Senin, 05 Mei 2025

Materi Ajar: Senin, 5 Mei 2025

Hari / Tanggal             :  Senin / 5 Mei 2025

Mata Pelajaran           :  Bahasa Indonesia

Materi                         :  Sayang Lingkungan 

CP                          : 

Menyimak

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi.

 

Membaca dan Memirsa

§  Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca dan pengamat yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang diamati dengan bantuan ilustrasi.


Berbicara dan Mempresentasikan

·         Peserta didik mampu melafalkan teks dengan tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar, serta menceritakan kembali teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan.


Menulis

·         Peserta didik mampu menunjukkan keterampilan menulis permulaan dengan benar (cara memegang alat tulis, jarak mata dengan buku, menebalkan garis/huruf, dll.) di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin baik. Peserta didik mampu menulis teks deskripsi dengan beberapa kalimat sederhana, menulis teks rekon tentang pengalaman diri, menulis kembali narasi berdasarkan teks fiksi yang dibaca atau didengar, menulis teks prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis teks eksposisi tentang kehidupan sehari-hari.


TP                                :  

  §  Melalui mengamati gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perbedaan di dalam gambar.

  §  Melalui menulis, peserta didik dapat mengategorikan kata kunci dari gambar (jenis sampah) pada pengatur grafis sederhana.

  §  Melalui memeragakan percakapan, peserta didik dapat berbicara sopan menggunakan kalimat imbauan dan ajakan.

  §  Melalui menuliskan rencana, peserta didik dapat mempresentasikan rencana pembuatan perabot dari bahan eco brick dengan suara yang jelas dan penekanan intonasi


Ketika Turun Hujan


Hore, akhirnya hujan turun!

Dida senang udara tidak lagi panas.

Dia juga bisa bermain air sepuasnya.





Hujan tidak berhenti turun selama tiga hari.

Dida pun mulai bosan.

Kapan hujan akan berhenti?

Ibu juga melarangnya main hujan lagi.

“Nanti kamu bisa sakit,” kata Ibu





Ternyata hujan terus-menerus tidak menyenangkan.

Dida kesulitan bergerak ketika memakai jas hujan.

Payungnya juga sering tertiup angin.

Uh! Tidak asyik!


Kata ulang yang menggambarkan sesuatu yang terjadi berulang



Namun ada hal lain yang membuat Dida cemas.

Air sungai semakin tinggi.

Arusnya membawa banyak sampah.

Mengapa orang membuang sampah di sungai?

Bukankah itu akan menyebabkan banjir?



Dida ingat bencana banjir tahun lalu.

Barang-barang di rumah rusak atau hilang.

Orang-orang pun jatuh sakit.

Dida tidak ingin itu terjadi lagi.

Kapan hujan akan berhenti?


Kata ulang yang menunjukkan jumlah benda lebih dari satu.


Tanda hubung (-) ditulis di antara kata ulang.

Kata ulang memiliki beberapa arti.

1. Menunjukkan jumlah yang lebih dari satu.

Contohnya: buku-buku, meja-meja

2. Menunjukkan sesuatu yang terjadi berulang.

Contohnya: terus-menerus, berkali-kali


Berdiskusi


Berdiskusilah dengan tiga teman kalian.

Buatlah dua contoh kata ulang.

Lalu, tuliskan di papan tulis.



Baca cerita “Ketika Hujan Turun” sekali lagi.

Kemudian jawablah pertanyaan berikut.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar