Selasa, 07 Mei 2024

Materi Ajar: Selasa, 7 Mei 2024

 Hari/ Tanggal                   :  Selasa, 7 Mei 2024

Tema 8                               :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 2                         :  Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran                   :  3

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-3 ya Nak.

Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda titik dengan lafal dan intonasi yang tepat. Dengan mengamati gambar dan pemodelan, kalian dapat mengidentifikasi dan melakukangerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik dengan benar.

  

Merawat benda-benda di rumah tanggung jawab setiap anggota keluarga.

 

Ayo Mengamati

Bacalah teks percakapan berikut dengan nyaring!


Apa isi percakapan Udin dan teman-teman yang terdapat pada halaman sebelumnya? 

Sikap apa yang ditunjukkan oleh Udin?

 

Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik pada kalimat? 

Bacalah kembali kalimat berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat! 

1. Teman-teman, piala ini aku peroleh ketika masih kelas I SD. 

2. Waktu itu aku juara lomba mewarnai. 

3. Aku selalu merawatnya sampai sekarang agar tahan lama. 

 

Kalimat-kalimat di atas selalu diberi tanda titik di akhir kalimat. 

Selain itu, tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu. 

Misalnya saja pukul delapan, ditulis pukul 08.00. 

Pada pukul 08.00, tanda titik digunakan pemisah antara bilangan jam dan menit.


Ayo Berlatih

Buatlah kalimat yang sesuai dengan tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam! 

Tuliskan di bawah ini!


Ayo Mengamati

Coba amati kembali gambar Udin ketika membersihka piala!

Apa alat yang digunakan Udin untuk membersihkannya?

Udin menggunakan kemoceng bukan?

Masih ingatkan kamu dengan tari gerakan menggunakan kemoceng?

Gerakan tari dapat dilakukan dalam posisi duduk dan berdiri.

Perhatikan kembali gambar gerakan tari berikut!


Ayo Mencoba

Lakukan kembali gerakan tari seperti pada gambar! 

Agar lebih menarik, iringi dengan alat musik. 

Boleh menggunakan alat musik ritmis. Misalnya saja gendang, tifa, dan tamborin. 

Perhatikan gambar alat musik ritmis berikut!

Jika alat musik ritmis tidak ada, boleh menggunakan kemasan-kemasan botol plastik bekas minuman. Mainkan mengikuti pola hitungan yang teratur.

  

Ayo Mengamati

Masih ingatkah kamu aturan penggunaan tanda titik? 

Tanda titik digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu. 

Misalnya, pemisah antara angka jam dan menit. 

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!



Ayo Berlatih

Hitunglah pukul berapa kegiatan-kegiatan berikut selesai!

Gambarkan posisi jarum panjang dan jarum pendeknya di mana! 

Hitung pula berapa menit lama kegiatan itu berlangsung!




Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar