Hari / Tanggal : Selasa / 4 Februari 2025
Kelas : 2C
Mata Pelajaran : Senir Rupa
Materi : Geometri
Media : Video
CP :
Peserta didik dapat mengurutkan, menyortir, mengelompokkan, membandingkan, dan menyajikan data menggunakan turus dan piktogram paling banyak 4 kategori.
TP :
· Peserta didik dapat mengenali dan membuat garis lurus dengan baik.
· Peserta didik dapat menmbedakan garis lurus dan kurva lengkung pada benda-benda konkret.
Bismillah…
Assalamu’alaikum anak sholih dan sholihah. Bagaimana kabarnya pagi ini? In syaa Allah dalam keadaan sehat semua ya Nak, aamiin.
·
Geometri adalah cabang matematika yang menerangkan sifat-sifat garis, sudut, bidang, dan ruang. Arti lain dari Geometri adalah studi matematika yang mempelajari ruang bangun dengan berfokus pada pengukuran, pernyataan terkait bentuk, posisi relatif sebuah gambar ilmu ukur, padang ruang, dan lain sebagainya.
· Perbedaan garis lurus dan garis lengkung
Garis adalah bentuk geometri yang dilukiskan oleh sebuah titik yang bergerak. Dimensi yang dimiliki oleh garis hanya satu, yaitu panjang. Jenis garis antara lain garis lurus, garis lengkung datar dan garis lengkung ruang. Garis digunakan dalam teknik mengggambar, melukis dan ilusi mata. Aliran seni rupa yang memanfaatkan garis ialah neoplastisisme, futurisme dan kubisme. Keindahan dari garis dapat tampak pada perpaduan warna hitam dan putih
Garis lurus adalah garis dengan panjang tak terhingga yang tidak memiliki lengkungan di atasnya
Menggambar segitiga menggunakan tiga garis lurus dan segi empat menggunakan empat garis lurus
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila
Materi :
1. Ayo berkenalan dengan orang dalam Keluargaku dan benda di Rumahku
2. Aku suka berbagi dan tolong menolong
CP :
Peserta didik mengidentifikasi dan menghargai identitas dirinya sesuai dengan jenis kelamin, hobi, bahasa, serta agama dan kepercayaan di lingkungan rumah dan sekolah.
TP :
Melalui kegiatan menyebutkan identitas diri secara lengkap, peserta didik menunjukkan sikap beriman dan bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah menciptakannya sebagai cerminan nilai Pancasila dan Profil Pelajar Pancasila.
Melalui kegiatan membedakan identitas diri dan teman, peserta didik menunjukkan sikap menghargai peberdaan dan sikap toleransi di tengah keberagaman.
Perhatikanlah gambar berikut!
Apakah mereka terlihat sama? Mereka mempunyai ciri-ciri fisik.
Apakah ciri-ciri fisik itu?
Badan, tubuh, atau raga merupakan fisik.
Fisik dapat dilihat dan dibedakan.
Ciri-ciri fisik orang berbeda-beda.
Ada pula yang cirinya sama.
Kita mempunyai keluarga.
Kita juga mempunyai tetangga.
Perbedaan ciri-ciri fisik pasti ada.
Ciri-ciri fisik dipengaruhi oleh asal suku.
Contohnya suku Sunda, Aceh, Minahasa,Ternate, dan Sumba.
Ciri-ciri fisik juga didapatkan dari keturunan. Contohnya Arab, Tionghoa, India.
Masing-masing anggota keluarga harus saling menghormati.
Yang muda hormati yang tua, dan yang tua menghargai yang muda.
Dalam keluarga juga harus saling tolong menolong dan membantu,
menyiapkan makanan, dan membantu membersihkan halaman rumah.
Perhatikan gambar-gambar berikut!
Di dalam rumah terdapat benda-benda.
Seperti ada meja, kursi, Kasur, lemari, piring, gelas, dan lain-lain.
Benda-benda itu merupakan bagian dari ciptaan Tuhan melalui hasil kerja tangan manusia.
Benda tersebut semuanya bermanfaat untuk membantu kerja manusia.
Misalnya, kompor dan belanga, dapat ibu gunakan untuk memasak, televisi dan radio dapat digunakan oleh ayah untuk mendengarkan berita.
Silahkan diiulas kembali di rumah bersama orangtua hebat kalian yaa… Jangan lupa ucapkan terimakasih, atas jasa orangtua kalian.
Jangan lupa shalatnya dilaksanakan di rumah ya sayang…
Ibu Guru akhiri, Wassalamu’alaikum Wr.Wb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar