Rabu, 11 Januari 2023

Materi Ajar: Rabu, 11 Januari 2023

 Hari/ Tanggal                    : Rabu11 Januari 2023

Tema 5                               : Pengalamanku

Subtema 2                         : Pengalamanku di Sekolah

Pembelajaran                   : 4

 

 

PEMBUKAAN (10 menit)

Bismillah..

Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah…

Bagaimana kabarnya hari ini?

Masih semangat kah Nak?

Inshaa Allah masih selalu semangat ya sayang…

 

Yuukk.. sebelum memulai pelajaran, kita berdoa terlebih dahulu ya Nak..

Alhamdulillah…

Sekarang, Ibu guru mau mendengar kalian menyanyikan lagu Profil Pelajar Pancasila, sudah siap?

1… 2… 3….

 

Masya Allah… anak-anak hebat Ibu guru!

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester 2 tema 5 yaitu pengalamanku kemari kalian telah belajar tentang Menulis kalimat/ungkapan permintaan tolong.Mempraktikkan ungkapan santun dengan menggunakan kata “tolong” untuk hidup rukun dalam kemajemukan. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif tiga dimensi. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami.

 

Hari ini kita akan melanjutkan pembelajaran kita pada semester2 tema 5 yaitu pengalamanku dengan tujuan pembelajaran Mengidentifikasi langkahlangkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan.Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.

 

Yuukk, sekarang kita mulai pembelajaran hari ini yaa…

Kon-sen-tra-si! Konsentrasi dimulai!

  

INTI (115 menit)

Beni mendapat tugas dari sekolah.

Beni harus membawa daun kelapa.

Beni belum mengetahui kegunaannya.

Ibu guru merahasiakannya.

Tahukah, kamu? Apa kegunaan daun kelapa?




Ayo Mengamati


Buatlah pertanyaan tentang gambar tersebut!

Mintalah temanmu menjawabnya!

 

Pertanyaan: ...............................................................

Jawaban teman: .......................................................




Ayo Berkreasi

Perhatikan percakapan Beni! Beni sedang bercakap-cakap dengan Bu Guru!

Buatlah ketupat menggunakan daun kelapa!

Sediakan dua helai daun kelapa!



Daun kelapa berguna untuk cangkang ketupat.

Banyak jenis daun lainnya yang berguna bagimu.

Seperti, daun mangga, daun singkong, dan daun pepaya.




Ayo Berlatih

Amatilah lima jenis daun di sekitarmu!

Ukurlah panjang tangkai daunnya!

Catat hasilnya pada kolom berikut! Ukuran dalam satuan cm.



Salin hasilmu pada titik-titik berikut! 

Ubahlah ke dalam satuan meter (m)!

1. ... cm = ... m               

2. ... cm = ... m

3. ... cm = ... m

4. ... cm = ... m

5. ... cm = ... m

 

Beni telah selesai membuat ketupat. Kemudian,

Beni mendengarkan guru membaca puisi. Puisinya tentang “Ketupat.”

 

Coba dengarkan dengan seksama!




Ayo Berdiskusi


Kamu perlu menguji hasil diskusimu! Caranya kerjakan latihan berikut!

 

Petunjuk: Temukan kata yang sesuai dengan maknanya! 

1. Memakan, meminum

2. Dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa.

3. Enak rasanya (seperti ikan goreng).

4. Gulai ayam atau itik dan sebagainya, berkuah santan kental.

5. Enak, lezat.

 

Dengarkan petunjuk gurumu! Kerjakan latihan berikut!




Ayo Membaca


Bacalah puisi berikut! Gunakan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat!


Perhatikan temanmu membaca puisi!

Gunakan ekspresi, intonasi, dan lafal!

Ekspresi : ........................................................................

Intonasi : ........................................................................

Lafal : ........................................................................

 

Tulislah puisi tentang “Lingkungan!”





PENUTUP (15 menit)

Alhamdulillah untuk pertemuan hari ini kalian telah mengikutinya dengan baik.

Apakah anak-anak bahagia belajar hari ini? (refleksi)

Apakah anak-anak nyaman belajar hari ini?

Apa yang telah kalian pelajari hari ini? (Review)

Ya benar, kalian telah mengidentifikasi langkahlangkah membuat karya imajinatif tiga dimensi dengan bahan alami. Membuat karya imajinatif tiga dimensi berdasarkan gagasan atau objek dengan bahan alami. Menentukan konversi satuan panjang (cm, m). Mengukur panjang benda dengan satuan baku yang sering digunakan (misalnya cm dan m). Menemukan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Mengartikan kosakata baru yang terdapat dalam puisi anak tentang lingkungan yang diperdengarkan. Membaca indah puisi anak tentang lingkungan (dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat). Mengoreksi kesalahan pembacaan puisi anak tentang lingkungan (ditinjau dari lafal, intonasi, dan ekspresi yang diungkapkan).Menuliskan isi puisi anak tentang lingkungan dengan ejaan yang tepat.

Mari kita tutup pembelajaran hari ini dengan berdoa. Yuk sebelum berdoa kita tepuk jari terlebih dahulu!

Tetap jaga kesehatan, selalu menjadi anak yang baik di rumah bersama keluarga kalian ya…

Ibu guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar