Rabu, 08 Mei 2024

Materi Ajar: Rabu, 8 Mei 2024

 


Hari/ Tanggal       :  Rabu, 8 Mei 2024

Tema 8                 :  Keselamatan di Rumah dan Perjalanan

Subtema 2           :  Menjaga Keselamatan di Rumah

Pembelajaran      :  4

 

Bismillah..

Assalamualaikum Anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

 

Alhamdulillah, pada hari ini kita melanjutkan pembelajaran di hari sebelumnya, dimana pada hari ini kalian akan melanjutkan pada pembelajaran ke-4 ya Nak.

Pada pembelajaran hari ini bertujuan nantinya kalian setelah mempelajari materi hari ini, kalian dapat membaca kalimat sederhana yang di dalamnya memuat aturan penggunaan tanda titik dengan lafal dan intonasi yang tepat.

Dengan mengamati model jam, siswa dapat menentukan konversi satuan waktu, menentukan lama waktu kegiatan dalam satuan jam dengan benar. Serta, dapat mengidentifikasi dan melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai dengan benar.

  

Udin dan teman-teman mengadakan latihan tari. 

Mereka latihan di ruang tengah rumah Udin. 

Mereka dilatih oleh Mutiara, kakak Udin.

 

Ayo Membaca

Apa isi percakapan Udin dan ibu? 

Apa kesimpulanmu terhadap isi percakapan mereka? 

Mengapa kita perlu melakukan hal itu? 

Bagaimana jika kita tidak melakukan hal itu?

 

 

Ayo Mengamati

Udin dan teman-teman mulai latihan tari. 

Mereka membentuk pola lantai. 

Pola lantai banyak jenisnya. 

Perhatikan gambar berikut dengan teliti!



Udin dan teman-teman telah paham dengan pola lantai. 

Mereka mulai mengikuti gerakan tari yang dicontohkan kakak. 

Masih ingatkah kamu gerakan tarinya? 

Perhatikan kembali gambar gerakan tari berikut!


Ayo Membaca

Bacalah teks berikut dengan nyaring!

Menjaga Keselamatan dalam Latihan Tari

Jam menunjukkan pukul 14.00. Udin dan teman-teman mengadakan latihan tari. 

Mereka berlatih di ruang tengah. Mereka dilatih oleh kakak Udin bernama Mutiara. 

Udin dan teman-teman berlatih mengikuti pola lantai. 

Udin dan teman-teman memperhatikan keselamatan diri ketika latihan. 

Mereka membersihkan lantai terlebih dahulu. 

Barang-barang yang mudah pecah, dipindahkan terlebih dahulu. 

Semua itu di lakukan untuk meng hindari hal-hal yang membahayakan diri ketika menari. 

Sikap mereka pantas untuk ditiru dan dicontoh.

Waktu menunjukkan pukul 16.00. Udin dan teman-teman selesai latihan tari. 

Mereka sudah mahir menari dengan pola lantai. 

Mereka berterima kasih pada kak Mutiara karena telah membantu. 

Mereka juga tidak lupa merapikan kembali tempat mereka latihan. 

Tidak ada barang-barang yang berserakan.

 

Masih ingatkah kamu dengan aturan penggunaan tanda titik? 

Tanda titik digunakan di setiap akhir kalimat. 

Tanda titik juga digunakan untuk memisahkan angka yang menunjukkan waktu.

 

Kerjakan latihan dengan mengikuti petunjuk berikut!

Tuliskanlah 5 kalimat yang memuat aturan penggunaan titik!

 

Ayo Mengamati

Pukul berapakah Udin dan teman-teman mulai latihan tari? 

Pukul berapa pula mereka selesai latihan tari? 

Perhatikan tanda waktu yang ditunjukkan oleh jam berikut!


Mereka mulai latihan pukul 14.00. 

Mereka selesai latihan pukul 16.00. 

Lama kegiatan selama 2 jam. 

1 jam = 60 menit. 

Jadi, mereka latihan selama 120 menit.

 

Ayo Berlatih

Tentukan pukul berapa kegiatan-kegiatan berikut dimulai! 

Gambarkan posisi jarum panjang dan pendek di angka berapa! 

Hitung pula berapa menit kegiatan itu berlangsung!



 

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar