 338
Tugas
Tuliskanlah kalimat ajakan yang ada pada lagu wajib belajar! Gunakan huruf tegak bersambung ya, kerjakan di buku latihanmu☺️
Tidak ada komentar:
Posting Komentar