Hari/ Tanggal : Selasa, 17 Januari 2023
Tema 5 : Pengalamanku
Subtema 3 : Pengalamanku di Tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Bismillah..
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…
Bagaimana kabarnya hari ini?
Masih semangat kah Nak?
Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…
Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!
Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran yaitu kalian mampu Menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m).Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai.Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik.Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik.
Yuukk disimak materi hari ini yaa…. ^,^
Bacalah percakapan berikut! Kamu harus membaca dengan teliti.
Tulislah ungkapan maaf. Ungkapan yang pernah kamu ucapkan.
Ayo Bermain Peran
Buatlah percakapan antara Beni dan Dayu.
Percakapan tentang permintaan maaf.
Beni meminta maaf kepada Dayu. Karena Beni tidak dapat hadir pada ulang tahun Dayu. Beni juga
mengatakan alasannya.
Dayu pun memaafkan Beni.
Peragakan percakapan tersebut di depan kelas!
Beni, Dayu, dan teman lain akan bermain.
Mainan rangku alu. Permainan ini berasal dari Nusa Tenggara Timur. Secara nasional rangku alu
disebut tongkat bambu. Untuk bermain rangku alu, membutuhkan empat batang tongkat bambu.
Ukurannya sama panjang.
Beni pun mengukur panjang bambu. Panjang bambu diukur dengan meteran atau penggaris.
Meteran dan penggaris adalah alat ukur panjang benda. Meteran dan penggaris adalah ukuran baku.
Dayu membantu Beni mengukur panjang.
Ayo Berlatih
1. Beni memiliki bambu berukuran 4 m. Beni
memotong bambu sepanjang 200 cm. Berapa
meter sisa bambu yang telah dipotong?
2. Ani memiliki pita merah sepanjang 1 m. Pita
tersebut dipotong 80 cm. Potongan pita ini
untuk menghiasi kado ulang tahun. Berapa
sentimeterkah sisa pita Ani?
Bentuklah kelompok kecil di kelasmu.
Coba cari 3 benda yang ada di kelasmu. Ukurlah 3 benda tersebut dengan meteran.
Catat hasil pengukuranmu di buku. Bandingkan panjang ketiga benda dari hasil pengukuranmu.
Buatlah laporan secara tertulis. Laporan kegiatan mengukur tiga benda di kelasmu.
Bacalah laporanmu di depan kelas!
Bel tanda akhir pelajaran berbunyi.
Beni dan temannya berdoa untuk pulang.
Sampailah Dayu di rumah.
Kemudian, Dayu ke belakang rumah.
Di belakang rumahnya ada pohon cemara.
Pohon cemara terlihat ditiup angin. Pohon cemara
bergoyang ke kiri dan ke kanan.
Gerakannya terlihat sangat indah.
Ayo Mengamati
Perhatikan gambar di atas!
Buatlah pertanyaan sesuai gambar di atas!
Tukarkan dengan teman sebangkumu.
Jawab pertanyaan tersebut dengan benar!
Pertanyaan: ...............................................................
Jawaban teman: ........................................................
Kamu telah mencermati gambar di atas. Pohon cemara yang tertiup angin. Gerakannya ke kiri dan
ke kanan. Ayo, tirukan gerakannya.
Coba kamu peragakan gerakan seperti Dayu.
Lakukan dengan hitungan 1 2 3 4 5 6 7 8.
Gabungkan dan lakukan gerakan tersebut secara berulang.
Ayo Bernyanyi
Nyanyikan lagu berikut! Bernyanyi sambil peragakan gerakan pohon cemara.
Peragakan gerakan tersebut dengan pola. Polanya adalah lantai lurus dan segitiga.
Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.
Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)
Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?
Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)
Ya benar, kalian telah menulis kalimat/ungkapan permintaan maaf. Bermain peran dalam melatih ungkapan dengan menggunakan kata “maaf” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misal: cm, m). Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam bentuk tarian menggunakan pola lantai. Mengidentifikasi gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik. Melakukan gerak bagian anggota tubuh dalam tarian sesuai dengan iringan musik.
Alhamdulillah jika anak-anak sudah memahami materi hari ini dengan perasaan yang bahagia.
Terimakasih atas kerjasamanya hari ini dalam pembelajaran. Tetap menjadi anak yang baik.
Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa.
Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar