Assalamualaikum anak sholeh sholehah 2b🤗
Anak-anak bagaimana kabar kalian? Mudah-mudahan selalu sehat, semangat dan bahagia ya. Anak-anak sebelum memulai kegiatan kita baca doa belajar dulu ya (berdoa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing). Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan!
Hari ini kita akan belajar tentang tarian, kalimat ajakan dan membandingkan dua bilangan.
Ayo Mengamati
Pentas seni diadakan untuk merayakan Hari Kemerdekaan.
Dalam acara pentas seni, Siti dan teman-teman akan menari.
Mereka bersemangat mempersiapkan tarian.
Inilah tarian yang akan ditampilkan Siti
Lakukanlah gerakan-gerakan tarian tersebut secara berurutan sesuai hitungan!
Perhatikan koordinasi gerak tangan, kaki, dan kepala.
Gerakan juga dapat dikembangkan sendiri.
Lani memperhatikan Siti berlatih menari.
Ia juga ingin ikut menari.
Apa yang sebaiknya dilakukan Siti?
Menurutku, sebaiknya Siti :
Menurutku, sebaiknya Siti mengajak Lani berlatih menari bersama.
Ayo Mengamati
Udin juga akan memeriahkan malam kesenian perayaan Hari Kemerdekaan.
Ia akan menyanyikan lagu Gembira Berkumpul.
Perhatikan syair lagu tersebut dengan teliti!
Gembira BerkumpulCiptaan: A.T. MahmudAyo kawan ayo kawan berkumpulBerkumpul bersenang senang semuanyaJangan segan jangan segan bersamaBersama menyanyi bergembiraTepuk tangan tepuk tanganTepuk tangan bergembiraSekali lagi sekali lagiTepuk tangan kita semua bergembira
Silahkan simak video Lagu Gembira Berkumpul berikut ini !
Sebutkan kalimat ajakan dalam teks lagu di atas!
Ayo kawan, ayo berkumpul
Apa itu kalimat ajakan?
Kalimat ajakan adalah kalimat yang mengharapkan tanggapan berupa tindakan dari orang yang diajak bicara. Kalimat ajakan termasuk ke dalam jenis kalimat perintah karena kalimat ajakan mengandung unsur memberikan perintah kepada seseorang untuk melakukan suatu. Kalimat ajakan memiliki beberapa ciri khusus, yaitu:
- Kalimat ajakan biasanya dimulai dengan kata mari, marilah, ayo, ayolah, yuk, dan sejenisnya.
- Ada kegiatan yang diharapkan dilakukan oleh orang yang diajak.
- Menggunakan kata ganti 'kita' atau 'kami', jika mengajak seseorang untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama dengan orang yang mengajak.
- Jika yang diajak lebih dari satu orang, biasanya menggunakan kata ganti jamak, contohnya: teman-teman.
- Biasanya ditandai dengan tanda seru (!) di akhir kalimat sebagai penegasan.
Ayo Bermain Peran
Buatlah percakapan antara Siti dan Lani!
Percakapan mereka berisi tentang ajakan Siti kepada Lani.
Siti mengajak Lani untuk ikut menari.
Siti mengatakan agar Lani mau menari di depan teman-teman.
Peragakan percakapan tersebut di depan kelas!
Percakapan Siti dan Lani:
Siti | : | "Lani, ayo ikut aku berlatih menari" |
Lani | : | "Tapi aku belum bisa menari, Siti" |
Siti | : | "Tidak apa-apa, aku akan membantumu berlatih" |
Lani | : | "Baiklah Siti, terimakasih sudah membantuku" |
Ayo Mengamati
Tidak hanya anak-anak yang sibuk.
Ibu-ibu pun sibuk mempersiapkan konsumsi.
Ada 225 makanan kotak dan 252 minuman botol. Manakah yang lebih banyak?
Cara untuk menentukan suatu bilangan lebih banyak atau kurang dari dengan membandingkan nilai angka pada tempat ratusan, puluhan, dan satuannya.
Perhatikan bilangan 225 dan 252
Nilai angka pada tempat ratusan kedua bilangan tersebut sama, yaitu 200.
Nilai angka pada tempat puluhannya tidak sama, yaitu 20 dan 50.
Karena 20 kurang dari 50, maka 225 kurangdari 252.
Perbandingan kedua bilangan dapat ditulis dalam bentuk simbol.
Simbol “ < “ menunjukkan bilangan kurang dari.Simbol “ > “ menunjukkan bilangan lebih dari.Simbol “ = “ menunjukkan bilangan sama dengan.
Jadi, dapat ditulis 225 < 252
- Pada nilai tempat ratusan kedua bilangan memiliki ratusan yang sama.
- Selanjutnya ke nilai tempat satuan 6 lebih besar dari 4
- Sehingga 365 > 347
Berikut ini beberapa contoh yang lain
Bilangan 1 | Simbol | Bilangan 2 |
---|---|---|
965 | > | 867 |
574 | < | 678 |
754 | > | 253 |
198 | > | 145 |
546 | < | 657 |
Ayo Berlatih
Bandingkan dua bilangan berikut dengan memperhatikan angka penyusunnya!
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
349 = | 300 | + | 40 | + | .9 | 325 | 300 | + | 20 | + | 5 |
394= | 300 | + | 90 | + | 4 | 352 | 300 | + | 50 | + | 2 |
Bilangan 349 kurang dari 394 | Bilangan 325 kurang dari 352 | ||||||||||
Jadi, 349 < 394 | Jadi, 325 < 352 |
Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | Bilangan | Ratusan | Puluhan | Satuan | ||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
668 = | 600 | + | 60 | + | .8 | 512 | 500 | + | 10 | + | 2 |
662= | 600 | + | 60 | + | 2 | 521 | 500 | + | 20 | + | 1 |
Bilangan 668 lebih dari 662 | Bilangan 512 kurang dari 521 | ||||||||||
Jadi, 668 > 662 | Jadi, 512 < 521 |
Lengkapi titik-titik dengan tanda “< , = , atau > “!
1. 278 .... 227
2. 315 .... 351
3. 408 .... 480
4. 260 .... 265
Tidak ada komentar:
Posting Komentar