Kamis, 02 September 2021

Materi Ajar: Kamis, 2 September 2021

 Assalamualaikum

Pada Pembelajaran 5 Tema 2 Subtema 3 Bermain di Lingkungan Sekolah akan mempelajari tentang menjelaskan prosedur dan mempraktekan variasi gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional. Mengidentifikasi dan mensimulasikan tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Mengelompokkan berbagai hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa lisan. Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat. Sebagai catatan tulisan ini hanya sebagai panduan saja ketika mengikuti kegiatan pembelajaran bersama Bapak/Ibu guru.


Jam menunjukkan pukul 10.00 WIB.

Beni bersiap melakukan permainan estafet bola.

Ayo Mengamati
Amatilah gambar berikut dengan cermat!
Mey dan Dayu
Bermain Estafet Bola
Beni, Edo, dan Udin sedang bermain estafet bola di halaman sekolah. Beni bersama teman-temannya berbaris dan terdapat dua baris yang berjarak. Bola diberikan kepada kepala tim di depan. Bola yang dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan tanpa memindahkan kaki. Tim harus bekerja sama. Edo dari tim yang berbeda. Tim Edo ceroboh dan kurang kompak. Jadi pemenang yaitu tim Beni.

Mey dan Dayu terlambat mengikuti pelajaran PJOK. Mereka baru datang ketika estafet bola sudah dimulai. Ia mendapatkan nasihat dari guru yang mengajar PJOK.

Apa yang terjadi dengan Mey dan Dayu?
Mey dan Dayu terlambat mengikut kegiatan oleh raga sehingga dinasehati Pak Guru
Bolehkah kita meniru mereka?
Kita tidak boleh meniru mereka.

Ayo Mencoba
Pernahkah kamu melakukan permainan estafet bola?
Pernah
Apakah gerak dasar dalam permainan estafet bola?
Gerakan memutar badan tanpa berpindah tempat
Perhatikanlah langkah-langkah dalam permainan estafet bola berikut!

Lakukan dengan tertib!
Pemanasan
Ayo Menulis
Coba ceritakan kembali langkah-langkah dalam permainan estafet bola!

Gunakan bahasamu sendiri!
  1. Kita berbaris dan terdapat dua baris yang berjarak antara satu baris dengan baris lainya
  2. Bola diberikan kepada kepala tim di barisan paling depan.
  3. Bola yang dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan kita.
  4. Kaki tidak boleh berpindah saat memberikan bola kepada teman
  5. Tim harus bekerja sama dan hati-hati.

Ayo Membaca

Bacalah teks percakapan berikut dengan cermat!
Percakapan
Beni:Dayu, mengapa kamu terlambat?
Dayu:Saya jajan dulu.
Beni:Wah, jajan kan ada waktunya! Kemudian, mengapa kamu membuang sampah sembarangan? Ada tempat sampah di sana
Dayu:Ah, terlalu jauh! Jadi, biarkan sajalah!
Beni:Itu kan bagian dari tata tertib di sekolah kita, Dayu. Menurut tata tertib di sekolah kita, semua murid wajib membuang sampah di tempat sampah.

Bagaimana dengan tata tertib dalam upacara?
  1. Dalam tata tertib upacara bendera, semua murid wajib mengikuti upacara bendera pada hari Senin.
  2. Setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.
  3. Sementara itu, dalam tata tertib di kelas, kita harus datang ke sekolah sebelum pembelajaran dimulai.
  4. Sebelum masuk ke kelas, kita harus berbaris dengan rapi di depan kelas.
  5. Setelah tanda bel masuk dibunyikan, semua siswa harus sudah berada di kelas.
  6. Kita diharuskan berdoa sebelum pelajaran dimulai dan setelah pelajaran berakhir dipimpin oleh ketua kelas.
  7. Kebersihan, kerapian, dan keindahan kelas menjadi tanggung jawab ketua kelas dan seluruh siswa.
  8. Siswa yang bertugas piket pada hari itu wajib menyirami tanaman yang berada di depan kelasnya.
  9. Setiap siswa harus berperilaku senyum, salam, sapa, sopan, dan santun

Ayo Mencoba
Peragakan teks percakapan tersebut!

Lakukan dengan percaya diri!

Ayo Berlatih
Perhatikanlah gambar berikut!

Kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!

Berikan tanda centang (✔) pada gambar yang sesuai!
Sesuai dan Tidak sesuai
Ayo Menulis
Coba kamu buat lima pertanyaan tentang teks bacaan yang kamu simak!

Gunakan kata tanya apa, siapa, di mana, kapan, mengapa, dan bagaimana!
  1. Apa yang dilakukan oleh Dayu? (Membuang sampah sembarangan)
  2. Siapa yang harus mengikuti upacara bendera hari Senin? (Semua siswa)
  3. Di mana seabiknya membuang sampah? (Tempat sampah)
  4. Kapan kita harus membaca doa di kelas? (Saat  memulai dan mengakhiri pembelajaran)
  5. Mengapa setiap peserta upacara harus tertib, tidak boleh berisik.? (Supaya upacara berjalan dengan tertub)
  6. Bagaimana cara agar kita tidak terlambat datang ke sekolah? (Kita harus datang ke sekolah lebih awal)

Ayo Berlatih

Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi teks yang kamu dengar!

1. Apa yang terjadi dengan Dayu dan Mey?
Dayu dan Mey terlambat
2. Bagaimana cara melakukan permainan estafet bola?
Bola diberikan kepada kepala tim di depan. Bola yang dipegang harus diberikan kepada teman di belakang dengan memutar badan tanpa memindahkan kaki
3. Apa yang dibutuhkan dalam permainan tersebut?
Kerja sama dan hati-hati
4. Bagaimana aturan dalam permainan estafet bola?
Jika bola yang dipegang diberikan kepada teman di belakang dengan tidak memutar badan atau memindahkan kaki, maka tim yang salah harus diulang.
5. Mengapa tim Beni menang?
Karena tim Beni bekerja sama dan hati-hati

Ayo Mencoba
Lakukanlah pengamatan sederhana berikut!

Sediakan alat dan bahannya!

Keragaman Benda
Alat dan bahan: bola, buku, dan pensil.

Petunjuk:
1. Sediakan alat dan bahan!
2. Kamu boleh tambahkan dengan benda yang ada di sekitarmu!
3. Amatilah bahan tersebut satu per satu!
4. Isilah titik-titik berikut ini!

Hasil Pengamatan
1. Nama benda : Bola
Ciri-ciri benda : Berbentuk bulat, memiliki bagian dalam yang kosong berisi angin. Bola diciptakan untuk menghadirkan efek areodinamis yang tepat dan meningkatkan persisi tendangan para pemain sepak bola.

2. Nama benda : Buku
Ciri-ciri benda : Ciri-ciri buku secara umum berbentuk persegi panjang, di dalamnya terdapat kertas dan memiliki sampul. Buku digunakan untuk menulis atau menggambar.

3. Nama benda : Pensil
Ciri-ciri benda : Terbuat dari bahan kayu, terdapat granit. Bentuk pensil tabung atau silinder, digunakan pada kertas, bisa dihapus dengan karet.

Berdasarkan pengamatan dapat disimpulkan bahwa: 
Setiap benda memiliki nama, ciri-ciri, bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya

Kerja Sama dengan Orang Tua

Orang tua membimbing siswa untuk menjelaskan hal-hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar