Minggu, 08 Maret 2020

Materi Ajar: Kamis, 12 Maret 2020


Hari/ tanggal                             : Kamis/ 12 Maret  2020
Kelas                                         : 2
Tema/ Subtema/Pembelajaran  : 7 (Kebersamaan) / 2 (Kebesamaan di sekolah)/ 4
Alat peraga                               :

RINGKASAN MATERI

1.       Bahasa Indonesia
Kata Sapaan
Persahabatan Elang
dan Ayam Jantan

Elang : “Keluarlah sahabatku, penjahat itu sudah pergi.”
Ayam jantan : “Terima kasih Elang, engkau telah menyelamatkanku .”
Elang : “Kenapa sahabatku, tampaknya engkau sedih sekali, engkau sakit?”
Ayam jantan : “Tidak, aku sehat. Aku mau bertanya padamu, sahabat.”
Elang : “Apa kawan, tanyalah.”
Ayam jantan : “Kenapa engkau dapat terbang tinggi, aku melompat pun tidak dapat. Bukankah kita sama-sama burung?”
Elang : “Dulu aku juga tidak dapat terbang. Setelah aku menjahit kedua sayapku dengan jarum emas ini, aku menjadi ringan dan dapat terbang.”
Ayam jantan : “Kalau begitu, bolehkah aku meminjam jarum emas itu?”
Elang : “Boleh, kau harus ingat yang kau jahit kedua sayapmu supaya jadi ringan. Kau harus berjanji tidak akan memin jamkan jarum itu kepada siapa pun, dan jangan sampai hilang.”
Ayam jantan : “Sahabatku, engkau tak usah bimbang. Aku akan berhati-hati dan akan segera mengembalikannya kepadamu.”
Burung Elang pun menyerahkan jarum emas itu kepada Ayam Jantan. Ayam Jantan menerimanya dengan gembira. Ayam Jantan pun menjahit keduanya sayapnya. Tetapi ia tidak sabar, belum selesai menjahit, Ayam itu terus mengepakkan sayapnya dan melompat ke atas pagar.
“Koo, koo, aak, koo, aak, aku dapat terbang.” Ayam Jantan itu rupanya diperhatikan oleh Ayam Betina yang kebetulan lewat di situ.

Kata sapaan dari cerita di atas adalah:
·   Keluarlah sahabatku, penjahat itu sudah pergi.
·   Kenapa sahabatku, tampaknya engkau sedih sekali.
·   Aku mau bertanya padamu, sahabat.
·   Bukankah kita sama-sama burung?

Soal
Buatlah kalimat sapaan dari kata; Kakak, Ibu, Bibi, Bu Guru, Dokter !

2.       PKn
Perbedaan Karakteristik Individu
Ibu Guru membentuk kelompok kecil. Setiap anggota memiliki suku atau asal daerah yang berbeda. Siti satu kelompok dengan Dayu. Siti berasal dari Jawa, Dayu berasal dari Bali. Beni satu kelompok dengan Edo. Beni berasal dari Batak, Edo berasal dari Papua. Ayu satu kelompok dengan Made.
Ayu berasal dari Jawa, Made berasal dari Bali. Meskipun berbeda suku atau asal daerah, Siti dan teman – teman selalu rukun. Mereka belajar dan bermain dalam kebersamaan. Mereka saling membantu dan nemolong.
3.       Matematika
Pecahan
Ino memiliki ayam jatan dan ayam betina dan elang yang sedang berkumpul.
Ayam jantan, Ayam Betina dan Elang sedang berkumpul bersama. Banyak hewan tersebut ada 3.
Banyak Elang dapat dinyatakan sebagai pecahan 1/3.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar